Hallojogja.com, Selang – Program pembangunan drainaise sepanjang 140 meter di Pedukuhan Randukuning 2, Desa Selang, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, berjalan lancar setelah ada kesadaran masyarakat untuk gotong royong dan swadaya pendanaan.

Dukuh Randukuning 2, Suwandi, menjelaskan bahwa program pembangunan drainase merupakan gagasan untuk menciptakan kampung Randukuning 2 sebagai kampung bebas bencana. Karena tujuan dibangunnya drainaise, kata Suwandi, yang pertama untuk menertibkan air hujan, dan kedua mengamankan tanah sekitar agar tidak erosi.

Suwandi juga mengungkapkan bahwa anggaran pembangunan drainase tersebut diperoleh dari dana stimulan desa per triwulan dan swadaya masyarakat.

“Dari stimulan dapat 12,5 juta dan dari swadaya masyarakat sebesar kurang lebih 25 an juta rupiah,” ungkap Suwandi saat ditemui hallojogja.com, Rabu (30/8/2017).

Menurut Suwandi, anggaran stimulan desa sangat tidak cukup untuk mengerjakan pembangunan drainase seluas 140 meter itu, tapi dengan adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya menekan resiko bencana di wilayahnya, maka terkumpulah sejumlah dana swadaya tersebut.

Lebih lanjut, Suwandi menerangkan, Pedukuhan Randukuning 2 terdiri dari 4 Rukun Tetangga dan 1 Rukun Warga dengan jumlah penduduk 120 KK.

(etw)