blue lagoon Jogja – blue lagoon ini merupakan salah satu sungai alami yang disekitarnya terdapat pepohonan bambu yang asri dan menampakkan warna permukaan air yang begitu kebiruan. tempat wisata ini mulai terkenal sejak sekitar tahun 2014 meskipun sebelumnya telah dikunjungi oleh para warga setempat atau para pendatang yang ingin melihat keindahan tempat ini.

yang dimana, blue lagoon ini sendiri memiliki nama Tirta Budi. pengambilan nama “Budi” adalah nama dari seseorang yang tenggelam akibat penyakit ayan yang selama ini dideritanya, sehingga tewas di sungai ini. akan tetapi kemudian tempat ini kembali dipopulerkan setelah kedatangan para mahasiswa KKN dari Universitas Gadjah Mada.

para mahasiswa ini mengajak rekannya dan menghimbau untuk membuat post dari gambar sungai ini di media sosial mereka masing masing. lalu kemudian tempat ini ramai sekali dikunjungi. Meskipun ada berbagai peristiwa di masa lalu, tak membuat para turis bosan untuk menikmatinya. disebabkan peristiwa tersebut tidak berhubungan dengan kondisi sungai dan alam sekitarnya.

dan juga nama blue lagoon hanyalah sebutan populer untuk memudahkan pengelola untuk menarik perhatian para turis. disebabkan memang berciri yang sama, yaitu sama-sama memiliki air yang berwarna kebiruan dan bisa dijadikan tempat untuk mandi.

blue lagoon Jogja ini pernah dipopulerkan oleh beberapa artis negeri ini dan dikunjungi oleh beberapa tokoh terkenal di Indonesia. yang saat tanggal 22 Maret 2015, Pemandian Tirta Budi diresmikan oleh Bupati Sleman untuk menjadi salah satu obyek wisata pemandian air dan di hari yang sama dengan peringatan air sedunia.

Rute Menuju Blue Lagoon Jogja

Desa Dalem, Widodomartani, Sleman merupakan kawasan yang berkelimpahan air. Setidaknya ada tiga mata air yang tak pernah kering dan menjadi tumpuan warga setempat. Ketiga mata air tersebut adalah sendang wadon, sendang lanang dan belik kluwih. Semua mata air tersebut berada di alirak Kali Tepus. Sendang wadon berupa kolam kecil dan terletak di dalam sebuah bilik. Sementara sendang lanang dan belik kluwih memiliki pancuran air yang berasal dari dinding tepi kali. Sendang lanang memiliki kolam kecil yang dijuluki Blue Lagoon.

Sebenarnya tempat ini memiliki nama resmi Pemandian Tirta Budi. Akan tetapi warga setempat lebih mengenalnya dengan sebuatan Blue Lagoon lantaran airnya yang jernih dan berwarna kebiruan. Meski berukuran kecil, pemandian tirta budi ini nyatanya mampu menarik perhatian banyak orang. Bahkan kini nama Blue Lagoon menjadi kondang seantero Jogja serta tak pernah sepi ketika hari libur.

Lokasi Blue Lagoon Jogja

Blue Lagoon jogja sendiri atau bisa disebut juga sebagai Pemandian Tirta Budi ini berlokasi di desa Dalem, kelurahan Widodomartani kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. blue lagoon ini buka setiap hari dari pukul 7 pagi sampai sebelum adzan maghrib.

untuk rute menuju blue lagoon jogja ini sendiri sangat mudah untuk didatangi. apabila kalian dari kota jogja dapat langsung  menuju ke jalan Kaliurang. dan kemudian ke arah utara hingga sampai di Km 13. dan disini kalian akan menemukan pertigaan Besi-Jangkang di kanan jalan. lalu ambil belok dan ikuti jalan raya tersebut dan sampai ke Pasar Jangkang. setelah sampai di pertigaan pasar jangkang lanjut untuk ambil arah kanan. dan kurang lebih 100 meter lagi kalian akan sampai di Blue Lagoon jogja.

dan sedikit info untuk waktu yang tepat untuk datang kesini bukan pada musim penghujan. yang karena disaat musim hujan aliran air kali tepus akan menyatu dengan kedung dari blue lagoon ini sendiri sehingga efek biru tak akan terlihat. namun demikian kalian tetap bisa bermain air disini dengan menyewa pelampung serta ban yang disewakan oleh para pengelola setempat.

