Hallojogja.com, Yogyakarta – Para abdi dalem Keraton Ngayogyokarta Hadiningrat akan menggelar ritual Lampah Budaya Mubeng Beteng Tapa Bisu dalam menyambut 1 Sura, Kamis (21/9/2017). Acara tersebut akan dimulai pukul 20.00 WIB dengan start dan finis di Bangsal Ponconiti pelataran keban Kraton.

KRT Gondohadiningrat Ketua Panitia Lampah Budaya Mubeng Beteng Kraton Ngayoyakarta smengatakan sebelum prosesi Lampah Budaya Mubeng Beteng dimulai, diawali dengan doa bersama di Bangsal Ponconiti.

Untuk rutenya dari Bangsal Ponconiti Pelataran Keben Kraton, Kecamatan Kraton, Alun-alun utara, Pojok Beteng Kulon, Lengkung Gading, Pojok Beteng Timur, Jalan Brigjen Katamso, Jalan Ibu Ruswo, Alun-alun Utara dari arah timur dan kembali Bangsal Ponconiti Pelataran Keben Keraton.Dengan jarak tempuh sekitar 3 km.

“Saat prosesi berlangsung baik abdi dalem dan warga tidak boleh berbicara atau membisu. Tujuannya untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata KRT Gondohadiningrat.

Selain tidak boleh bicara selama perjalanan Mubeng Beteng, para abdi dalam juga harus mengenakan pakaian peranakan tanpa mengenakan keris serta tidak beralas kaki, tambah KRT Gondohadiningrat.

Acara Mubeng Beteng menyambut tahun baru Jawa, 1 Sura juga akan dilaksanakan Kadipaten Pakualam. Acara akan dimulai pada pukul 23.00 WIB, dengan star dan finish di Kagungan Dalem Plataran Pura Pakualaman. (HP)