Hallojogja.com, Sleman – Akhirnya Yogyakarta memiliki arena olahraga motor bertaraf nasional yang sudah siap digunakan oleh para pebalap lokal maupun nasional. Area sirkuit seluas 8 hektar dirancang untuk berbagai jenis olahraga motor mobil, moto cross, grasstrack, dragbike, slalom bahkan disiapkan juga sebagai lahan jambore otomotif.

Fasilitas pendukung juga tersedia dengan baik diantaranya area foodcourt, sarana parkir yang bisa menampung ribuan kendaraan roda dua, kebutuhan toilet yang memadahi, bahkan tersedia kolam ikan untuk pemancingan, sarana pengamanan 24 jam yang didukung warga setempat.

Seperti dikutip Halloapakabar.com, Sirkuit Tambakrejo ini tepatnya di Dusun Batang Cilik, Desa Tambakrejo, Tempel Sleman, Yogyakarta. Panjang lintasan 1.300 meter, dengan lebar lintasan sekitar 8 meter dan memiliki lahan lintahan start 30 meter, dilengkapi dengan 10 rintangan (handicap).

“Bulan Mei nanti tepatnya tanggal 14-15, akan kami coba untuk soft opening sirkuit, sekaligus memeriahkan 1 abad Sleman dan 110 tahun IMI, dengan menggelar motocross skala lokal Jogja dan Jateng dulu, setidaknya ini langkah awal memperkenalkan sirkuit,” jelas Diptya Lalita, General Manager Sirkuit Tambakrejo.

Berbagai klas yang diperlombakan dengan Total hadiah 40 juta “Semoga nilai ini menambah motivasi dan semangat para pebalap, disamping juga hadiah trophy serta dukungan beberapa produk dari sponsor,” harap Tya.

Keberadaan sirkuit di desa Tambakrejo ini dirasakan memberikan dampak positif bagi warga sekitar dan memberikan tambahan penghasilan yang beragam, rumah warga sekitar bisa dipergunakan “homestay” rumah tinggal bagi para pebalap luar kota, warga juga bisa ikut menyediakan sarana kuliner makanan bagi pengunjung. Hal tersebut diuangkap oleh Agus Purwanto Kepala Dusun, Batang Cilik “Dengan adanya ini (sirkuit) memberikan nilai positif bagi desa kami, pasti (tambakrejo) akan lebih dikenal jika secara rutin ada event, dan yang jelas memberikan kesempatan warga untuk ikut andil berdagang di lokasi, maupun adik adik pemuda sini bisa menjaga pengamanan maupun pengaturan sarana parkir, tambahan buat mereka”.

Rupanya upaya meningkatkan sarana olahraga motor di Yogyakarta ini juga mendapat pujian dari ketua IMI-DIY, Nursatwika : ”Upaya bagus sekali, memang di wilayah Jogja belum ada sirkuit bertaraf nasional seperti ini, harapan nya bisa menjadikan contoh untuk daerah lain, bisa menyediakan sarana olahraga motor yang baik dan memenuhi persyaratan.” (dung)