Hallojogja.com, Sleman – Komandan Komando Distrik (Kodim) 0732/Sleman Letkol Djoko Sujarwo secara resmi membuka Pemeran Alutsista TNI AD. Pameran itu sekaligus sebagai turut serta TNI AD dalam memeriahkan acara tradisi Merti Bumi Desa Wonokerto. Acara pembukaan pameran dilakukan di Balai Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Senin (6/11/2017).

Menurut Komandan Komando Resimen (Danrem) 072/Pmk Brigjen Fajar dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Dandim 0732/Sleman Letkol Djoko Sujarwo, bahwa Merti Bumi sebagai manifestasi rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kemurahan rezeki, kesehatan, dan keselamatan. Upacara tradisi yang sudah lebih lima belas tahun diadakan setiap 1 Sapar kembali diadakan di kawasan ujung Utara Yogya di desa Wonokerto,Turi, Sleman ini, merupakan tradisi yang sudah turun temurun hingga kini masih tetap dilestarikan.Kegiatan ini juga terkandung muatan bagi generasi muda untuk melestarikan seni dan budaya.

Kegiatan ini, lanjutnya, bertujuan untuk mengembangkan semangat dan motivasi masyarakat dalam mengembangkan potensi desa yang ada juga merupakan tindak lanjut program TMMD 2017.

Danrem 072/Pmk juga sangat apresiasif  terhadap kegiatan Pameran Alutsista TNI AD ini, yang melibatkan seluruh komponen potensi masyarakat desa Wonokerto.”Saya sangat apresiasi dengan diadakan pameran Alutsista yang dimiliki TNI AD. Tentu juga tidak terlepas dari niat tulus kami untuk membangun hubungan sehat, harmonis serta tetap terpeliharanya kemanunggalan TNI dan Rakyat” katanya.

Sementara, Dandim Letkol Djoko Sujarwo menambahkan, banyak tradisi ritual zaman modern sudah sering dilupakan bahkan ditinggalkan, sehingga mulai kehilangan rasa cinta terhadap budaya sendiri.

Dari sisi lain, dengan terbukanta akses informasi dan wawasan tambahan ilmu masyarakat dalam mengenal perkembangan alutsista yang dimiliki TNI. Dan kedepan diharapkan setelah melihat pameran akan semakin mengerti, menilai dan menganalisa kemudian memberikan pandangan dan pemikiran positif bagi TNI, terutama dalam membangun TNI ke depan agar kuat, hebat dan dicintai rakyat.

Sedangkan Kades Wonokerto Tomon Haryo Wirosobo menyatakan acara yang digelar tahun ini merupakan pertama kali di Indonesia dan pertama dalam sejarah desa pameran yang diinisiasi Pemdes. Pameran yang melibatkan seluruh komponen masyarakat desa tersebur diharapkan dapat memberi rasa aman, nyaman dan bangga dengan tampilnya sosok TNI maupun Polri di tengah masyarakat desa.

Hadir dalam acara Merti Bumi tersebut tamu undangan pejabat dinas pariwisata, serta perangkat desa. Pameran yang berlangsung dari tanggal 6 sampai 12 November 2017.

Sejumlah stan ikut memeriahkan acara ini, diantaranya stand potensi desa UMKM, PKK, BUMDes dan siswa SD, SMP dan SMK.

Jurnalis : Iksan

Editor : Eko TW