Hallojogja.com, Sleman – Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai melakukan perbaikan sejumlah jalan yang rusak menjelang arus mudik Lebaran 2019.

“Kami mulai melakukan perbaikan-perbaikan ruas jalan yang menjadi kewenangan Sleman, agar pada arus mudik dan Lebaran nanti sudah siap digunakan,” kata Kepala Bidang Bina Marga DPUPKP Kabupaten Sleman Achmad Subhan di Sleman, Minggu (12/5/2019).

Menurut dia, saat ini kondisi beberapa ruas jalan kabupaten jalan di Sleman banyak yang rusak dan penuh lubang akibat banyaknya proyek provinsi maupun nasional yang dibangun bersamaan.

“Saat ini ruas jalan kabupaten banyak yang berlubang akibat pengalihan arus dari proyek-proyek besar tersebut,” katanya.

Ia mengatakan, pada dasarnya perbaikan jalan ini tidak memandang waktu. Artinya setiap saat ketika ada kerusakan harus diperbaiki.

“Namun, ketika mudik banyak kendaraan yang melintas kami punya prioritas untuk memastikan jalan dalam kondisi baik sehingga tidak menimbulkan kecelakaan,” katanya.

Subhan mengatakan, jalan kabupaten saat ini masih menjadi jalur alternatif yang bisa digunakan masyarakat jika ingin menghindari padatnya arus di proyek “underpass” Kentungan.

Selain itu, Jalan Gito Gati juga masih ditutup karena belum semua jembatan telah selesai dikerjakan. Sehingga untuk pengalihan arusnya diarahkan ke jalan-jalan kabupaten.

“Memang agak terhambat perbaikannya, namun kami akan mengejar perbaikan jalan itu ketika H-10 Lebaran. Jadi akan kami maksimalkan di situ,” katanya.

Ia mengatakan, selain memastikan kondisi jalan, pihaknya juga bekerja sama dengan berbagai pihak. Agar memastikan perjalanan pemudik aman.

“Kami juga bekerja sama dengan kepolisian untuk meminimalisir kecelakaan, kami juga meminta kepada pedagang agar tidak memenuhi badan jalan, karena rawan kecelakaan lalu lintas,” katanya. (vic)