Jajanan Khas Jogja – Tentunya bukan sebuah rahasia umum jika kota Yogyakarta memiliki sejuta keindahan akan budaya, seni, dan alam. tidak lain, kota ini pun selalu menjadi incaran para pengunjung untuk berakhir pekan. jadi, setelah kalian puas menikmati aneka wisata kota Jogja yang indah tentu saja ada hal lain yang tak boleh dilewatkan begitu saja, yaitu dengan berburu oleh-oleh untuk keluarga, saudara, dan teman terdekat kalian semua.

Tentunya untuk dapat membantu Kalian dalam memilih aneka jajanan khas jogja, maka hallojogja.com telah menyusun daftar lengkap makanan lezat yang dapat dijadikan sebagai buah tangan.

1. Thiwul Yu Tum

jajanan khas jogja

Saat ini, tiwul bukan lagi makanan pokok daerah Gunungkidul, posisinya berganti menjadi kudapan atau jajanan pasar dan menjadi jajajan khas Gunung Kidul. Ada salah satu penjual thiwul yang legendaris adalah Tumirah. Kurang lebih sekitar sudah 28 tahun sejak tahun 1985, Yu Tum, panggilan akrabnya, menjual thiwul.

Yang mana berawal dari berjualan keliling kampung, saat ini Yu Tum yang usianya hampir sepuluh windu sudah mempunyai 3 gerai yang ditangani oleh menantunya. Gerai sekaligus dapur utamanya terletak di Jalan Pramuka no.36, sebelah Balai Desa Wonosari. Cabang yang lainnya ber lokasi di Jl. Wonosari-Jogja km 3.5 Siyono, dan Jl. Baron km 4. Meninggalkan stigma panganan jaman Jepang, thiwul semakin dilirik para pelancong yang berkunjung ke Gunungkidul.

Thiwul Yu Tum memang sangat istimewa, Dengan adanya tumbukan gapleknya halus, sehingga bila matang ditanak terasa lembut di mulut, mirip tekstur makanan roti. Tidak hanya itu, Yu Tum juga menambahkan gula Jawa sebagai pemanis. Kemudian parutan kelapa yang menjadi pendamping setianya, semakin menambah rasa gurih.

Perpaduan yang sangat pas! thiwul bisa dinikmati langsung sebagai kudapan, dapat juga dijadikan nasi yang disantap bersama sambal bawang dan sayur lombok ijo. Dan untuk lauk gathot dan belalang goreng khas Gunungkidul pun bisa jadi alternatif pilihan. Dan juga semua tersedia di tempat Yu Tum. terdapat juga thiwul rasa keju dan coklat yang harus dipesan terlebih dahulu untuk dapat mencicipnya.

2. Tasuba (Tahu Susu Bakso)

jajanan khas jogja

Yang beikunya di jajajan khas jogja ada Tahu bakso, tahu bakso sendiri biasanya terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Semarang yang banyak digemari oleh para wisatawan. Akan tetapi, siapa sangka Jogja juga punya tahu bakso yang tak kalah enak, yaitu namanya Tasuba (Tahu Susu Bakso) dengan Aneka Rasa.

Jajajan khas jogja bernama Tasuba ini sendiri mempunyai tektur tahu yang lebih padat bila dibandingkan dengan tahu bakso pada umumnya. Dengan rasa dan bumbunya benar-benar enak terasa dilidah. Dengan proses produksinya pun bersih dan higienis karena dari tahu hingga bakso isiannya diproduksi sendiri.

Dan juga, Tasuba ini juga tanpa bahan pengawet lho, menjadikan lebih sehat dan aman dikonsumsi oleh kalian semua. Meskipun dibuat tanpa bahan pengawet, makanan yang satu ini bisa tahan lama sampai sekitar kurang lebih 6 bulan. Dengan cita rasa yang lezat dan awet, Tasuba pun kini menjadi oleh-oleh khas Jogja terbaru yang hits dan paling dicari oleh para wisatawan. dan untuk harganya cukup murah hanya sekitar 32 ribu per kotaknya dengan isi 5 – 10 buah.

Untuk kalian yang penasaran dengan Tasuba, langsung saja kunjungi gerainya yang beralamat di Jl. Laksda Adisucipto km 7,6 Yogyakarta. Anda juga bisa mengunjungi pusat produksinya langsung di Perum BPI (Bukit Prmata Indah) A-12 Jl. Candi Gebang, Sleman Yogyakarta.

3. Belalang Goreng

jajanan khas jogja

Jajajan khas jogja yang satu ini bernama belalang boreng (walang goreng), lagi oleh-oleh khas dari Gunung Kidul Yogyakarta yang wajib dibeli, yaitu Belalang Goreng atau Walang Goreng. Salah satu jenis makanan yang sangat ekstrem dan unik ini bisa kalian temukan dengan mudah saat liburan ke kabupaten ini. terdapat banyak kios-kios dadakan yang menjual belalang goreng di sepanjang jalan di Gunungkidul.

