Hallojogja.com, Yogyakarta – Tempat tujuan wisata edukasi di Kota Yogyakarta, Taman Pintar akan menyegarkan tampilan area pintu masuk utama dan “playgroud” agar pengunjung tidak bosan dan tertarik untuk kembali berkunjung.

“Kami ingin ‘refresh’ tampilan bagian depan Taman Pintar sehingga akan selaras dengan konsep penataan pedestrian di kawasan Malioboro dan Kotabaru. Supaya ada keselarasan,” kata Kepala Bidang Taman Pintar Dinas Pariwisata Afia Rosdiana di Yogyakarta, Rabu (13/3/2019).

Taman Pintar Yogyakarta mengalokasikan anggaran sekitar Rp1,5 miliar untuk kebutuhan penataan area “playground”. Saat ini, pekerjaan revitalisasi tersebut masih dalam tahap lelang melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemerintah Kota Yogyakarta.

Meskipun ditata, namun Afia mengatakan, berbagai permainan yang selama ini berada di area “playground” Taman Pintar tetap akan dipertahankan.

Begitu pula dengan terowongan air mancur yang berada di depan pintu masuk utama Taman Pintar juga akan dipertahankan. “Kami hanya melakukan revitalisasi untuk memperbaiki halaman depan saja. Berbagai permainan dan wahana masih tetap dipertahankan,” katanya.

Dimungkinkan, lanjut Afia, perbaikan untuk permainan di area “playground” Taman Pintar baru akan dilakukan tahun depan. “Bertahap dulu dan selama pekerjaan berlangsung dimungkinkan ada gangguan ke pengunjung. Kami mohon maaf dan pengertiannya,” katanya.

Ia menyebut, sama seperti tahun lalu, target kunjungan ke Taman Pintar tetap ditetapkan sebanyak satu juta wisatawan. “Jumlah kunjungan tidak bisa dinaikkan karena keterbatasan lahan di Taman Pintar. Jika jumlah pengunjung terlalu banyak, maka kami khawatir mereka justru merasa tidak nyaman,” katanya.

Oleh karena itu, dilakukan pengembangan Taman Pintar kedua yang rencananya akan dibangun di Yogyakarta bagian selatan.

“Untuk dokumen lingkungan, Amdal sudah selesai. Tinggal menunggu pembangunan embung sebagai tahap awal pembangunan,” katanya.

Pada tahun ini, Afia mengatakan, Taman Pintar Yogyakarta juga sedang menyusun “detail engineering design” (DED) untuk empat bangunan yang akan dibangun di Taman Pintar kedua.

“Perencanaan ditargetkan selesai tahun ini. Perencanaan disusun sekaligus untuk pembangunan empat jenis bangunan di Taman Pintar kedua,” katanya. (ear)