Hallojogja.com, Sleman – Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun menaruh harapan besar terhadap penyelenggaraan karnaval budaya “Sumbu Imaginer 2017” bisa dilaksana setiap tahun. Hal itu sampaikannya saat membuka karnaval budaya tersebut di Bantaran Blunyah Gede, Kali Code, Sleman, Kamis sore (21/9/2017).

Sri Muslimatun memberikan harapan bahwa kegiatan di awal bulan Muharam ini merupakan gagasan yang sangat kreatif sekali. Untuk itu, di tahun tahun berikutnya bisa diadakan kembali sehingga akan memperkaya kegiatan budaya Sleman, karena kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh kecamatan di Kabupaten Sleman.

Festival budaya “Sumbu Imaginer 2017” yang melibatkan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sleman dari 17 kecamatan itu diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Sleman.

Tidak kurang dari seribu lebih warga ikut meramaikan karnaval budaya “Sumbu Imaginer 2017, yang mengambil start sari Tugu Jogja dan bergerak ke utara di Jalan AM. Sangaji menuju Jalan Monjali dan berakhir di pusat kegiatan di bantaran blunyah gede kali code.

Untuk diketahui, Sumbu Imaginer merupakan garis lurus dari gunung Merapi – Kraton – Pantai Selatan. Sedangkan festival ini memperingati peran gunung Merapi bagi kesejahteraan masyarakat di wilayah Mataram. ” Sedangkan kegiatan ini karena daeraj Slam dilewati garis imaginer tersebut,” imbuh Aji, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman.

Lebih lanjut, Aji menjelaskan melalui kegiatan ini, Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman senantiasa mewadahi kesenian di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Sleman. (dik)