Kuliner Jogja Malioboro – kota yogyakarta, kota dengan banyak sekali objek wisata dengan selalu mempertahankan budayanya sampai saat ini. dan juga  salah satu kota yang diakui oleh dunia sebagai salah satu tempat paling istimewa dihati para turis lokal maupun para turis dari internasional, yang juga ternyata menyimpan banyak sekali tempat wisata kuliner yang dapat dibilang sangat enak dan tidak ada duanya.

tentunya harus kalian coba kalau liburan ke kota yang terkenal dengan oleh-oleh khasnya yaitu Bakpia dan gudegnyaMari kita berkenalan dengan beberapa tempat kuliner jogja Malioboro. tidak hanya terenak, tempatnya juga cukup hype dan kurang lengkap apabila tidak memanfaatkan momen liburan ini kedalam akun sosial media kalian.

1. Gudeg Yu Djum

gudeg

Kuliner Gudeg yang adalah kuliner nomor satu yang harus kalian coba jika berlibur  ke kota Yogyakarta. kuliner khas kota jogja ini dapat tergolong rasanya manis dengan racikan bumbu khas dan cara memasaknya juga sangat begitu khas yaitu mengunakan perapian tungku. yang dimana setiap emperan di sepanjang jalan Malioboro sangat banyak sekali para penjual gudeg yang rasanya dapat terbilang sangat enak. kalian juga bisa cek ulasan dari kuliner malam jogja,

namun demikian ada satu Gudeg Mercon yang sangat lezat di Yogyakarta, khususnya di kawasan jalan Malioboro yang tak lain dan tak bukan adalah Gudek Yu Djum.  beralamatkan di Jalan Dagen no 2C Malioboro, tidak sulit untuk mengunjungi tempat ini. sebab Gudeg Yu Djum mempunyai banyak cabang Gudeg di Yogyakarta. dan juga sambil menikmati satu porsi Gudeg yang dibandrol dengan harga sekitar 7000 – 35000 ini, kalian dapat sambil menikmati keramaian dari kota Yogyakarta.

2. Lumpia Samijaya

dan juga selain terkenal dengan kota Gudeg, kota jogja tidak kalah saling memanjakan lidah para pelanggan dengan lumpia nya yang sangat enak. tentunya tidak perlu jauh-jauh berkeliling kota Yogya untuk dapat mencicipi kuliner yang digoreng ini, kalian dapat datang langsung ke Malioboro tepatnya tidak jauh dari lokasi Halte Trans Yogya- Malioboro 2.

Lumpia Sanjaya sendiri sudah sangat terkenal dengan rasanya yang sangat gurih dan lezat tidak mengecewakan seberapa banyak pun porsinya. kalian dapat memilih lumpia sesuai selera kalian seperti hanya sayur, ayam atau jumbo. dengan penyajian yang cukup komplit dengan acar, potongan timun dan cabe, kalian sudah dapat menikmati kuliner khas kota jogja ini dengan harga kurang lebih sekitar 3 rupiah per potong. dan agar dapat menghindari antrian panjang, sebaiknya kalian datang lebih awal ya.

3. Soto Ayam 61

kuliner jogja malioboro

dan tentunya masih ada lagi kuliner jogja malioboro yang tidak kalah menarik untuk kalian coba. yang satu ini merupakan makanan terfavorit di kota Yogya dapat kalian temui di Malioboro. Soto ayam 61 dapat dibilang sebagai soto yang paling enak di kawasan Malioboro. makanan turun temurun sejak tahun 1976 ini, bertempat tidak jauh dari Ramai Mall. Kuliner soto yang terus mempertahankan cita rasanya itu, disajikan dengan sangat baik dan juga dengan tambahan dari sohun, suwiran ayam, seledri, telur dan lainnya.

dan untuk harga dari satu porsi soto komplit dapat dibeli dengan membayarkan uang sekitar 11 ribu rupiah saja. tidak hanya harganya yang murah meriah dan enak,  soto bening ini menyediakan beberapa pendamping seperti sate-satean, telur kecap, sampai gorengan yang dapat menjadikan kalian ketagihan untuk meraihnya terus-menerus kedalam mangkuk.

