Hallojogja.com, Yogyakarta – Serbuan Kotabaru merupakan wujud persatuan dan kesatuan seluruh elemen dan komponen pemuda, kelaskaran dan masyarakat Yogyakarta dalam mendukung dan mempertahankan proklamasi kemedekaan RI 17 Agustus 1945. Hal ini disampaikan Walikota Yogyakarta yang dibacakan Wakil Walikota (Wawako) Drs.Heroe Poerwadi MSi pada peringatan Serbuan Kotabaru di Komplek Kotabaru, Sabtu (7/9/2017).

Walkot seperti disampaikan Wawako menambahkan, tekad dan semangat para pejuang serbuan Kotabaru dengan pengorbanan jiwaraga, harta, dan air mata telah membuahkan hasil yang dapat dirasakan hasil yang dapat dirasakan oleh generasi penerus sehingga sanpai hari ini Yogyakarta memberikan penghidupan dan pengayoman bahkan menebarkan kerinduan dan ikatan ke seluruh penjuru tanah air, sehingga akhirnya Kota Yogyakarta telah menjadi milik semua orang.

Peringatan yang berlangsung di Komplek Kotabaru,Yogyakarta Sabtu(7/10/2017).ditandai dengan penyalaan obor oleh Wawako.

Menurut Wawako peringatan Serbuan Kotabaru menjadi momentum penting untuk merefleksikan diri perjuangan kemerdekaan dan membangkitkan semangat cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Peringatan sebagai penghormatan atas perjuangan para pahlawan. Jangan sampai nilai-nilai luhur yang dicontohkan para pejuang makin terkikis dan generasi muda jangan buta sejarah” tandas Wawako.

Peringatan dengan tema: “Dengan Peringatan Serbuan Kotabaru 7 Oktober 1945, Kita Lestarikan Semangat Kejuangan 45 Demi Keutuhan NKRI Berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945”.

Sejumlah elemen dan ormas di Kota Yogyakarta turut mengikuti acara tersebut, diantaranya Dewan Harian Cabang Badan Penerus Pemberdayaan Kejuangan 45,TNI/Polri, mantan pejuang, veteran, Menwa, FKPPI, Pemuda Panca Marga, Pramuka, pelajar dan mahasiswa. (San)