Oleh : Wowo Ario Sungkowo

UMAT Islam di seluruh penjuru dunia bergembira menyambut datangnya hari raya Idul Fitri, yaitu hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan.

Kegembiraan kita di hari raya ini merupakan perwujudan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala karunia dan nikmat yang telah kita terima, baik karunia lahir maupun batin. Ketika hari raya Iduk Fitri tiba, ada beberapa sunnah yang sebaiknya kita kerjakan.

1. Mandi Sebelum Melakukan Shalat Idul Fitri

Diriwayatkan oleh Malik dari Nafi’, ia berkata bahwa Abdullah bin Umar dahulu mandi pada hari Idul Fitri sebelum pergi ke mushalla (lapangan).” (Shahih, HR. Malik dan Asy-Syafi’i)

2. Memakai Wewangian

Setelah mandi, disunahkan juga agar kita memakai wewangian. Dari Musa bin ‘Uqbah, dari Nafi’ bahwa Ibnu ‘Umar mandi dan memakai wewangian di hari Idul fitri.” (HR. Al-Firyabi & Abdurrazzaq)

3. Memakai Pakaian Bagus atau Baik

Kemudian kenakanlah pakaian yang bagus. Bagus bukan berarti baru dan mahal. Dari Abdullah bin Umar bahwa Umar mengambil sebuah jubah dari sutera yang dijual di pasar maka dia bawa kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu Umar radhiallahu ‘anhu berkata: “Wahai Rasulullah, belilah ini dan berhiaslah dengan pakaian ini untuk hari raya dan menyambut utusan-utusan.”Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berkata: “Ini adalah pakaian orang yang tidak akan dapat bagian (di akhirat)….” (HR. Bukhari) Arti hadits Nabi menganjurkan memakai pakaian baru atau yang baik. Namun bagi pria diharamkan memakai sutera.

4. Makan Sebelum Berangkat Shalat Idul Fitri

Adalah Rasulullah SAW tidak keluar di hari fitri sebelum beliau makan beberapa kurma. Murajja‘ bin Raja‘ berkata: Abdullah berkata kepadaku, ia mengatakan bahwa Anas berkata kepadanya: “Nabi memakannya dalam jumlah ganjil.” (HR.Bukhari)

5. Pulang dari Shalat berbeda Jalan dengan Jalan Ketika berangkat.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila di hari Idul Fitri, beliau mengambil jalan yang berbeda. (HR. Bukhari)

6. Ucapkan Selamat Saat Hari Raya

Ibnu Hajar mengatakan: ‘Para sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bila bertemu di hari Raya Idul Fitri, sebagian mereka mengatakan kepada sebagian yang lain: ”TAQQABALLAHU MINNA WA MINKA” Semoga Allah menerima (amal) dari kami dan dari kamu. (Majmu’ Fatawa, 24/253, Fathul Bari karya Ibnu Rajab, 6/167-168)

Semoga bermanfaat. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon Maaf Lahir Batin.

Wowo Ario Sungkowo, bekerja di perusahaan media.