Hallojogja.com, Yogyakarta – Suasana area ujian praktek surat izin mengemudi (SIM), Rabu (27/09/2017) kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polresta Yogyakarta yang berlokasi di Jl. KS Tubun Aspol Ngampilan Yogyakarta begitu ramai. Saat Hallojogja.com menyambangi area yang ada di belakang kantor Satpas, terlihat mulai remaja serta orang tua termangu menunggu. Pengarahan dan giliran uji praktek.

Menurut Kanit Registrasi dan Indentifikasi Satlantas Polresta Yogyakarta AKP Agung kepada Hallojogja.com, Rabu (27/9/2017) menjelaskan bahwa untuk ujian praktek SIM setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 08.00 wib. Ujian praktek SIM dibagi dua gelombang, yang pertama adalah untuk SIM golongan C sampai pukul 10.00 wib dilanjutkan gelombang kedua SIM golongan A.

“Untuk hari Sabtu kami khususkan pelayanan ujian praktek SIM yang perpanjangan,” kata AKP Agung.

Pada ruangan Ujian Praktek SIM ada spanduk besar warna biru tertulis tentang Jenis dan Tarif Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak. Dalam aturan itu dijabarkan jumlah biaya pembuatan SIM dari A, B, C secara lengkap. Pembuatan SIM C baru dikenakan biaya Rp 100 ribu. Adapun SIM A baru Rp 120 ribu. Juga ada spanduk larangan memakai calo atau memberi uang suap kepada petugas. (hp)