Kuliner Jogja Murah – untuk kalian nih, para anak kost dan para bugdet traveller, kalian wajib datang dan mengunjungi beberapa tempat makan yang menyajikan kuliner yang lezat dan tentunya murah meriah, yuk simak semua ulasannya.

1. Mie Ayam Bu Tumini

Untuk kalian para penggemar mi ayam, kalian wajib mencoba Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu yang sudah berdiri sejak sekitar tahun 1990. salah satu kuliner wajib jogja legendaris di Jogja ini begitu istimewa sebab menggunakan mi yang dibuat sendiri. jika dihitung sehari, pembuat mi menghabiskan terigu sampai dengan 70 kilogram untuk membuat adonan. tidak hanya mi yang kenyal, kuahnya kental dan gurih sebab bercampur dengan bumbu ayamnya.

Terdapat berbagai menu mi ayam yang dapat kalian pesan di Mie Ayam Bu Tumini, yaitu mi ayam ceker, mi ayam jumbo, sampai dengan mi dengan tambahan ekstra ayam. Tempat makan yang satu ini berlokasi di Jalan Imogiri Timur No 187, Umbul Harjo ini menjual satu porsi mi ayamnya mulai dari kisaran harga Rp8.000 saja. simak juga nih wisata kuliner jogja.

2. Gudeg Mbah Lindu

Berlibur ke Jogja tidak akan lengkap rasanya tanpa menyantap gudeg. Karena merupakan kuliner khas, gudeg bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai sudut Kota Jogja. Bagi kamu sedang berada di kawasan Sosrowijayan, jangan lupa mampir ke Gudeg Mbah Lindu yang sudah berjualan sejak sebelum zaman penjajahan Jepang.

Nama gudeg ini diambil dari pemiliknya, mbah Lindu yang sekarang sudah berusia hampir seratus tahun. Sejak dulu, mbah Lindu sendirilah yang meracik bumbu dan mengolah gudeg. Resep masakan pun tidak pernah berubah demi mempertahankan cita rasa asli. Bahkan, jenis lauk yang disediakan masih sama yaitu gudeg, krecek, tahu, tempe, dan telur ayam.

Satu porsi gudeg yang dibuat mbah Lindu dijual dengan harga sekitar Rp15.000 – Rp20.000. Jika ingin mencoba gudeg ini, kamu bisa pukul 05:00 – 10:00 setiap harinya. Datanglah lebih pagi agar kamu tak kehabisan gudeg dengan rasa yang juara ini!

3. Sego Godog Pak Pethel

Dalam bahasa Indonesia, “sego godog” memiliki arti nasi rebus. Nama ini memang sesuai dengan cara penyajian hidangannya. Nasi disajikan dalam mangkuk, lalu disiram dengan kuah yang gurih. Sebagai tambahan, nasi godog juga disajikan dengan daging ayam suwir, telur, kubis, wortel, dan taburan seledri.

Di Sego Godog Pak Pethel, kamu juga bisa memesan berbagai menu lain seperti nasi goreng, bakmi godog, dan bakmi goreng. Setiap harinya, kuliner legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1986 ini buka pukul 19:00 – 00:00. Jika tertarik untuk mencicipinya, kamu bisa datang ke kawasan Pendowoharjo, Sewon, Bantul.

4. Bakso Bethesda 74

kuliner jogja murah

Bakso telah menjadi salah satu kuliner paling populer di Indonesia. Rasanya, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki bakso dengan ciri khasnya masing-masing. Nah, di Jogja kamu bisa menemukan bakso enak di Bakso Bethesda 74. Sudah ada tiga cabang Bakso Bethesda 74 di Jogja, yakni di Jalan Jagalan No 41, Jalan Gondosuli No 5, dan di food court Ambarrukmo Plaza.

Bakso legendaris di Jogja ini cukup populer karena kabarnya sudah berdiri sejak 1974. Setiap bakso di sini dibuat menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga kualitas rasanya. Selain itu, Bakso Bethesda 74 juga sudah mendapatkan label dari MUI sehingga sudah terjamin kehalalannya. Apabila ingin berkunjung, datanglah pukul 10:00 – 14:00 setiap harinya.

