Goa Pindul Jogja –  Benar benar tak akan pernah ada habisnya, jika kita membicarakan soal kota jogja. Dan juga, soal destinasi wisata di Jogja yang dapat dibilang mempunyai paket penuh dan mampu memenuhi tuntutan dari perkembangan zaman. Sangat banyak sekali kreasi yang diberikan untuk memanjakan para turis semua agar, dapat nyaman dan ingin kembali ke Kota Gudek ini.

Destinasi wisata alam seperti Goa Pindul adalah wisata alam yang popular dan sudah banyak diketahui oleh banyak sekali turis. Dan juga, pesonanya sendiri sudah terdengar di berbagai penjuru Indonesia, dan bahkan sampai ke luar negeri.

Untuk kalian yang ingin berlibur ke goa pindul ini, kami telah sediakan beberapa tips dan informasi tentang goa pindul, agar kalian dapat mengetahui tentang informasi yang ada, supaya tidak tersesat atau melakukan kesalahan, yuk simak semua tips dan trik nya :

Sejarah Singkat Goa Pindul

goa pindul jogja

Sejarah dari tempat ini sendiri berawal dari, Nama Goa Pindul diambil dari nama Pindul. Dan, Pindul sendiri terdiri dari gabungan 2 kata, yaitu “Pipi” dan “Kebendul” lalu, dapat disingkat sebagai Pindul. Goa ini sudah ada sejak zaman dahulu, dan menjadi salah satu goa alami yang dimiliki oleh kabupaten Gunung Kidul, jadi selain wisata pantai, Gunung Kidul memiliki wisata goa yang tidak kalah indahnya, dan diperkirakan terbentuk sudah berjuta-juta tahun yang lalu.

Dan ada satu hal lagi yang akan membuat Kalian semua sedikit berbangga dengan adanya Goa ini. Mineral seperti Stalaktit yang dimilikinya menjadi yang terbesar ke 4 di dunia. Benar benar mengesankan sekali kan?, indonesia punya bentang alam yang sangat mengesankan dan bahkan mampu dipamerkan ke dunia luar.

Goa pindul jogjafgununggg ini awalnya dijadikan oleh para penduduk setempat sebagai aktifitas harian seperti mandi, mencuci, memancing dan berbagai macam kegiatan biasa lainnya. Dan salah satu alasan mengapa para penduduk senang melakukan kegiatan tersebut di Goa ini karena, kondisi dari air yang jernih dan tidak tercampur dengan limbah-limbah pabrik dan rumah tangga.

Di tempat ini pun juga diliputi oleh sebuah Legenda masyarakat setempat. diceritakan ada dua orang utusan dari panembahan senopati yaitu Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Panembahan diutus oleh senopati untuk membunuh bayi yang sedang dibawanya. Namun tetapi, bayi yang dibawa itu pun meluluhkan hati kedua orang tersebut. Menjadikan, mereka mengurungkan niatnya untuk membunuh bayi mungil tersebut.

Lalu kemudian, Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Panembahan yang berada di puncak ketinggian berniat untuk memandikan bayi tersebut. Kemudian, Ki Juru Mertani menginjakkan kakinya ke tanah yang kemudian, membentuk sebuah lubang. Dan dibawah lubang tersebut terdapat aliran arus air yang begitu jernih. Llau kemudian Mereka berdua pun memandikan bayi tersebut.

Dan disaat sedang memandikan, pipi dari bayi itu membentur bagian dinding gua, lalu kemudian terciptalah nama goa pindul, yang digunakan hingga saat ini.

Daya Tarik Goa Pindul

goa pindul jogja

Goa pindul jogja ini menjadi wisata favorit di Yogyakarta yang eksistensinya terus naik . Dan juga di sepanjang goa ini ada aliran air yang benar benar jernih dan pastinya juga sangat dingin. Akan Tetapi, inilah yang menjadi daya tarik dari Goa pindul yang mewajibkan kalian semua untuk melakukan aktifitas seperti Cave Tubing.

