Hallojogja.com, Kulonprogo – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Wates selenggarakan acara Penyuluhan Kewajiban Perpajakan Koperasi Simpan Pinjam kepada wajib pajak koperasi yang terdaftar di KPP Pratama Wates dan menjalankan usaha simpan pinjam.

Dalam acara yang diselenggarakan selama dua hari, 5 – 6 September 2017 di Balai Desa Sendangsari Pengasih Kulon Progo ini diikuti 134 koperasi. Hari pertama diikuti 69 Wajib Pajak dan hari kedua 65 Wajib Pajak.

Herlin Sulismiyati Kepala KPP Pratama Wates dalam sambutannya menyampaikan penyuluhan ini ditujukan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran Wajib Pajak koperasi simpan pinjam akan kewajiban perpajakannya.

“Dengan pengetahuan dan kesadaran ini, diharapkan nantinya dapat meningkatkan kepatuhan perpajakan Wajib Pajak Koperasi dan semakin meningkatnya penerimaan pajak KPP Pratama Wates secara keseluruhan,” kata Herlin Sulismiyati, Selasa (5/9/2017) di Balai Desa Sendangsari Pengasih Kulon Progo.

“Data penerimaan pajak nasional yang di administrasikan oleh Ditjen Pajak sampai dengan 4 September 2017 adalah sebesar 52,52 % dari target sebesar 1.263 T. Sementara itu KPP Pratama Wates total penerimaan pajak sampai dengan 4 September 2017 mencapai Rp 92,8 M dari target sebesar Rp 215 M atau sebesar 43,17% dengan pertumbuhan penerimaan sebesar 6,67%,” ungkap Herlin Sulismiyati.

Sementara itu Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo mengharapkan melalui penyuluhan ini pengurus koperasi memiliki pemahaman yang memadai tentang perpajakan. Menyadari sebagai Wajib Pajak.

“Pengurus perlu tahu perpajakan, lebih paham tentang perpajakan, untuk menyerap pengetahuan tentang perpajakan, ” ungkap Wakil Bupati dalam sambutan pembukaan acara pelatihan pajak bagi koperasi simpan pinjam.

Kepada KPP Pratama Wate, Wakil Bupati menyampaikan, Pemda wajib menumbuhkan koperasi, diharapkan koperasi yang baru tumbuh, jangan terbebani pajak yang besar agar dapat berkembang. Kedepan diharapkan koperasi yang bergerak ke sektor riil 70%. Koperasi jadi soko guru ekonomi dan tetap menjaga spirit.

“Kami harap koperasi juga kita bina agar tumbuh subur,” kata Wakil Bupati Kulon Progo. (HP)