Hallojogja.conm, Yogyakarta – Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta memberangkatkan 12 orang relawan terlatih untuk membantu penanganan korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

“Total ada 12 orang relawan yang telah diberangkatkan untuk membantu penanganan korban. Pagi ini baru sampai di Sulawesi Tengah,” kata Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Palang Merah Indonesia (PMI) DIY Warjiyani saat dihubungi di Yogyakarta, Senin (8/10/2018).

Menurut dia, para relawan yang diberangkatkan akan memperkuat pekerjaan kerelawanan yang dilakukan PMI di Palu dan Donggala, Sulteng.

“Ada juga tim dari PMI DIY yang bertugas untuk dokumentasi serta relasi media. Dari PMI Bantul yang berangkat secara mandiri 10 orang,” kata dia.
Para relawan yang diberangkatkan, menurut dia, sudah dibekali pengetahuan dan memiliki pengalaman yang mumpuni dalam membantu masyarakat korban bencana.

Selain mengirim relawan, menurut dia, PMI DIY juga telah membuka Posko donasi dan Pengaduan Keluarga bagi warga Sulteng di Yogyakarta yang kehilangan kontak dengan keluarganya.

“Sasaran kami bukan hanya mahasiswa, melainkan semua masyarakat Sulteng yang kehilangan anggota keluarganya,” kata Warjiyani. (luq)