Hallojogja.com, Kulonprogo – Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini menjadi salah satu desa tangguh bencana di Kabupaten Kulon Progo.

Kesiapan terhadap bencana yang berbasis masyarakat perlu dibentuk mengingat setiap bencana akan menimbulkan persoalan kemanusiaan serta dampak sosial bagi masyarakat yang tidak dapat dinilai dengan materi.

Sebelum desa itu dikukuhkan sebagai desa tangguh bencana terlebih dahulu diadakan simulasi yang diikuti oleh masyarakat setempat.

Menurut Krido Suprayitno Kepala Pelaksana Harian BPBD DIY  mengatakan, simulasi bencana itu untuk melihat sejauh mana kesiapan masyarakat bila terjadi bencana sesungguhnya, masyarakat harus siap bila bencana terjadi, karena sebagian besar wilayah DIY merupakan wilayah rawan bencana.

“Keterlibatan dari seluruh komponen termasuk pemerintah desa itu perlu dilihat kembali sama pemerintah kecamatan karena ini masih seolah-olah kejadian ini sifatnya masih lokal, sehingga kejadian longsor ini cukup ditangani oleh pemerintah setempat,” ungkapnya.

Kesiap siagaan masyarakat dan seluruh aparat terkait menghadapi bencana sangatlah diperlukan untuk meminimalisir dampak dan resiko akibat bencana. (HP)