Hallojogja.com, Bantul – Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan angkutan penumpang sebanyak 154 unit kendaraan yang ada di wilayah ini siap mengangkut pemudik yang akan merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Jumlah kendaraan di Bantul yang siap mengangkut pemudik Lebaran 2019 itu terdiri angkutan kota dalam provinsi (AKDP) berjumlah 91 unit dan angkutan perbatasan berjumlah 63 unit,” kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul Aris Suharyanta di Bantul, Selasa (27/5/2019).

Menurut dia, untuk angkutan pedesaan di Bantul tidak ada armada yang disiapkan, namun dari Dinas Perhubungan juga menyiapkan angkutan atau bus cadangan sejumlah tiga kendaraan yang sewaktu-waktu siap dioperasikan.

Semua angkutan penumpang itu telah dipastikan kesiapannya mengangkut para penumpang, sebab Dishub Bantul intensif melakukan pemeriksaan kendaraan angkutan di jalan bersama Polres (Kepolisian Resor) Bantul dan Dishub DIY.

“Pemeriksaan itu meliputi persyaratan teknis dan layak jalan, perizinan angkutan, muatan dan dimensi kendaraan, dengan tujuan keamanan dan keselamatan pengguna jalan tercapai dan kerusakan sarana prasarana jalan dapat dikurangi,” katanya.

Dia juga meminta pengelola angkutan orang dan barang agar tertib melakukan uji kendaraan bermotor (KIR) secara berkala, dan pemilik kendaraan setiap saat agar selalu memeriksa persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan sebelum dioperasikan di jalan.

“Untuk kesiapan armada lokal, Dinas Perhubungan mengundang Koperasi Abadi dan Sapta Manunggal dalam rangja mendukung kegiatan operasional angkutan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Bantul Agus Jaka Sunarya mengatakan, selama penyelenggaraan angkutan Lebaran, Dishub akan menyiapkan Terminal Parangtritis sebagai rest area (tempat istirahat) dan kantong parkir wisata Parangtritis.

“Untuk Terminal Palbapang juga disiapkan sebagai rest area dan tempat kedatangan dan pemberangkatan penumpang yang menggunakan bus AKAP (antar kota antar provinsi),” katanya. (her)