Hallojogja.com, Bantul – Daerah Kabupaten Bantul ada Sentra Pisau Batik Logam di Dusun Krengseng Desa Bangunjiwo Kasihan Bantul.

Salah satu pengrajin pisau batik Bantul Sudiman kepada Hallojogja.com, Kamis (14/09/2017) menyampaikan usaha yang ditekuni sejak 8 tahun yang lalu ini, memproduksi aneka pisau batik logam dan variannya seperti golok, pisau sembelih, golok, gobang, arit serta alat pertanian.

“Usaha pisau ini sejak dari bapak saya,memang di dusun Krengseng ini merupakan sentra produsi pisau pelaku usaha ada sekitar lima belas orang. Namun mereka memproduksi pisau dapur bisa yang dijual di pasar lokal hingga luar jawa,” kata Sudiman.

Menurut Diman, karyanya banyak dikirim di Perancis dan Malaysia, banyaknya permintaan dari buyer luar negeri dengan jumlah besar, belum sanggup dia memenuhinya.

“Apresiasi buyer pada produk kami demikian tinggi, keterbatasan untuk menembus pasar luar negeri selama ini saya percayakan pada broker,” kata Diman.

Pengrajin ini juga mengungkapkan harapannya kepada pemerintah agar memberikan semacam bimbingan mengenai persyaratan ekspor.

“Sebetulnya saya mengharapkan, adanya semacam bimbingan dari Dinas Terkait mengenai syarat-syarat dan kiat mengelola ekspor atau pemasaran produk secara mandiri tanpa melewati suatu broker,” pungkasnya. (hp)