Bukit Paralayang Jogja – buat kalian salah satu panorama alam di Kota Jogja yang sangat memikat hati para pengunjung baik turis lokal maupun internasional adalah keindahan dari pantai pantainya. dengan sebuah kota yang dijuluki sebagai kota pariwisata ini benar benar menyimpan sejuta keindahan surga tersembunyi di sepanjang pesisir pantai selatan. jadi sangat tidak heran apabila objek wisata pantai menjadi salah satu kunjungan favorit dan paling banyak didatangi ketika hari libur tiba.

Lalu kemudian, Pantai Parangtritis menjadi salah satu objek wisata yang mempunyai keindahan yang sudah sampai di tingkat internasional. parangtritis memiliki hamparan pasir hitam yang sangat luas ini menjadi salah satu tempat favorit apalagi ketika saat senja tiba. dengan keelokan pantai ini pun tidak hanya dapat dinikmati dari dekat bibir pantai saja namun ada salah satu spot yang sangat hits untuk menikmati keindahan pantai tersebut, yaitu Bukit Paralayang.

Panorama Bukit Paralayang Jogja

bukit paralayang jogja

Kenapa bukit ini dinamakan demikian?, Bukit ini dinamakan Bukit Paralayang sebab bukit ini menjadi salah satu spot untuk para penerjun paralayang menunjukkan aksinya sampai dengan mendarat di dataran pantai Parangtritis. Para pelancong yang datang dapat menikmati keindahan pemandangan sunset ketika senja mulai datang tanpa halangan apapun dari ufuk barat. dengan adanya warna-warni langit yang begitu indah pun tak bosan untuk membuat takjub siapapun yang datang dan melihatnya

dan juga untuk daya tarik dari Bukit Paralayang ini juga tidak lepas dari aktivitas seru dan memacu adrenalin yang biasanya dilakukan di tempat ini yaitu olahraga paralayang. dengan atlet paralayang dapat menikmati keindahan dari pantai Parangtritis dari ketinggian selama kurang lebih sekitar 30 menit sampai pada akhirnya mendarat di landasan yang terletak di antara lokasi Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok.

warga lokal Jogja khususnya warga daerah Bantul sudah sepatutnya berbangga karena mempunyai spot wisata yang seperti ini sebab tempat ini pernah dijadikan sebagai lokasi event bertaraf nasional pada tahun 2014 lalu yaitu Jogja Air Show.

dan juga, di objek wisata alam ini para wisatawan akan menemukan banyak peninggalan bersejarah seperti Sendang Beji, Candi Gembirowati, dan Pasanggrahan Gembirowati. menjadikan dengan menikmati keindahan alam dari atas sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang senantiasa berhembus, para wisatawan dapat juga sekaligus melihat dan belajar tentang peninggalan bersejarah yang ada disini.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Paralayang

Untuk kalian para pecinta senja dan anak indie, objek wisata yang satu ini akan benar benar menjadi pilihan yang sangat tepat untuk kalian dalam menikmati keindahan momen ketika matahari terbenam dan menghilang di garis pantai. Para pelancong pun tak perlu khawatir sebab disini sudah disediakan banyak fasilitas agar para pelancong merasa nyaman, di antaranya:

  • disediakan Meja dan kursi dari kayu untuk tempat duduk para pengunjung agar celananya tidak kotor
  • Terdapat juga warung makan untuk melepas lapar dan dahaga
  • Banyak sekali Spot foto menarik
  • Ada fasilias berupa Toilet dan Mushola yang berada di kawasan Pantai Parangtritis.

