Hallojogja.com, Kulon Progo – Maskapai Batik Air akan melayani penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, setelah penerbangan perdana dilakukan oleh maskapai Citilink Indonesia.

“Nanti rencananya ke depannya akan ada juga dari Batik Air,” kata Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I Devi W Suradji saat ditemui usai penerbangan perdana Citilink Di Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, Senin (6/5/2019).

Devi menyebutkan kota tujuan Batik Air dari Bandara Internasional Yogyakarta ini, di antaranya Palangkaraya, Samarinda, Denpasar dan Cengkareng.

Devi menyebutkan saat ini masih dalam tahap pembahasan slot terbang, terutama untuk masuk ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang dan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

“Karena dua bandara ini cukup padat sehingga bukan masalah di sininya enggak siap, tapi slot di sananya juga harus siap,” kata Devi.

Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia melakukan penerbangan komersial perdana ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (6/5).

Penerbangan QG 132 menggunakan armada Airbus A320 (PK-GQR) dengan 96 penumpang ini berangkat dari Bandara Halim Perdanakusumah (HLP) pada pukul 11.30 WIB dan tiba di YIA pukul 12.15 WIB.

Setiba di YIA, pesawat disambut water salute oleh dua armada Satuan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).

Kemudian saat masuk terminal kedatangan, penumpang disambut tarian khas Kulon Progo yaitu “Tari Angguk Sigrak” yang dipersembahkan oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

Diharapkan dengan dibukanya penerbangan Citilink Indonesia dari dan menuju YIA ini bisa menjadi rute alternatif bagi masyarakat yang ingin bepergian ke Yogyakarta.

Penerbangan rute HLP-YIA ini menggantikan salah satu jadwal penerbangan Citilink Indonesia rute Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP) menuju Bandara Internasional Adisutjipto (JOG).

Penerbangan rute HLP-YIA beroperasi setiap hari menggunakan pesawat Airbus A320 dengan kapasitas angkut sebanyak 180 penumpang.

Penerbangan ini dijadwalkan berangkat setiap hari dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP) pukul 11.30 WIB dan tiba di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) pukul 12.40 WIB dengan nomor penerbangan QG 132.

Sedangkan penerbangan sebaliknya akan berangkat dari YIA pukul 13.10 WIB dan tiba di HLP pukul 14.15 WIB dengan nomor penerbangan QG 133. (jtr)