Candi Prambanan Jogja – Candi dan kota Yogyakarta sendiri ibarat sudah menjadi satu hal yang tidak dapat dipisahkan oleh apapun, dengan banyak nya situs candi di kota Yogyakarta ini adalah salah satu bukti bahwa kota Yogyakarta kaya akan sejarah dan budaya dari dulu hingga saat ini. Situs Candi Prambanan yang sudah sangat terkenal adalah candi yang bercorak dengan agama hindu. situs yang satu ini adalah candi hindu terbesar di yang ada di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

dengan keindahan yang dimiliki seakan tidak pernah pudar justru semakin sangat ramai diminati oleh para pengunjung yang berkunjung di kota Yogyakarta. Situs candi Prambanan mempunyai tinggi kurang lebih 47 meter atau lebih tinggi 5 meter dari candi Borobudur. berlokasi disebelah timur kota Yogyakarta, yang sebenarnya tempat wisata Candi Prambanan berada di antara 2 wilayah yaitu kota Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Selayang Pandang Candi Prambanan Jogja

apabila berbicara mengenai sejarah candi satu ini, situs Candi Prambanan seolah sudah menjadi sebuah simbol kisah cinta yang sangat melegenda, dengan legenda tersebut merupakan sebuah kisah cinta seorang pangeran yang bernama Bandung Bondowoso yang mempunyai ketertarikan dan perasaan jatuh cinta kepada seorang putri yang bernama putri Roro Jonggrang. akan tetapi, sang putri Roro Jonggrang tidak membalas cinta dari Bandung Bondowoso, dan akibatnya tercipta sebuah tragedi cinta bertepuk sebelah tangan.

Putri Roro Jonggrang pun akhirnya mencari cara supaya si Bandung Bondowoso tidak lagi mencintainya, kemudian setelah itu Roro Jonggrang mengajukan sebuah syarat yang harus dipenuhi apabila bandung bondowoso ingin tetap mencintainya, Bandung Bondowoso harus dapat membuat 1.000 candi dalam kurung waktu 1 malam yang terlihat sangat mustahil.

dan tentunya dengan sangat yakin Bandung Bondowoso pun berani untuk menerima syarat yang diajukan oelh Roro Jonggrang, dengan mengerahkan segalah kekuatan dan kesaktiannya dan dibantu oleh bala bantuan dari bangsa jin akhirnya Bandung Bondowoso hampir dapat menyelesaikan syarat yang diajukan oleh putri Roro Jonggrang.

mengetahui hal tersebut, Roro Jonggrang panik dan segera untuk mencari cara supaya Bandung Bondowoso gagal menyelesaikan 1.000 candi tersebut. Sang putri pun membangunkan selir-selirnya untuk menumbuk lesung dan membangunkan kumpulan ayam jago agar berkokok dan membakar api disebelah timur agar terlihat seperti sudah pagi hari. tentu saja usaha Bandung Bondowoso membuat candi sudah mencapai sekitar 999 candi dan tinggal 1 candi lagi.

hal ini membuat Bandung Bondowoso kaget dan mencari tahu ada apa yang sebenarnya terjadi, tidak lama kemudian Bandung Bondowoso mengetahui bahwa dirinya sedang dicurangi oleh Roro Jonggang. dan melihat hal tersebut ia pun sakit hati dan sangat marah sehingga Bandung Bondowoso mengutuk putri Roro Jonggrang menjadi sebuah arca untuk menjadi candi yang ke-1.000.

dan tentunya dibalik semua cerita sejarah yang sangat begitu melegenda, situs candi Prambanan menyimpan keindahan dan kemegahan yang sangat begitu luar biasa dan tidak kalah dengan lain yang lebih besar. keelokan dari situs Candi Prambanan mampu menyedot wisatawan domestik maupun para pelancong dari mancanegara, dan juga saat musim liburan Candi Prambanan seakan menjadi objek wisata wajib jika kalian sedang berwisata di kota Jogja.

ada suatu pertunjukan yang tidak kalah populer yaitu pertunjukan yang disebut sebagai Ramayana Ballet atau Sendratari Ramayana, pertunjukan yang satu ini mengambil alur cerita dari relief yang berada di Candi Prambanan yang pada dasarnya menceritakan kisah dari Ramayana.