Dengan harga dari belalang goreng cukup beragam tergantung jenis kemasan. Dari satu toples belalang goreng biasanya dibanderol dengan harga Rp 12.000. Dan untuk ukuran yang lebih kecil, harganya Rp 6.000/bungkus. Dengan harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Juga, ada salah satu merek belalang goreng yang paling terkenal adalah Belalang Goreng Pak Gareng yang biasanya dijual di toko oleh-oleh sekitar wilayah Gunung Kidul atau pun kota Jogja. dengan rasanya yang gurih, renyah, dan enak membuat Belalang Goreng Pak Gareng banyak dicari oleh para pelancong. Dengan harga dari Belalang Goreng Pak Gareng lebih mahal, sekitar 33 – 35 ribu per plastik / toples.

4. Bakpia

jajanan khas jogja yang paling terkenal pertama adalah bakpia. Tentunya semua orang pasti mengenal yang namanya bakpia, yaitu salah satu jajanan khas jogja yang bentuknya bulat kecil di dalamnya berisi berbagai jenis isian seperti kacang hijau, dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. dan juga di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa gurih dipadu dengan rasa isinya, apabila dimakan ini dikenal dengan nama pia atau kue pia.

Yang menjadi perbedaan adalah, Bakpia Pathok bentuknya lebih dominan kecil dan lebih lembut jika dikunyah. Sekarang ini isi dari bakpia tidak hanya berisi kacang hijau. akan tetapi ada isi cokelat, kumbu hitam bahkan keju. Dengan harganya pun cukup murah dan terjangkau. Tentunya oleh oleh khas jogja bukan hanya makanan lho,

Di Kota Yogyakarta, oleh oleh seperti bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathuk, Yogyakarta. Oleh oleh Bakpia pathuk 75 dan 25 nampaknya yang paling terkenal.

Ada juga tempat lain yang cukup terkenal adalah Bakpia Kurniasari yang berlokasi di jalan dekat Terminal Lama, Umbulharjo, Yogyakarta. dan juga, ada juga “Bakpia Pojok Bu Prapti” yang beralamat di Jl. Monumen Jogja Kembali (Jl. Monjali) No. 54 Karangjati, Yogyakarta.

Ada sedikit tips jika ingin membeli bakpia, minta pada penjual untuk mencicipi dan memastikan baru tidaknya makanan ini. Apabila dikunyah dan ditekan masih lunak dan mudah hancur saat di kunyah, artinya masih layak konsumsi dan tentunya tahan lama untuk dibawa pulang.

Tentunya jika agak keras, sebaiknya jangan dibeli karena kemungkinan buatan lama dan kurang layak untuk dikonsumsi karena sudah masuk ke fase kadaluarsa. oleh oleh yang satu ini sebaiknya dikonsumsi maksimal 3 hari dari pembuatan. Dan jika melebihi dari itu sebaiknya jangan dimakan karena rasanya sudah tidak nikmat lagi.

Dan lagi, sebaiknya kalian membeli langsung bakpia ke pabriknya sehingga dapat merasakan bakpia yang masih hangat, enak, dan tahan lebih lama. kalian juga bisa cek kuliner murah jogja.

5. Yangko

Yang terakhir dari jajanan khas jogja adalah Yangko, yangko sendiri adalah sejenis makanan yang terbuat dari bahan tepung ketan. Dengan bentuk berupa persegi empat mungil, ditambah dengan baluran tepung terigu, Makanan yangko memiliki kekhasan rasa.

Terkecuali rasa manis yang dominan. dan jika didalam yangko kalian juga dapat merasakan wangi aromanya. Dengan Bentuk yang kecil menyebabkan kalian tidak cepat ketika menyantapnya. Dengan adanya nuansa kenyal ketika kalian mengunyah mengundang sensasi kenikmatan bersantap.

jajanan khas jogja yang satu ini adalah salah satu makanan khas Kotagede, Yogyakarta. oleh oleh ini sendiri juga termasuk jajanan khas jogja yang paling terkenal selain bakpia. yang pada awalnya makanan yangko berisi campuran cincangan dari kacang dan gula.

akan tetapi saat ini, semakin banyak rasa baru bermunculan untuk menyemarakkan cita rasa dari yangko. tidak hanya rasa asli, kini dapat pula ditemui yangko dengan rasa buah-buahan, seperti stroberi, nangka, coklat, durian dan melon.

walaupun banyak ditemui di Kotagede, akan tetapi ada yangko juga dapat ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh di Yogyakarta. sama di kawasan Pathuk Jl Gadjahmada, Jl Mataram ataupun pusat oleh-oleh yang tersebar di Yogyakarta.