Hallojogja.com, Yogyakarta – Jika 60% berusia produktif tak disiapkan, seperti apa Indonesia 20 tahun yang akan datang. Hal tersebut diungkapkan DR.Sukiman, M.Pd, Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI saat menjadi pembicara kunci seminar Parenting di hotel Cavinton Hotel, Yogyakarta, Sabtu (7/10/2017).

Dikatakan, berbagai kemudahan tehnologi, menuntut orang-orang menggunakan secara bijak. Tetapi anak-anak yang masih polos dalam berpikir dan sikapnya menjadi sangat mengkhawatirkan jika tak ada yang mengarahkan. Peran orangtua sangat penting agar bisa mengarahkan anak-anak yang hidup diera digital.

Figur orang tua perlu disiapkan dengan baik dan matang terutama dalam membangun SDM yang berkualitas. “Orang sebagai filter utama membentengi pengaruh negatif diera tehnologi informasi” tandasnya, dihadapan peserta.

Tampil nara sumber dalam seminar nasional, Prof.dr. KRT Lucas Meliala,Sp.KJ.Sp.S(K), Ketua Pembina Lembaga Meliala Pinem/RPI.DR.Sudibyo Alimoeso dan Ketua Umum Ikatan Praktisi dan Ahli Parenting Indonesia (iParent), dr. Andyda Meliala, Founder RPI.

Seminar diikuti berbagai komunitas ibu ibu peduli generasi, praktisi perempuan se DIY. (san)