5. Brongkos Bu Rini

kuliner jogja murah

Untuk kalian yang belum tahu, berongkos atau yang lebih sering disebut brongkos terdiri dari sayur dan lauk kacang yang disajikan dengan kuah santan. Tidak ketinggalan cabai rawit yang dibiarkan utuh saat proses memasak brongkos,sehingga ada sedikit rasa pedas.

dan juga dari sekian banyak penjual brongkosdi Jogja, salah satu yang paling populer adalah kuliner dari Brongkos Bu Rini karena sudah berdiri sejak 1973. yang juga, kabarnya brongkos khas ibu Rini ini merupakan salah satu makanan favorit Sultan Jogja. jika kalian ingin mencoba hidangan istimewa ini, kalian bisa langsung datang ke Kampung Taman, Patehan, Kraton.

6. Pecel Pincuk

yang berikutnya ada pecel pincuk, merupakan salah satu kuliner jogja murah paling populer, jadi sangat Rugi apabila kalian belum mencobanya. kuliner Pecel pincuk merupakan salah satu kuliner terenak selain sate yang selalu dijual dengan harga yang terbilang cukup mahal. namun rasanya tidak akan mengecewakan. apabila pecel ini mengecewakan, nasi pecel yang satu ini tentunya tidak akan dikunjungi oleh banyak turis lokal maupun turis dari mancanegara.

Untuk lokasi dari Pecel pincuk yang paling enak di sekitar Maliobroro ini terletak persis di depan lokasi dari pasar Beringharjo. tentunya tak mengherankan apabila para pelanggan sedikit kesusahan sebab tempatnya sebagai aktifitas lalu lalang oleh para pelanggan lainnya. namun demikian ini tak menjadi halangan pelanggan untuk mencicipinya.kalian bisa coba pesan satu porsi pecel dengan adanya tambahan mie, telur puyuh dan aneka gorengan. dapat mengisi perut kalian yang sedang keroncongan.

7. Nasi Goreng Beringharjo

Yang satu ini ada Nasi goreng Beringharjo yang adalah salah satu nasi goreng terenak yang berlokasi di dua tempat. kuliner jogja murah apabila kalian ingin pergi ke lokasi yang tidak jauh dari jalan Malioboro, kalian dapat menikmati kuliner ini pada malam hari di pertigaan sebelah kiri jalan menuju Pasar Beringharjo. tentunya diinginkan oleh banyak pecinta kuliner sebagai nasi goreng legendaris kota jogja sejak tahun 1960-an.

dengan gabungan dari budaya jawa dan cina, nasi goreng yang satu ini dibumbui dengan kecap, telur atau daging ayam dan ditambah dengan adanya irisan bawang merah dan cabai mentah. tentunya sangat pas dan cocok untuk kalian para pecinta kuliner pedas.

yakali men, gak perlu dengan sekali gigitan, cabe hijau akan naik ke ubun-ubun kalian dengan sensasi pedasnya yang dapat membuat kalian mati rasa dan gaya. tak perlu menghindari antrian panjang untuk mencicipi nasi goreng ini, sebab nasi goreng sudah dimasak dalam jumlah yang cukup besar.

8. Ayam Goreng Mbah Cemplung

kuliner jogja murah

jika kalian ada di kaki Gunung Sempu, tepatnya di daerah Sembungan, Kasihan, kecamatan Bantul, ada sebuah rumah makan bernama Ayam Goreng Mbah Cemplung. dengan desain dari bangunannya terkesan klasik dengan lantai plesteran semen yang menambah kesan kuno.

tentunya tak hanya suasana yang menarik, kuliner jogja murah yang satu ini menyediakan berbagai macam menu makanan yang lezat. Disini disediakan menu Ayam Goreng Mbah Cemplung terkenal akan dagingnya yang empuk dan gurih. dan lagi tambahdengan nasi putih hangat, lalapan, dan sambal, kalian tentunya akan ketagihan dengan hidangan seharga sekitar Rp30.000 ini.

9. Es Buah PK

kuliner jogja murah

Berikutnya di kuliner jogja murah ada es buah pk, apabila kalian merasa lelah usai berjelajah di semua kota Jogja, kalian dapat mampir ke Jalan Pakuningratan, Cokrodiningratan, Jetis untuk dapat menjajal minuman segar di Warung Es Buah PK. salah satu menu minuman ini terbilang legendaris karena sudah berdiri sejak 1973. cukup dengan bayar sekitar Rp8.000, kalian bisa menikmati semangkuk es buah yang berisi nangka, cincau hitam, sawo, kelapa muda, alpukat, sirup, susu cokelat, dan es serut.

tentunya tidak hanya es buah, warung ini juga menyediakan bakso daging sapi yang dapat kalian santap dengan bayar sekitar Rp10.000 per porsi. terkhusus menu bakso, kalian hanya bisa membelinya di cabang Jalan Kyai Mojo dan Jalan Godean.