Harga Tiket Masuk Blue Lagoon Jogja

Blue lagoon jogja ini dapat menjadi referensi tempat liburan di akhir bulan dikala kantong sudah mulai menipis. disebabkan buka setiap hari, kalian dapat kapan saja pergi kesini tanpa harus menunggu hari libur.

kalian dapat seru-seruan mandi disini dan cukup membayar tiket masuk sekitar Rp 5.000 per orang saja. apabia kalian naik sepeda motor, parkirnya juga hanya cukup dengan membayar sekitar  Rp 2.000 per kendaraan, dan untuk mobil sekitar Rp 5.000,-. terjangkau bukan, hanya dengan biaya yang gak sampai Rp 10.000,- kalian dapat menikmati mandi dengan asik di tempat ini.

Pesona Dari Blue Lagoon Jogja

blue lagoon jogja

Dan sedikit info, sesaat sampai ke lokasi utama, para wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan khas pedesaan yaitu persawahan, dengan aliran sungai/kali dan juga pepohonan yang begitu menawan serta rumah-rumah dari para penduduk setempat.

dan sekitar puluhan tahun lalu para penduduk dari Desa Dalem dan sekitarnya menggantungkan hidup dari air yang melimpah yang berasal dari 3 mata air yang terdapat di sekitar kawasan ini. dan dari 3 mata air ini bernama Sendang Wadon (putri/wanita), yang kedua ada Sendang Belik Kluwih dan yang ketiga ada Sendang Lanang (putra/pria). dan semua mata air ini berada di aliran sungai Tepus ini.

dan yang menjadi keunikan yaitu, semua mata air ini tak pernah mengalami yang namanya kekeringan meskipun saat musim kemarau sedang datang melanda.

Daya tarik dari blue lagoon jogja ini terlihat dari kolam alami yang memiliki warna air yang jernih kebiruan berhiaskan dengan pantulan cahaya matahari yang dapat membuat siapa saja ingin datang kesini. dan dengan adanya pohon bambu di sekitar kolam menjadikan tempat ini sangat sejuk dan asik untuk mandi disaat cuaca sedang panas.

dan untuk kalian yang ingin datang, datanglah kesini saat cuaca cerah di musim kemarau agar dapat melihat kejernihan airnya. dengan air disini cukup dingin tapi begitu menyegarkan. lalu juga usahakan datang di hari biasa disaat pagi hari sebelum ramai oleh para turis yang datang. sehingga, kalian dapat lebih puas berenang dan seru-seruan disini.

dan disini juga terdapat bagian, bagian pertama ada sebuah Sendang Wadon yang berupa kolam kecil yang bermata air dengan aliran yang cukup kecil. yang di kolam ini sebagai tempat untuk melakukan terapi ikan, akan tetapi sekarang ikan-ikan tersebut tinggal sedikit sekali karena ikannya di setrum oleh para pencari ikan.

dan di selatan ada Sendang Lanang yang terdapat pancuran dari tepian tebing sungai yang dapat dijadikan sebagai tempat pijat alami. dan sepanjang sungai ini batu-batu kali dicat oleh ihak pengelola dengan warna-warna cerah seperti hiasan sungai.

dan untuk sisi tengah ada kolam utama yaitu Blue Lagoon sendiri yang menjadi tempat paling diminati oleh para turis untuk seru-seruan mandi di kolam yang begitu indah ini.

kalian sendiri dapat  bermain air sepuasnya dengan berendam di kolam dan dapat juga menyewa pelampung untuk berseluncur dari bendungan kecil yang ada di ujung sungai. dan disaat kalian asyik berendam di air, akan banyak ikan-ikan kecil yang menggigit kulit kaki dan membuat kaki kalian geli.

Fasilitas di Blue Lagoon Jogja

beberapa Fasilitas disini juga sangat cukup memadai untuk para pengunjung, seperti :

  • adanya Area parkir yang cukup luas untuk kendaraan.
  • Disediakan beberapa toilet/WC umum dan ruang ganti.
  • Disediakan Mushola.
  • Terdapat juga Kantin/ warung.
  • Dan disediakan tempat untuk penitipan barang.
  • Ada juga taman dan gazebo untuk para pengunjung bersantai.
  • Lalu ada penginapan/ homestay.
  • Dan ada juga penyewaan perlengkapan mandi.