Kalibiru Jogja – Kota Yogyakarta dijuluki sebagai kota pariwisata oleh para turis. Dikarenakan sudah banyak yang mengenal kota ini sebagai kota wisata sejak zaman dahulu kala. Dengan dikenal sebagai kota wisata budayanya, Kota Yogyakarta terus dan selalu mengembangkan wilayahnya sebagai kota pariwisata. Dan tentunya sudah banyak sekali objek wisata di Yogyakarta dan sekitarnya yang sangat begitu sayang sekali untuk kalian dilewatkan begitu saja, jika berkunjung ke kota keraton ini.

Tentunya tidak hanya menikmati keindahan dari wisata budaya kota jogja saya, kalian juga dapat menikmati berbagai macam wisata alam di kota Yogyakarta yang tentunya tidak kalah seru. Kalau di gunung kidul ada tebing breksi, di Kulon Progo ada wisata Kalibiru.

Objek wisata Kalibiru sendiri merupakan sebutan dari nama hutan yang diolah oleh pemerintah dan warga setempat menjadi tempat wisata alam yang begitu ikonik dan menarik untuk dikunjungi. Di hutan kalibiru ini memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 450 mdpl dan berupa kawasan perbukitan yang begitu subur.

Obejk wisata Kalibiru ini dikelola oleh pemerintah dan para penduduk setempat sebagai wisata alam yang menarik. Tentunya ada banyak sekali hal yang bisa kalian lakukan di wisata alam Kalibiru jogja ini.

Dan kemungkinan dari kalian sendiri ada yang ingin atau mungkin juga tertarik, dan penasaran dengan wisata alam yang satu ini. Tetapi sebelum kalian menuju ke sana, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui seputar wisata alam Kalibiru ini, dan disini hallojogja.com suda merangkum beberapa hal yang harus kalian ketahui tentang wisata kalibiru ini. yuk simak semuanya

Asal Muasal Wisata Alam Kalibiru

kalibiru jogja

Objek Wisata alam Kalibiru ini dibangun karena dasar inisiatif dan kreatifitas dari para penduduk sekitar yang berkeinginan agar hutan tersebut tetap tumbuh hijau, sejuk, dan tentunya lestari. Tentunya pengembangan wisata alam ini tidak terlepas dari proses yang begitu panjang dari upaya penduduk di sekitar hutan untuk memulihkan keadaan hutan yang dulunya begitu tandus dan gersang.

Untuk pembangunan dari objek wisata alam Kalibiru ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pemanfaatan jasa lingkungan yang tersedia. jadi, salah satu daya tarik kawasan wisata alam ini adalah bentang alamnya yang begitu asri.

Dan tentunya adalah harmonisasi yang sangat klop antara hijaunya hutan dengan hamparan bukit yang begitu luas, membuat pemandangan alamnya sangat indah dan mempesona untuk dilihat mata.

Akses Menuju Wisata Alam Kalibiru

kalibiru jogja

Untuk Lokasi dari Wisata alam Kalibiru ini ada di kawasan Kulon Progo, Yogyakarta. Dan untuk lokasi tepatnya terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Jika dihitung dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya kurang lebih sekitar 40 kilometer.

Dan perjalanan menuju kalibiru jogja ini harus dilewati melalui jalanan yang menanjak dan cukup berliku, benar-benar butuh kosentrasi diperjalanan. Kalian dianjurkan untuk menggunakan kendaraan yang cukup kuat, agar perjalanan menjadi lebih lancar. Dan agar dapat mencapai ke tempat wisata alam Kalibiru jogja ini,  ada beberapa contoh rute perjalanan yang bisa dipilih, seperti:

1. Rute Sermo

Untuk yang pertama ada rute sermo. Rute ini banyak dipilih oleh para turis dikarenakan dalam perjalanannya akan dijumpai pemandangan waduk sermo yang begitu indahnya.Perjalanan pun akan terasa  lebih menyenangkan. Dan agar dapat menuju ke Kalibiru dengan melalui rute ini, kalian bisa melewati daerah Sentolo, lalu ke Pengasih. Dan dari sana, lanjut kearah alun-alun Wates – RSUD Wates – Beji – Sermo. apabila sudah melalui itu semua, kalian bisa ke kalibiru.