Lokasi Candi Prambanan

Untuk Lokasi dari Candi Prambanan secara keseluruhan sudah sangat baik dalam segi jalan dan rute dan juga keadaan jalan, sangat mudah dijangkau karena berada tidak jauh di Jalan Raya Jogja – Solo. kemudian lokasi Candi Prambanan sangat mudah sekali untuk dijangkau dengan kendaraan jenis apapun itu.

lokasi dari situs Candi Prambanan ini sendiri berlokasi di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Candi Prambanan

Rute perjalanan menuju Candi Prambanan adalah dari pusat kota Yogyakarta kalian menuju Jalan Jogja-Solo terus ke jalan timur hingga menjumpai gapura perbatasan dari kota Jogja-Jawa Tengah masih lurus dan kalian akan menjumpai traffic light kemudian kalian belok ke kiri dan sampailah kalian semua di Candi Prambanan. Rute perjalanan menuju Candi Prambanan tersebut merupakan rute paling mudah dan paling sering digunakan.

dengan jaraknya dari Kota Jogja ke Candi Prambanan kurang lebih adalah sekitar 16 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Candi Prambanan sekitar kurang lebih 35 menit.

Harga Tiket dan Parkir Candi Prambanan

untuk harga tiket masuk dari Candi Prambanan termasuk cukup mahal. Untuk dapat menikmati keindahan dari Candi Prambanan, kalian harus membayar kurang lebih sekitar Rp 40.000 untuk para pengunjung domestik. dan untuk para pengunjung dari mancanegara dikenakan biaya sekitar 25 USD atau sekitar Rp 338.000. dan harga tiket masuk Candi Prambanan tersebut dijamin akan sepadan dengan apa yang akan kalian semua dapatkan ketika kalian mengunjungi Candi Prambanan.

dan untuk untuk harga parkir dari Candi Prambanan dibedakan untuk kendaraan jenis mobil dan juga motor. Untuk harga parkir mobil di Candi Prambanan adalah kurang lebih sekitar Rp 10.000,- sedangkan untuk harga parkir motor adalah sekitar Rp 3.000.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Candi Prambanan

Belajar Sejarah dan Budaya

Situs Candi Prambanan merupakan salah satu situs candi hindu yang ada di dunia dan dijadikan sebagai referensi untuk belajar sejarah kebudayaan agama Hindu di Indonesia. dengan banyaknya relief yang menjadi simbol agama ini memberikan banyak sekali pelajaran sejarah penting tentang kehidupan dimasa Dinasti Sanjaya.

untuk kalian yang gemar dengan pelajaran sejarah, napak tilas di kompleks Candi Prambanan akan dapat memberikan banyak pengetahuan bagaimana hubungan dari kisah rakyat tentang putri Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso yang berkaitan dengan pembentukan arca di kompleks candi ini. kalian juga dapat menyusuri relief demi relief dan menemukan banyak kisah Ramayana dengan alur sesuai dengan tradisi lisan India.

Photo Session

Dengan kompleks candi prambanan jogja yang begitu asri dengan taman yang indah serta bangunan yang menjulang tinggi ini menjadi tempat sangat populer untuk hunting foto. kalian yang hobi berselancar di sosial media dapat langsung meng-upload foto selfie kalian di jalan setapak menuju kompleks candi yang elegan.

untuk kalian yang suka dengan fotografi, dapat memilih spot lain yang lebih indah dari sekadar berfoto kalian dapat memilih senja atau fajar pada sesi ini. langit yang begitu biru menawan akan terlihat indah dipadukan dengan adanya candi yang meninggi ke langit, begitu juga dengan warna jingga yang dipadankan dengan kompleks candi yang sangat mewah.

Mengunjungi Museum Candi Prambanan

ada satu lokasi dengan kawasan candi prambanan jogja ini yaitu terdapat sebuah Museum Candi Prambanan. Museum yang berbentuk joglo ini mempunyai koleksi berbagai benda bersejarah seperti berbagai macam artefak, arca, gerabah, gambar struktur Candi Siwa, fosil hewan, sampai legenda Roro Jonggrang. dan jika ingin memasuki museum ini kalian tidak dikenakan biaya tambahan alias free 100 persen.