Hallojogja.com, Yogyakarta – Penjualan tiket kereta api yang diberangkatkan dari Daerah Operasi 6 Yogyakarta selama masa angkutan Lebaran 2019 mencapai sekitar 54 persen, meskipun pada tanggal-tanggal tertentu seluruh tiket terjual habis.

“Untuk masa keberangkatan atau arus mudik, ketersediaan tiket dari Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta masih cukup banyak, tetapi ada juga tiket yang sudah habis terjual saat arus balik,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Rabu (22/5/2019).

Selama masa angkutan Lebaran 2019, 26 Mei-16 Juni, PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta menyiapkan 370.730 tempat duduk dan hingga Selasa (21/5) sudah terjual sebanyak 201.467 tempat duduk.

Namun, tiket untuk beberapa kereta seperti KA Argo Lawu sudah terjual habis untuk keberangkatan pada 7-12 Juni, Argo Dwipangga juga terjual habis pada tanggal yang sama, sedangkan KA Taksaka Pagi dan Malam terjual habis untuk 7-13 Juni, KA Bogowonto terjual habis pada 7-15 Juni.

Begitu juga untuk tiket KA Fajar Utama dan Senja Utama Solo Ekonomi terjual habis pada 7-16 Juni, KA Jaka Tingkir pada 6-15 Juni, KA Taksaka Pagi Tambahan terjual habis pada keberangkatan 8-12 Juni, dan KA Argo Lawu Fakultatif terjual habis pada 7-12 Juni.

“Tiket arus mudik maupun balik untuk kereta tambahan kelas eksekutif masih tersedia cukup banyak,” kata Eko yang menyebut penumpang juga bisa memanfaatkan kereta lain yang berhenti di wilayah kerja Daop 6 Yogyakarta.

PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta akan menjalankan delapan kereta tambahan untuk mendukung masa angkutan Lebaran 2019, yaitu Argo Lawu dan Argo Dwipangga, Taksaka Tambahan, Taksaka Lebaran, Sancaka Lebaran, dua rangkaian kereta Lodaya, serta Mataram Ekspres.

Pada masa angkutan Lebaran 2019, PT KAI Daop 6 Yogyakarta memperkirakan terjadi kenaikan jumlah penumpang sekitar empat hingga lima persen dibanding tahun lalu yaitu mencapai sekitar 669.400 penumpang, dengan puncak arus mudik terjadi pada 30 Mei dan puncak arus balik pada 10 Juni.

Selama masa angkutan Lebaran 2019, PT KAI juga memberikan harga tiket yang spesial yaitu mulai Rp150.000 untuk kereta eksekutif dan mulai Rp90.000 untuk kereta kelas ekonomi. Promo tiket kersebut diterapkan untuk kereta yang masih tersedia baik kereta reguler maupun kereta tambahan.

Tiket promo bisa dipesan melalui kanal penjualan tiket kereta api, yaitu melalui laman kai.id atau aplikasi KAI Access serta kanal penjualan tiket eksternal. Pemberlakukan tiket promo tersebut diharapkan dapat memecah kepadatan penumpang pada hari-hari mendekati hari H Lebaran. (ear)