Hallojogja.com, Sleman – Untuk pertama kalinya Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi baik yang ada di wilayah Cangkringan maupun Pakem melakukan upacara Sedekah Merapi. Upacara Sedekah Merapi itu sendiri dilakukan di Banker Kaliadem /Batu Gajah Kaliadem Kepuharjo Cangkringan, Kamis (26/10/2017).

Hadir pada kesempatan tersebut antara lain Kepala Desa Kepuharjo Heri Suprapto, Kapolsek Pakem, Ketua Asosiasi  Jeep Wisata Lereng Merapi wilayah Timur Bambang Sugeng/Babe, juga Ketua Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi wilayah barat Daldiri.

Upacara Sedekah Merapi dilakukan dengan beberapa ubo rampe berupa Nasi Gurih beserta Ingkung Ayam yang jumlahnya cukup banyak juga beberapa Jajan Pasar. Jumlah Ingkung dan tumpeng tersebut sebanyak 29 , karena jumlah asosiasi Jeep wisata yang ada baik di Cangkringan maupun Pakem ada 29, dengan jumlah armada jeep 700 kendaraan.

Upacara Sedekah Merapi tersebut memang baru diadakan yang pertama kalinya, untuk mengenang 7 tahun erupsi merapi tanggal 26 Oktobner 2010 silam. Hal tersebut disampaikan Ketua Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi wilayah timur. Lebih lanjut disampaikan bahwa erupsi Merapi yang terjadi tujuh tahun silam mengingatkan kita agar lebih tawakal dan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa manusia hanya sebagai kecil dihadapan Allah.

Ditambahkan Daldiri bahwa erupsi merapi yang terjadi tujuh tahun silam juga membawa berkah bagi warga masyarakat, bagi mereka yang bisa menerima apa adanya. Upacara Sedekah Merapi akan dijadikan agenda tahunan , dan Insya Allah bisa menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berbaur dengan masyarakat saat upacara sedekah merapi menikmati dahar kembul dengan masyarakat. (HmS/etw)