2. Rute Clereng

Untuk rute yang kedua ini bisa menggunakan rute clereng. Dengan menggunakan rute ini untuk menuju ke Kalibiru akan lebih cepat daripada menggunakan rute yang pertama. Karena pada rute ini tidak didapati tanjakan atau likuan yang parah seperti pada rute sermo. Dan agar bisa menggunakan rute ini, kalian bisa menuju Sentolo, lalu ke arah Pengasih. apabila sudah mendapati perempatan Pengasih, belok kearah kanan (menuju Clereng). Lalu langsung saja ikuti rute tersebut untuk menuju ke Kalibiru. Disana terdapat penunjuk jalan, jadi kalian tidak perlu takut tersesat.

3. Rute Kota

Untuk rute yang satu ini, merupakan rute yang paling jarang sekali digunakan oleh para turis, karena jarang ada turis dari arah Malioboro yang menuju ke Kulon Progo. Akan tetapi jika kalian sedang berada di Malioboro dan ingin pergi ke Kulon Progo, kalian bisa mengambil jalur Purworejo. Dengan cara ikuti jalan sampai di terminal Wates. Lalu sampai di terminal, ikuti petunjuk jalan untuk menuju ke waduk Sermo. Apabila sudah di Sermo, ikuti terus rute menuju ke Kalibiru.

Fasilitas di Wisata Alam Kalibiru

Untuk Fasilitas wisata alam Kalibiru yang disediakan oleh pengurus objek wisata kalibiru sudah terbilang semakin baik, dan tentunya terawat, dan lengkap. Kalian dapat menginap di sini, dikarenakan terdapat homestay di dalam wilayah kalibiru. Dan juga terdapat fasilitas umum lainnya yang dapat kalian gunakan seperti toilet dan kamar mandi sudah cukup banyak, bersih, dan tentunya sangat terawat.

Teruntuk kalian yang membawa kendaraan pribadi, kalian dapat memarkirkan kendaraannya di lahan parkir yang telah disediakan dan tentunya cukup luas. Untuk parkirnya sendiri sudah mampu menampung sepeda motor dengan jumlah yang cukup banyak. Akan tetapi untuk parkir mobil masih belum mencukupi untuk menampung banyak kendaraan.

Cara Menikmati Wisata Alam Kalibiru

Untuk kalian yang berencana untuk berlibur ke objek wisata alam Kalibiru, ada cara tertentu untuk dapat menikmati keindahan alam di Kalibiru ini. kalian datang ke Kalibiru pastinya berdasarkan dengan rekomendasi dari teman atau dari media sosial bukan?. dengan nuansa alam yang sangat menakjubkan di media sosial, menjadikan kalian semakin tertarik untuk berkunjung ke kaliburu jogja ini.

yang penting pilihlah waktu yang sangat tepat untuk berkunjung ke kalibiru. Kalian bisa mencoba berkunjung ke Kalibiru di saat musim hujan atau setelah musim penghujan. Sebab, pada saat itulah objek wisata alam Kalibiru dalam kondisi yang begitu hijau. Dan juga, waktu yang tepat adalah ketika menjelang senja atau pada saat sore hari.

Kalian akan Melihat sang mentari terbenam yang begitu indah di objek wisata alam Kalibiru ini. Atau kalian dapat juga menginap dan menikmati matahari terbit di wisata alam Kalibiru ini. tentunay tidak kalah dengan indahnya sunrise di Bromo, loh. Dan juga, ada beberapa cara lain yang dapat kalian coba untuk menikmati indahnya wisata alam Kalibiru ini, seperti:

1. Melihat Keindahan Alam dari Menara Pandang

Cara yang pertama adalah, di wisata alam Kalibiru jogja ini kalian akan menemukan banyak pohon pinus yang menjulang tinggi di tepi jurang. Disana telah terpasang papan kayu lengkap dengan tangga gantungnya. kalian dapat menikmati indahnya bentang alam dari Menara Pandang ini. Kalian akan mendapati indahnya pemandangan pegunungan Menoreh dan Waduk Sermo yang terlihat dari kejauhan.

2. Flying Fox dan High Rope

Untuk Cara yang kedua kalian bisa sambil memacu adrenalin, loh. yups, kalian bisa mencoba wahana seperti outbond  kemudian high rope dan tentunya flying fox.

3. Trekking

Untuk cara yang ketiga kalian bisa melakukan trekking, di sini terdapat beberapa jalur trekking yang dapat kalian telusuri. Dan juga tersedia beberapa pilihan jalur trekking dengan beberapa rute dan panjang jalur yang bisa disesuaikan. Untuk jarak dekatnya sekitar dua sampai tiga kilometer, dan untuk jarak jauhnya sekitar empat sampai lima kilometer.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata asli kulon progo yang satu ini?