Kalian jangan terkejut apabila di tempat ini banyak sekali hewan seperti kelelawar yang akan terbang ke sana kemari. Layaknya, sebuah sambutan selamat datang untuk para turis yang datang mengunjungi goa pindul ini. Para kelelawar ini akan menyatu dengan ornament goa yang akan terlihat seperti sebuah lukisan 3d yang hidup.

Dan juga terdapat sebuah ruangan yang cukup menarik untuk kalian semua simak dan ketahui. Sebuah tempat yang biasanya digunakan untuk para tim SAR masuk. Di tempat ini terdapat sebuah lubang yang memungkinkan untuk sinar matahari masuk. Yang menjadikan, munculnya sebuah pemandangan yang begitu indah. Dan ruangan inilah yang biasa dipakai sebagai salah satu spot foto paling diminati oleh  para turis.

Untuk diameter dari objek wisata goa pindul jogja ini, Mempunyai panjang kawasan kurang lebih sekitar  350 meter dengan lebar yang mencapai 5 meter. Cukup panjang bukan bagi kalian semua yang takut dengan air karena tidak bisa untuk berenang. Dan juga dont worry, apabila sudah berani mengunjungi tempat ini. Sebab, kalian semua tidak akan sendirian, akan ada pendamping yang siap membantu dan sudah terlatih dengan sangat sigap apabila, terjadi sesuatu.

Terdapat 3 zona yang akan dilalui oleh para turis. Ketiga zona tersebut adalah Zona terang, Zona remang, dan juga Zona gelap. Yang dimana perjalanan akan dimulai dari kawasan Zona Terang. lalu setelah itu memasuki Zona remang. dan akhirnya, memasuki kawasan Zona gelap yang sangat indah dan mampu membuat jantung kalian semua berdebar serasa mau copot.

Alamat, Rute, Lokasi, dan Harga Tiket

Objek wisata Goa Pindul ini sendiri berlokasi di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Dan jika ingin mencapai tempat ini sebenarnya cukup mudah. Kalian hanya perlu pergi menggunakan kendaraan menuju jalan wonosari. Lalu, lurus kearah pathuk dan wonosari.

Apabila sudah tiba di bundaran simpang empat yaitu bundaran Siyono dengan ciri mempunyai bangunan air mancur di tengah-tengahnya. Jalan lurus terus hingga menemukan sebuah perempatan besar. kemudian dari perempatan tersebut belok ke kiri menuju ke Desa Bejiharjo. Lalu kemudian, mencapai desa ini kalian akan disambut dengan beberapa pemuda yang akan menjadi tour guide kalian.

Dan untuk tarif yang dipatok oleh pengurus goa pindul ini beragam, mulai dari sekitar 50 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah, tergantung dari hari kunjungannya. Apabila kalian datang di hari biasa, harga akan lebih murah, dan tentunya beda bila kalian berkunjung ke sini saat weekend atau bahkan sedang high season. tarifnya sendiri pasti akan melonjak. Dan dengan adanya pilihan paket Cave tubing yang bisa dipilih, menjadikan pesona Goa pindul ini begitu mengesankan.

Ada fasilitas yang didapatkan oleh para turis dengan harga sekitar 50 ribu yaitu asuransi, guide, rompi, ban pelampung. Dan sebelum melakukan penyusuran gua. Guide akan melakukan sedikit tutorial kecil dan memberi tahu bagaimana cara aman selama melakukan cave tubing. gimana?, terjangkau sekali bukan?

Dengan mekakukan penyusuran di Goa ini menjadikan sebuah pengalaman yang cukup menarik. Pengalaman yang sangat berharga dan tentunya tidak akan pernah terlupakan. Dan apalagi, para guide yang ramah dan sangat bersahabat. para guide pun dengan senang hati akan menjawab semua pertanyaan dan mampu membuat suasana menjadi lebih asik dan tidak garing tentunya.

Goa pindul, benar-benar merupakan kekayaan alam di negeri ini yang harus dijaga ya teman teman, apapun yang terjadi jangan sampai merusak keindahan itu, agar anak cucu kita nanti tetap dapat bisa menikmati keindahan goa ini.