Hallojogja.com, Sleman – Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengapresiasi berkembangnya masyarakatnya yang kreatif dan komunitas industri kreatif dengan memfasilitasi ide-ide mereka dengan mendirikan “Sleman Creative Space” di Kompleks Taman Kuliner, Condongcatur.

“Banyak pelaku-pelaku industri kreatif di Sleman ini, sehingga untuk mewadahi karya-karya mereka sengaja dihadirkan ‘Sleman Crative Space’ ini,” kata Ketua pengelola “Sleman Creative Space” Susilo Dwi Murwanto, Rabu (21/3/2018).

Menurut dia, bangunan yang didukung dengan peralatan audio visual lengkap ini terbuka bagi seluruh komunitas dan industri kreatif untuk berkreasi dan berjejaring.

“Di Sleman saat ini yang tercatat ada sekitar 69 anggota yang terdiri dari studio animasi, universitas, SMK, lembaga pelatihan, rumah produksi film, bioskop film, televisi lokal, dan studio animasi yang bergabung,” katanya.

Ia mengatakan, beragam fasilitas pendukung telah disediakan di “Sleman Creative Space” tersebut seperti perangkat komputer, ruang pemutaran film, ruang diskusi, persewaan alat seperti kamera dan lensa juga ada.

“Terdapat pula perangkat dan fasilitas editing film dan ‘color gradien’ yang biasanya teman-teman harus ke Jakarta dulu kini di sini sudah ada fasilitasnya yang bisa dimanfaatkan,” katanya.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman Noor Hidayati mengatakan “Sleman Creative Space” ini dihadirkan karena kolaborasi dari berbagai bidang.

“Kami mendapatkan sumbangan dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Pemkab Sleman untuk berkolaborasi mewujudkan ruang bagi komunitas dan pelaku industri kreatif,” katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan adanya bangunan ini diharapkan dapat menginisiasi industri-industri kreatif lainnya di Kabupaten Sleman.

“Kabupaten Sleman telah memiliki ‘Rumah Kreatif Sleman’ untuk menaungi UMKM, showroom UMKM serta sleman-mall.com dalam mengakomodir dan mengembangkan industri kreatif masyarakat, UMKM.’Sleman Creative Space’ diharapkan dapat meningkatkan industri kreatif dalam bidang film, animasi dan video,” katanya. (vsp)