Hallojogja.com, Jakarta – Bandung tak hanya dikenal memiliki iklim yang sejuk dengan deretan taman kota yang indah. Kota ini juga memiliki berbagai makanan khas yang membuatnya semakin istimewa dan berbeda dari kota lain, seperti beberapa makanan berikut ini misalnya.

Seblak

Seblak merupakan salah satu makanan khas Bandung yang sering direkomendasikan pada halaman kuliner di Bandung pada aplikasi Traveloka. Makanan khas Bandung ini terbuat dari kerupuk basah dengan bumbu rempah dan isian sayur, daging dan telur sehingga memiliki rasa yang khas. Tempat terbaik untuk menikmati kuliner seblak di Bandung yang layak dicoba adalah Seblak Jebred di Jl. Buah Batu No. 163, Turangga, Lengkong, Bandung. Di rumah makan ini, Anda bisa menikmati seblak dengan tambahan ceker, tahu krispi, sosis dan kikil dengan harga mulai dari Rp. 12 ribuan per porsi.

Cimol (Aci Digemul)

Cimol atau aci digemul merupakan cemilan khas Bandung yang terbuat dari bahan dasar tepung kanji dan dibentuk bulat kecil sehingga mengembang ketika digoreng. Makanan ini memiliki rasa gurih dan nikmat saat disantap ketika masih panas dengan secangkir teh atau kopi. Cimol bisa disajikan dengan taburan berbagai rasa bumbu seperti rasa pedas, gurih atau bumbu kacang.

Siomay Bandung

Makanan khas Bandung ini bisa Anda temui hampir di setiap sudut jalan. Siomay terbuat dari daging ikan yang dicampur dengan sagu dan disajikan dengan bumbu kacang. Anda bisa menemukan menu siomay terenak di Bandung seperti Kingsley di kawasan Jalan Veteran Bandung.

Mie Kocok

Rekomendasi kuliner di Bandung pada aplikasi Traveloka lainnya adalah Mie Kocok. Sajian mie yang satu ini berbeda dengan menu mie lainnya karena menggunakan mie kuning gepeng, potongan kikil dan sumsum, daun seledri, bawang goreng serta kuah kaldu yang bikin ketagihan. Bila berkunjung ke Bandung, jangan lupa untuk mampir ke Mie Kocok Mang Dadeng yang cukup populer di kalangan pecinta kuliner. Anda bisa menemukan warung mie kocok ini di Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No. 67, Turangga, Lengkong, Bandung.

Nasi Tutug Oncom

Kuliner khas Bandung ini merupakan nasi yang ditumbuk dan dicampur oncom, kemudian ditambah dengan lauk pauk sesuai dengan selera seperti ayam goreng, tempe, tahu atau kerupuk. Anda bisa menemukan sajian nasi tutug oncom terlezat di Nasi Tutug Oncom Bi Kokom di kawasan Jl. Macan, Burangrang, Lengkong, Bandung. Selain menawarkan nasi yang lezat, rumah makan ini juga menawarkan sajian nasi tutug oncom yang murah mulai dari Rp. 8 ribuan hingga Rp. 25 ribuan.

Gehu Jeletot

Bagi Anda yang menyukai makanan pedas, gehu jeletot khas Bandung layak Anda coba. Camilan yang terbuat dari tahu dengan isian wortel, sayur kol dan irisan daging sapi ini memiliki rasa yang pedas, gurih dan bikin ketagihan. Bila ingin menikmati gehu jeletot terenak di kawasan Bandung, Anda bisa mengunjungi Gehu Hot Jeletot yang terletak di Jl. Jupiter Raya, Blok F2 No. 25, Margahayu Barat, Sekejati, Buahbatu, Bandung.

Pisang Bollen

Roti yang satu ini merupakan oleh-oleh wajib jika Anda berlibur di Bandung. Pisang Bollen Kartika Sari menjadi kuliner di Bandung pada aplikasi Traveloka yang sulit ditemui di tempat lain atau hanya ada di Bandung saja. Sajian pisang bollen Kartika Sari yang paling enak dengan beberapa pilihan rasa bisa Anda nikmati di Jl. Haji Akbar No. 4, Pasir Kaliki, Cicendo, Bandung dengan harga mulai dari Rp. 47 ribuan per kotak.

Peuyeum

Makanan khas Bandung ini memang identik dengan Kota Kembang dan sering dijadikan oleh-oleh para pelancong. Peuyeum menyerupai tape singkong hanya saja memiliki kadar air yang lebih sedikit sehingga bisa tahan lama. Anda bisa membeli peuyeum di pinggir jalan Kota Bandung atau langsung datang ke sentranya di Jl. Bandung-Cianjur, Kampung Cimerang, Desa Citatah, Cipatat, Bandung Barat.

Tahu Susu Lembang

Bila berkunjung ke kawasan Lembang, Anda harus mencoba kuliner khas Tahu Susu Lembang. Tahu ini tak hanya lezat dan terasa lembut tapi juga menyehatkan. Anda bisa membeli tahu susu Lembang ini di sekitar Jl. Raya Lembang No. 177, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat dengan harga mulai dari Rp. 25 ribuan per bungkus.

Itulah beberapa kuliner di Bandung pada aplikasi Traveloka yang direkomendasikan untuk para wisatawan. Selain lezat, makanan khas Bandung ini juga unik dan jarang ditemui di tempat lain sehingga Anda akan menyesal bila belum mencicipinya.