Hallojogja.com, Yogyakarta – Menu layanan di aplikasi Jogja Smart Service (JJS) semakin beragam setelah Dodolan dan Nglarisi yang semula berstatus uji coba, kini sudah bisa diakses secara penuh sehingga bisa dimanfaatkan untuk jual beli produk.

“Kedua menu tersebut, Dodolan dan Nglarisi ditujukan sebagai alternatif bagi pelaku usaha asal Kota Yogyakarta untuk memasarkan produk mereka. Istilahnya, warung atau kios mereka bertambah,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Kamis (11/4/2019).

Di dalam menu Dodolan, pelaku usaha bisa menjual beragam produk mulai dari kerajinan, kuliner, pakaian, elektronik, hobi, kendaraan, hingga properti. Menu tersebut bisa diakses secara luas oleh masyarakat dan konsumen bisa langsung memesan produk yang diinginkan layaknya di marketplace lain yang sudah cukup terkenal.

Sedangkan menu Nglarisi, lebih ditujukan untuk produk kuliner dari kelompok usaha di masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sajian makan dan minum dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh instansi di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Menu Nglarisi ini merupakan penguatan program Gandeng-Gendong. Nantinya, seluruh organisasi perangkat daerah diharapkan membeli sajian makan dan minum melalui aplikasi ini,” kata Heroe.

Heroe menambahkan, Pemerintah Kota Yogyakarta akan melanjutkan program pelatihan ke kelompok usaha kuliner di masyarakat untuk meningkatkan kualitas produk yang mereka hasilkan agar semakin baik, termasuk kualitas kemasan yang digunakan.

“Kami pun akan menjajaki kerja sama dengan sejumlah aplikasi lain seperti Gojek agar produk kuliner dari kelompok usaha di masyarakat tersebut bisa masuk dalam menu Gofood sehingga memperluas pemasaran,” katanya.

Selain itu, Heroe berharap agar semakin banyak masyarakat yang mengunduh aplikasi Jogja Smart Service. Saat ini, aplikasi JSS sudah diunduh sekitar 12.000 kali.

“Mungkin masih banyak warga yang belum mengetahui jika aplikasi JSS tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menyampaikan aduan, keluhan maupun permohonan layanan kegawatdaruratan ke Pemerintah Kota Yogyakarta, tetapi banyak menu lain yang juga bisa dimanfaatkan seperti jual beli,” katanya.

Selain itu, sejumlah menu lain yang juga bisa diakses melalui JSS di antaranya adalah layanan kelurahan dan kecamatan, mobil jenazah, informasi PBB, informasi harga bahan pokok, lowongan kerja, pariwisata, hingga stok darah PMI.

“Mungkin juga perlu program promosi khusus untuk Dodolan dan Nglarisi supaya lebih dikenal masyarakat,” katanya. (ear)