Jurang Tembelan Jogja -Kota yogyakarta sendiri memiliki banyak sekali objek wisata yang sering dikunjungi oleh para pengunjung lokal maupun turis mancanegara. kota jogja sendiri memang terbilang sangat sukses dalam mengadakan dan mengembangkan kawasan wisata alamnya sendiri, dan daerah Bantul merupakan salah satu gudang dari objek wisata alam tersebut.

Setelah Kabupaten Bantul sendiri mengembangkan beberapa objek wisata seperti objek wisata Hutan Pinus Mangunan, Puncak Mangunan, Puncak becici, dan masih banyak lainnya, pemerintah daerah Bantul mengembangkan objek wisata lainnya yang mempunyai tema alam di kawasan tersebut yaitu tak lain dan tak bukan adalah Jurang Tembelan Kanirogo.

Selayang Pandang Jurang Tembelan Jogja

bagi para wisatawan yang sudah terlalu biasa dengan kegiatan di kota, berwisata alam di kawasan Jurang Tembelan ini dapat menyegarkan dan menyuguhkan pemandangan luas yang sangat menenangkan hati. objek wisata Jurang Tembelan ini juga, para wisatawan akan menyaksikan deretan Pegunungan Sewu dengan aliran air dari Sungai Oyo yang terlihat seperti sedang membelah daratan. Di Jurang Tembelan jogja ini juga mempunyai pemandangan alam yang mempesona yang begitu alami dan tentunya sangat menyegarkan segala pikiran yang datang kesini.

Dengan disediakannya Spot foto berbentuk Perahu Raksasa ini diletakkan menjorok ke arah mulut dari jurang. terdapat juga spot foto yang berbentuk seperti pesawat terbang. mengambil foto di lokasi spot pesawat terbang ini akan menjadikan para wisatawan seolah – olah sedang terbang. Hal ini dikarenakan posisi dari spot foto pesawat ini berada di tepian tebing sehingga apabila difoto dari belakang, para wisatawan seolah – olah terbang dengan menggunakan pesawat. disini disediakan juga spot foto berbentuk seperti sayap kupu – kupu raksasa.

dan juga spot foto ini tergolong baru sebab belum lama dibangun oleh pihak pengelola jurang tembelan ini. Di lokasi dari Jurang Tembelan juga tersedia beberapa tempat selfie yang bisa dimanfaatkan oleh para turis yang datang, sekedar untuk berfoto di tempat tersebut hanya dikenakan biaya sesuka hati kalian. Para wisatawan juga dapat menikmati keindahan dari sunset dan sunrise yang begitu indah pada saat berada di Jurang Tembelan ini. Dan tentunya para turis dapat berkemah di kawasan ini karena pihak pengelola sudah menyediakan area untuk para pengunjung berkemah.

sekarang ini pihak pengelola sudah memperbaiki dan melengkapi berbagai fasilitas yang disediakan di tempat ini. mulai dari tempat duduk dibangun agar para turis dapat bersantai dan menikmati indahnya pemandangan dan segarnya udara yang ada di pegunungan. dan juga tempat makan juga telah disediakan oleh para pihak pengelola sehingga para turis tidak perlu khawatir jika tiba-tiba lapar atau haus.

dan dengan adanya keberadaan tempat wisata ini, akan menambah deretan daftar tempat wisata di Jogja yang sangat menarik. sebab di sekitar jurang tembelan jogja ini juga ada beberapa tempat menarik untuk dikunjungi seperti misalnya Hutan Pinus Dlingo dan tempat wisata Kebun Buah Mangunan. dan mungkin kalian dapat mampir juga ke tempat wisata tersebut . dan juga dapat juga seharian penuh di Jurang Tembelan jogja ini untuk menikmati indahnya sunrise sekaligus sunset.

dengan adanya views indah yang terdapat di kawasan ini sangat mirip dengan pemandangan di Puncak mangunan sebab lokasinya yang berdekatan. Keindahan dari Jurang Tembelan ini sendiri ada pada di gardu pandangnya, sebab dari gardu pandang ini, para turis dapat berfoto dengan latar belakang hijaunya pemandangan alam yang begitu asti dan fresh.

