Hallojogja.com, Jakarta – Jaringan anti hoaks yang tergabung dalam Komunitas Sapu Langit (KSL) meluncurkan portal berita Hoakslagi.com, agar publik mengetahui informasi yang benar dan faktual.

“Melalui portal berita ini, kita akan mengetahui berita hoaks yang disebar seperti apa, dan berita yang benar dan faktualnya, seperti apa,” kata Koordinator Komunitas Sapu Langit (KSL) Budi Purnomo Karjodihardjo di Jakarta, Rabu (22/8/2018).

Menurut Budi, pihaknya juga mengundang para relawan anti hoaks untuk berkontribusi memberikan laporan, klarifikasi, informasi yang faktual terhadap hoaks, yang beredar di media sosial maupun di media mainstream.

“Publik berhak memperoleh hak informasi yang benar dan faktual. Kami berupaya untuk memberikan advokasi dan ruangan di media Hoakslagi.com ini, semoga ada manfaatnya,” kata Budi.

Jika ada informasi hoaks beredar di media sosial, pihaknya bisa langsung secara responsif mempublikasikan klarifikasinya di media Hoakslagi.com.

Namun jika hoaks tersebut dipublikasikan di media mainstream, selain dipublikasikan di media Hoakslagi.com, KSL akan mendorong untuk dipublikasikan di media mainstream.

“KSL sudah menggandeng kerjasama dengan Pusat Siaran Pers Indonesia (PSPI), yang juga memiliki situs media Pusatsiaranpers.com, sehingga bisa dipublikasikan di sana, dan diharapkan dikutip oleh media mitra PSPI,” kata Budi.

Budi menawarkan, jika Anda atau perusahaan Anda diserang hoaks, segera kirimkan klarifikasi, informasi, dan referensi untuk meluruskan berita hoaks tersebut kepada kami, via : infohoakslagi@gmail.com atau WA Center : 0811-1180605 (ban)