Hallojogja.com, Yogyakarta – Warga Kota Yogyakarta dinilai cukup antusias mengajukan penggantian kartu keluarga dengan format baru tiap hari yang bisa dilayani melalui Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maupun melalui kecamatan setempat.

Di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil), rata-rata ada 30 warga yang mengajukan penggantian Kartu Keluarga (KK) dengan format baru tiap hari, belum ditambah warga yang mengakses layanan di kecamatan, kata Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pendaftaran Kependudukan Dindukcapil Kota Yogyakarta Bram Prasetyo di Yogyakarta, Minggu (2/9/2018).

Jika diakumulasi, lanjut Bram, maka setiap hari ada sekitar 300 warga yang mengajukan penggantian KK dengan format baru. Layanan tersebut sudah bisa dilayani sejak Agustus atau usai Lebaran.

Menurut Bram, KK dengan format baru menampilkan data kependudukan lebih lengkap dibanding format lama, yaitu dengan menambahkan sejumlah kolom.

Tambahan kolom tersebut meliputi kolom untuk informasi golongan darah, aliran kepercayaan, hingga status perkawinan.

Khusus untuk KK format baru, akan ada dua jenis kriteria untuk kolom perkawinan yaitu kawin tercatat dan belum dicatatkan serta kolom tanggal perkawinan,katanya.

Bagi warga yang hendak melakukan perubahan atau penggantian KK dengan format baru, maka diharapkan bisa menyiapkan sejumlah dokumen pendukung, misalnya buku nikah untuk warga yang akan mengubah keterangan perkawinan.

Petugas akan mengecek dan memverifikasi terlebih dulu. Jika belum tercatat, maka petugas bisa langsung mencatatnya. Tetapi, untuk kawin siri tetap tidak bisa dicatatkan, katanya.

Sedangkan untuk perubahan data lain seperti golongan darah, maka warga diminta membawa surat keterangan dari puskesmas atau PMI yang menunjukkan golongan darahnya.

Untuk kolom aliran kepercayaan, maka kami akan menghilangkan kolom agama dan menggantinya dengan kolom penganut kepercayaan. Di dalam kolom itu akan tertulis kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bukan nama dari aliran kepercayaan yang diikuti, katanya.

Meskipun layanan penggantian KK dengan format baru sudah dibuka, namun KK lama tetap dinyatakan berlaku apabila sudah ditandatangani oleh Kepala Dindukcapil dan tidak ada perubahan data apapun dari warga. (eka)