Hallojogja.com, Gunung Kidul – Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, akan membangun jalan alternatif Yogyakarta – Wonosari guna mempercepat pertumbuhan sektor pariwisata ke wilayah ini.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunung Kidul Winaryo di Gunung Kidul, Senin (5/3/2018), mengatakan tahun ini, pemkab membebaskan lima km dari 20 km jalan baru yakni Ngalang, Gedangsari menuju Gading, Kecamatan Playen.

“Tahun ini, pembebasan lahan jalur alternatif baru lima km, untuk sisanya tahun depan,” katanya.

Dia mengatakan jalur alternatif Sleman – Gunung Kidul ini nantinya akan sampai ke Jembatan Lemahabang, Ngoro-oro, Patuk yang sudah lebih dulu dibangun.

“Nanti akan menyambung sampai sleman, sehingga ada jalur alternatif,” katanya.

Winaryo mengatakan pihaknya belum bisa menyampaikan besaran anggaran yang disediakan, karena dikhawatirkan akan membuat masyarakat mematok harga tinggi.

“Anggaran kita tidak bisa sebutkan menunggu tim aprisal bekerja, sehingga diharapkan selesai karena pembebasan tanah itu rumit,” katanya.

Sementara Kepala Bappeda Gunung Kidul Sri Suhartanto mengatakan pengkajian jalur terus dilakukan agar mudah sebagai jalur alternatif untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di Jalur Yogyakarta – Wonosari.

“Jalur alternatif ini dibuka agar tidak menumpuk di Jalur Yogyakarta – Wonosari,” katanya.

Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan terdapat dua jalur alternatif yang tengah dibangun yakni jalur Sleman-Gunung Kidul melalui Prambanan-Gading, dan jalur alternatif yang menghubungkan Klaten, Jawa Tengah dengan Gunung Kidul melalui Cawas.

“Jalur Prambanan sampai Gading saat ini tengah dibangun jembatannya, diperkirakan Oktober selesai,” katanya.

Ia mengatakanjalan tembusan dari Bokoharjo, Prambanan, Sleman, melewati Jembatan Gembyong, Nglanggran, kemudian Ngalang, dan terakhir sampai di Gading, Playen, Gunung Kidul membutuhkan anggaran sekitar Rp44 miliar. Pembangunan jalan tersebut diharapkan dapat menambah akses dari dan menuju Gunung Kidul dari sisi barat.

“Nanti juga akan dibangun jalur penghubung sampai ke JJLS, dari Hading langsung ke JJLS,” katanya. (sut)