Harga Tiket Masuk Ke Paralayang

Para pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini tak perlu khawatir harus mengeluarkan ongkos yang relatif mahal. Para wisatawan yang datang tidak dikenakan tarif sama sekali alias gratis dan cukup dengan membayar biaya parkir motor kurang lebih sekitar Rp 2.000,00 dan untuk mobil sekitar Rp 5.000,00. namun demikian para wisatawan harus menyiapkan uang kurang lebih sekitar Rp 7.000,00 untuk memasuki TPR pantai Parangtritis.

lain lagi ceritanya jika kalian ingin mencoba paralayang dan terbang di atas pantai Parangtritis ini sebab para pengunjung harus merogoh kocek yang lebih untuk ini. untuk menyewa paralayang termasuk pemandunya dikenakan tarif kurang lebih sekitar RP 300.000,00 – Rp 350.000,00 per orang

Selayang Pandang Dari Paralayang

Tentunya begitu mengasyikan jika menikmati Pantai Parangtritis dari Bukit Paralayang Parangtritis ini, Pantai Parangtritis adalah salah satu objek wisata yang sudah terkenal sejak dulu sekali.

Tentunya kota jogja memang istimewa, dan keberadaan bukit dengan pemandangan yang sangat indah ini benar benar melengkapi keistimewaannya. yang mana Bukit Paralayang jogja ini masih masuk ke bagian Pantai Parang Endog, akan tetapi kenyataannya bukitnya sendiri lebih banyak dikenal sebab jika dilihat dari sini para pengunjung dapat menikmati pemandangan garis pantai yang eksotis yang menakjubkan, tentunya dengan matahari terbenam yang menawan.

yups, dengan menyaksikan matahari tenggelam secara perlahan di Barat, sangat selalu dapat menjadi daya tarik yang menyenangkan untuk siapapun juga. dan juga setiap pengujung pasti mempunyai romansa tersendiri apabila sedang menikmati senja sambil bersantai. oleh sebab itu, bukit paralayang jogja ini merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang direkomendasikan untuk kalian kunjungi kala santai.

disebabkan, saat senja tiba perpaduan aneka warna langit akan sangat begitu indah. dengan adanya warna jingga yang dominan dan terkadang diikuti dengan gradasi warna biru tua yang benar benar menawan adalah pemandangan yang selalu diburu oelh siapa saja. so, Bukit Paralayang jogja yang berada di Yogyakarta ini adalah salah satu tempat pilihan bagi para pemburu senja yag ada di jogjakarta.

untuk sebagian orang mungkin akan bingung mengenai Bukit Paralayang jogja. sebab ada kebingungan antara bagian “Pantai atau bukitnya?” ya benar sih disini ada Pantai dan Bukit Paralayang jogja yang lokasinya cukup berdekatan. dan juga Pantai Parang Endog sendiri berada di ujung Timur dari lokasi Pantai Parangtritis

dan juga bukit yang dapat digunakan untuk paralayang ini tepat berada di sebelahnya lagi diposisi yang diatas. dan agar dapat mencapai puncak Paralayang, kalian sendiri harus menelusuri jalan, dan menuju ke arah timur yaitu ke arah Wonosari.

dan sebelum kalian menuju arah bukit, kalian semua sekalian dapat juga berhenti sebentar di lokasi objek wisata Pantai Parang Endog. yang mana objek wisata ini memberi suguhan alam yang tak kalah indah dibandingkan dengan Pantai Parang Tritis kok teman teman. dengan tempatnya sendiri yang secara geografis berada di Dusun Girijati, Purwosari, Kabupaten Gunungkidul. dengan pantai yang juga relatif lebih sepi dan lebih alami karena itu masih sangat sedikit polusi. namun demikian ombak pantai cukup besar jadi sangat disarankan untuk tidak melakukan aktivitas seperti berenang.

bukit paralayang jogja ini memang hanya digunakan pada event dan acara tertentu saja. yang salah satunya adalah event Yogyakarta Air Show yang biasanya diadakan setiap tahun di lokasi Pantai Parang Tritis dan objek wisata Pantai Parang Kusumo. akan tetapi setiap harinya Bukit Paralayang Parangtritis ini adalah salah satu tempat pilihan terbaik untuk menyaksikan senja di kota Yogyakarta

untuk rute perjalanan ke tempat wisata bukit paralayang jogja ini memang cukup menanjak jadi kalian semua harus sangat berhati-hati. dan agar dapat sampai ke puncak bukit kalian masih harus melewati beberapa anak tangga. kelihatan melelahkan memang, namun setelah sampai di Puncak Bukit Paralayang Parangtritis pemandangannya akan begitu menakjubkan.