Hallojogja.com, Sleman – Aksi kekerasan terjadi di tempat ibadah pada Minggu (11/2/2018). Seorang pemuda yang diketahui bernama Suliyono (21) asal Kandangan Pesanggrahan, Banyuwangi, Jatim melakukan penyerangan dan penganiayaan terhadap jemaat gereja St. Lidwina Dk. Jambon Trihanggo Gamping Sleman, Yogyakarta yang sedang melaksanakan ibadah.

Empat orang terluka dalam peristiwa tersebut, yaitu Budijono (44) yang mengalami luka sobek pada bagian kepala belakang dan leher bagian belakang akibat senjata tajam.

Pelaku berlari ke arah koor dan langsung menyerang romo Prier

Romo Prier mengalami sobek pada kepala belakang akibat senjata tajam, Aiptu Munir Aspol Polsek Gamping mengalami luka pada tangan akibat senjata tajam, dan Martinus Parmadi yang mengalami luka pada punggung akibat senjata tajam. Para korban dilarikan ke RS Panti Rapih, Yogyakarta untuk mendapatkan perawatan.

Penyerang di Gereja Jambon Akhirnya Ditembak

Menurut keterangan Polisi Polsek Gamping dan saksi-saksi, peristiwa berawal dari pelaku masuk dari pintu gereja bagian barat langsung menyerang Martinus Parmadi Subiantoro dan mengenai punggung sehingga jemaat yang berada di belakang membubarkan diri.

Selanjutnya pelaku masuk ke gedung utama gereja sambil mengayun ayunkan senjata tajam sehingga para jemaat juga membubarkan diri. Selanjutnya pelaku berlari ke arah koor dan langsung menyerang romo Prier yang sedang memimpin misa dan pelaku masih menyerang para jemaat yg masih berada di dalam gereja dan mengenai korban Budi Purnomo dengan masih mengayun ayunkan senjata tajamnya.

Petugas Polsek Gamping yang dihubungi via telepon segera datang ke lokasi kejadian. Aiptu Munir mencoba melakukan negosiasi kepada pelaku agar menyerahkan diri namun pelaku berusaha menyerang petugas sehingga petugas mengeluarkan tembakan peringatan.

Pelaku masih saja menyerang petugas mengenai tangan Aiptu Munir, sehingga terpaksa petugas mengeluarkan tembakan ke arah pelaku dan mengenai perut pelaku sehingga dapat dilumpuhkan dan di bawa ke RS. UGM. (tim)