Tempat wisata yang satu ini sudah dibangun banyak sekali spot – spot untuk berfoto. dan dari Spot – spot foto ini mempunyai bentuk yang beragam. dan untuk objek foto yang paling di gemari oleh para pelancong yang datang ke jurang tembelan jogja ini adalah sebuah spot foto yang berbentuk Perahu Raksasa dan juga spot foto inilah yang mengangkat nama dari objek wisata Jurang Tembelan menjadi sangat populer di mata turis lokal maupun turis mancanegara.

Nikmati Sunrise Negeri di Atas Awan dan Spot Sunset 

jurang tembelan jogja

setelah kalian masuk ke kawasan jurang tembelan jogja ini, kalian tidak hanya dapat melihat pemandangan yang menawan dan menyegarkan mata kalian, namun juga dapat merelaksasikan pikiran dari kepenatan akan rutinitas sehari-hari. sebab di kawasan ini dibuka 24 jam, jadi kalian dapat datang lebih awal untuk menyaksikan marahari terbit. dengan mengambil waktu sangat pagi sekali, panorama pegunungan di sana akan benar benar memberikan pemandangan seperti tinggal di negeri di atas awan yang akan dapat membuat kalian terpukau, yang tentunya feed instagram kalian akan banyak terisi oleh foto dan video yang ciamik tentunya,

dengan datang dan mengajak beberapa orang teman, kalian juga dapat menikmati sunset dari kawasan ini. sehingga memang tidak harus ke kawasan pantai di kota Jogja untuk menikmati sinar keemasan matahari yang mulai tenggelam ke arah barat. hanya dengan berada disini saja sepanjang hari, sampai waktu matahari terbenam tiba. Coba kalian sendiri menikmati bersama orang tersayang? Pasti akan terasa sungguh romantis bukan?

Lokasi Jurang Tembelan

untuk lokasi dan akses jalan menuju Jurang Tembelan ini sudah layak dan bagus untuk dilewati oleh para wisatawan yang ingin datang kemari. Lokasi dari Jurang Tembelan ini sendiri lumayan jauh dengan pusat kota jogja ya teman.

untuk lokasi dan alamat lengkap dari Jurang Tembelan ini beralamatkan di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Jurang Tembelan

Untuk rute perjalanan menuju Jurang Tembelan ini sangatlah mudah untuk dijangkau. apabila kalian dari arah  pusat Kota Yogyakarta, jalan saja ke arah Timur menuju Jalan Pangurakan, setelah itu ke arah selatan melewati Jalan Brigjend Katamso, kemudian lurus terus sampai di perempatan ke arah timur menuju Jalan Kolonel Sugiyono, jika sudah di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja,

ambil lurus terus ke Jalan Imogiri Barat, setelah itu bertemu pertigaan ke arah timur melewati Jalan Bakulan Imogiri, lalu lurus terus melewati Jalan Makan Raja, sampai kemudian bertemu pertigaan ke arah selatan menuju Jalan Imogiri – Dlingo, lurus terus sampai di perempatan kebun buah Mangunan ke arah selatan, ikuti terus jalan yang ada hingga kalian akan sampai di Jurang Tembelan jogja.

untuk waktu perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta ke Jurang Tembelan lumayan jauh yaitu sekitar 22 Kilometer dan waktu yang harus ditempuh dengan normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Jurang Tembelan sekitar kurang lebih 49 menit.

Harga Tiket

Untuk dapat menikmati spot foto ini karena tergolong baru karena belum lama dibangun. Di Jurang Tembelan juga terdapat beberapa tempat untuk berfoto selfie yang bisa dimanfaatkan oleh para turis, dan jika ingin berfoto foto di tempat tersebut hanya dikenakan biaya semau kalian saja.