Hallojogja.com, Jogja – Dua peneliti Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah terpilih sebagai penyaji terbaik dalam “Forum Seminar Nasional”. Mereka adalah Prof. Ir.Totok Agung, DH,MP,Ph.D. (Magelang, 23 September 1963) dan Prof.Dr.Imam Santoso,MSi. (Sleman, 1 Okrober 1961).

Seminar Nasional hasil–hasil penelitian kompetitif ini diselenggarakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada tanggal 2 – 3 Desember 2015.

Seminar yang dilaksanakan di Hotel Grand Cokro Yogyakarta ini diikuti peneliti dari berbagai perguruan tinggi wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Para peneliti menyajikan hasil–hasil penelitian yang sudah selesai dilaksanakan selama 3 (tiga) tahun.

Skema Penelitian adalah kompetitif nasional yang meliputi Penelitian Unggulan Stranas, Penelitian Hibah Kompetitif, Penelitian Strategis Nasional, Penelitian Kerjasama Luar Negeri, dan Penelitian MP3EI.

Skema penelitian kompetitif nasional dikembangkan oleh Kemenristek Dikti dengan pertimbangan perlunya upaya yang komprehensif untuk memetakan “technology roadmap” yang terkait dengan perkembangan sektor produksi strategis dan mengimplementasikanya dalam kegiatan produksi. Ujungnya adalah hilirisasi hasil–hasil penelitian.

Prof.Dr.Imam Santoso,MSi. bersama Timnya dari FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Unsoed menyajikan makalah hasil penelitian strategis nasional berjudul “Model Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pengelolaan Usaha Produktif Mixfarming dengan pemanfaatan Ecotecno Entrepreneur di kawasan Agrowisata”.

Di samping menghasilkan sebuah model yang dapat diterapkan untuk pemberdayaan masyarakat pedesaan agrowisata, Prof.Imam juga menghasilkan publikasi ilmiah di jurnal bereputasi dan buku.

Prof. Ir.Totok Agung, DH,MP,Ph.D. bersama tim yaitu Agus Riyanto dan Dyah Susanti dari Fakultas Pertanian Unsoed mempresentasikan hasil penelitian Strategis Nasional dengan judul “Stabilitas Produksi dan Kandungan Protein Galur Murni Padi keturunan Persilangan Untuk memperoleh Varietas Unggul Padi Sawah dengan Produksi Tinggi Umur Genjah dan Protein Tinggi”.

Produk penelitian ini adalah padi unggul berdaya hasil tinggi, berprotein tinggi, dan berumur genjah. Penelitian ini juga menghasilkan tiga publikasi internasional, teknologi tepat guna dan HKI atau Perlindungan Varietas Tanaman (PVT).

Dua karya peneliti Unsoed ini semakin menambah kontribusi nyata Unsoed yang memang berkomitmen pada pemngembangan pedesaan berbasis kearifan lokal. (alief)