Hallojogja.com, Yogyakarta– Penyediaan perumahan merupakan salah satu sektor strategis untuk mendukung pembangunan manusia seutuhnya dan telah menjadi komitmen global dalam agenda habitat dan Millenium Development Goals(MDGs).

Program perumahan dan kawasan pemukiman juga merupakan 10 program prioritas nasional. Demikian sambutan tertulis Gubernur DIY yang dibacakan Kepala PU-ESDM Ir. Hananto Hadipurnomo saat pembukaan Musda X REI DIY yang berlangsung di hotel Grand Inna Malioboro, Yogyajarta, Rabu (11/10/2017).

Menurutnya kawasan pemukiman merupakan hak dasar bagi setiap Warga Negara Indonesia.Tantangan besar untuk mewujudkan pembangunan perumahan dan pemukiman yang layak dan terjangkau adalah mahalnya harga tanah. Musda REI X DIY dihadiri DPP REI, anggota REI, DPRD, pengembang dengan tema: Tantangan Penyediaan Hunian Terjangkau di DIY.

Pemda DIY bersama pemkab/kota se DIY memgajak seluruh stakeholder khusus REI agar menyusun langkah straregis. “Saya menyadari terselenggaranya pembangunan perumahahan dan kawasan pemukiman yang layak dan terjangkau dibutuhkan kebijkaka ysng strategis dan regulasi yang transparan” tandas Sultan

Dalam Musda X tersebut juga dilakukan pemberian award kepada pengembang produk perumahan. Sebanyak tujuh pengembang dengan produk perumahan dari harga dibawah 300 juta hingga 1 Miliar. (san)