4. Bebek Goreng Lesehan Terang Bulan

eits, terang bulan ini bukan sebuah martabak khas bangka ya. Ini adalah sebuah warung lesehan yang menjual beraneka ragam menu khusus untuk lesehan, salah satunya adalah kuliner bebek goreng. tentunya disini siapa yang tidak suka dengan bebek? tentu saja bebek goreng yang satu ini merupakan yang harus kalian cicip di Malioboro. tak sulit menemukan lesehan yang terkenal dengan menu gorengnya yang terletak di depan toko Terang Bulan.

Kuliner Bebek goreng yang empuk disuguhkan lengkap dengan tambahan sambalnya plus lalapan selada, sangat begitu enak dimakan dengan nasi panas. tidak hanya bebek gorengnya yang sangat lezat, banyak menu lain yang juga direkomendasikan seperti burung dara goreng. dan tak bisa diragukan lagi sambalnya sangat pas untuk dimakan bersamaan dengan menu bebek goreng yang kalian pesan.

5. Gado-gado Bu Hadi

kuliner jogja malioboro

tentunya tak lengkap rasanya apabila kalian melewati gado-gado Bu Hadi sebagai list menu makan siang kalian di Malioboro. Kuliner khas seperti Gado-gado ini sudah ada sejak tahun 1952 dengan citra rasa yang tentunya tidak diragukan lagi kelezatanya karena sangat ramai dengan para pelanggan. gado-gado Bu Hadi ini bertempat di dalam pasar Beringharjo lantai 2.

dengan adanya campuran dari kesegaran sayuran dan gurihnya bumbu kacang adalah hal yang paling sederhana membuat gado-gado ini menjadi yang paling favorit di kawasan malioboro. dan juga di juluki sebagai gado-gado paling legenda di kota Yogyakarta, juga menjadi kuliner paling rekomen dengan menu paling andalan lainnya seperti adanya lotek, kupat tahu, dan es kopyor. Kuliner Gado-gado Bu Hadi buka setiap hari pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 15.00 sore.

6. Pecel Pincuk

kuliner jogja malioboro

yang berikutnya ada pecel pincuk, merupakan salah satu kuliner jogja malioboro paling populer, jadi sangat Rugi apabila kalian belum mencobanya. kuliner Pecel pincuk merupakan salah satu kuliner terenak selain sate yang selalu dijual dengan harga yang terbilang cukup mahal. namun rasanya tidak akan mengecewakan. apabila pecel ini mengecewakan, nasi pecel yang satu ini tentunya tidak akan dikunjungi oleh banyak turis lokal maupun turis dari mancanegara.

Untuk lokasi dari Pecel pincuk yang paling enak di sekitar Maliobroro ini terletak persis di depan lokasi dari pasar Beringharjo. tentunya tak mengherankan apabila para pelanggan sedikit kesusahan sebab tempatnya sebagai aktifitas lalu lalang oleh para pelanggan lainnya. namun demikian ini tak menjadi halangan pelanggan untuk mencicipinya.kalian bisa coba pesan satu porsi pecel dengan adanya tambahan mie, telur puyuh dan aneka gorengan. dapat mengisi perut kalian yang sedang keroncongan.

7. Nasi Goreng Beringharjo

kuliner jogja malioboro

Yang terakhir ini ada Nasi goreng Beringharjo yang adalah salah satu nasi goreng terenak yang berlokasi di dua tempat. apabila kalian ingin pergi ke lokasi yang tidak jauh dari jalan Malioboro, kalian dapat menikmati kuliner ini pada malam hari di pertigaan sebelah kiri jalan menuju Pasar Beringharjo. tentunya diinginkan oleh banyak pecinta kuliner sebagai nasi goreng legendaris kota jogja sejak tahun 1960-an.

dengan gabungan dari budaya jawa dan cina, nasi goreng yang satu ini dibumbui dengan kecap, telur atau daging ayam dan ditambah dengan adanya irisan bawang merah dan cabai mentah. tentunya sangat pas dan cocok untuk kalian para pecinta kuliner pedas.

yakali men, gak perlu dengan sekali gigitan, cabe hijau akan naik ke ubun-ubun kalian dengan sensasi pedasnya yang dapat membuat kalian mati rasa dan gaya. tak perlu menghindari antrian panjang untuk mencicipi nasi goreng ini, sebab nasi goreng sudah dimasak dalam jumlah yang cukup besar.