Kuliner Legendaris Jogja – Kota jogja sendiri adalah kota yang tidak bisa benar-benar dilupakan. dengan suasana yang diberikan terlalu romantis dan keramahan warganya begitu menghipnotis.  menjadikan tak salah apabila banyak yang suka mengutip kalimat sakti Joko Pinurbo, ‘Jogja terbuat dari rindu, pulang dan angkringan.’

tentunya rasanya rindu banget dan kepengen pulang kalau mendengar kata Jogja. yang mana rumahnya nggak di Jogja ya. wkwkw. tidak hanya karena suasananya yang romantis, kota jogja juga memberikan kenangan yang kuat akan kenikmatan dari berbagai macam jenis kulinernya.

Dengan berbagai macam jenis cita rasa kuliner Jogja nan sederhana inilah yang senantiasa membuat diri ini rindu dan bikin baper. terdapat banyak sekali kuliner mblusuk nan legendaris yang bikin kalian semua selalu menelan ludah ketika mendengar namanya

1. Gudeg Yu Djum

kuliner legendaris jogja

Kuliner Gudeg yang adalah kuliner nomor satu yang harus kalian coba jika berlibur  ke kota Yogyakarta. kuliner legendaris jogja ini dapat tergolong rasanya manis dengan racikan bumbu khas dan cara memasaknya juga sangat begitu khas yaitu mengunakan perapian tungku. yang dimana setiap emperan di sepanjang jalan Malioboro sangat banyak sekali para penjual gudeg yang rasanya dapat terbilang sangat enak.

namun demikian ada satu Gudeg Mercon yang sangat lezat di Yogyakarta, khususnya di kawasan jalan Malioboro yang tak lain dan tak bukan adalah Gudek Yu Djum.  beralamatkan di Jalan Dagen no 2C Malioboro, tidak sulit untuk mengunjungi tempat ini. sebab Gudeg Yu Djum mempunyai banyak cabang Gudeg di Yogyakarta.

dan juga sambil menikmati satu porsi Gudeg yang dibandrol dengan harga sekitar 7000 – 35000 ini, kalian dapat sambil menikmati keramaian dari kota Yogyakarta

2. Sate Klatak Pak Bari

kuliner legendaris jogja

Merupakan kuliner legendaris jogja, Sate Klatak Pak Bari sudah berdiri sejak sebelum tahun 1945. Sate klatak sendiri merupakan sate kambing muda usia 8 – 9 bulan yang empuk dan dibumbui dengan garam. Selain berkat cita rasa sate yang lezat, kuliner di Jogja yang satu ini semakin terkenal setelah muncul di film Ada Apa dengan Cinta 2 (2016).

Bagi yang penasaran menikmati satu porsi hidangan ini, kamu hanya perlu siapkan sekitar Rp20.000. Satu porsi sate klatak berisi dua tusuk sate kambing muda matang yang empuk, sepiring nasi, gulai, dan minum. Dengan harga yang terjangkau, kamu sudah bisa puas bersantap!

3. Mangut Lele Mbah Marto

kuliner legendaris jogja

Mangut lele banyak dijual di Jogja karena merupakan salah satu kuliner legendaris jogja. Nah, salah satu penjual mangut lele paling enak yang bisa kamu datangi adalah Mangut Lele Mbah Marto di Jalan Parangtritis KM 6,5, Dusun Sewon, Panggungharjo, Bantul. Tempat makan satu ini terbilang legendaris karena sudah buka sejak sekitar tahun 1945.

Mangut lele merupakan lele yang diasap, lalu dimasak menggunakan kuah santan kuning. Keunikan di Mangut Lele Mbak Marto adalah kamu harus masuk ke tempat proses masak berlangsung untuk bisa menikmati hidangan. Di dapur ini, kamu pun bisa mengambil sendiri nasi dan lauk pauk yang disediakan. Sediakan uang sekitar Rp20.000 untuk makan di tempat yang buka pukul 09:00 – 16:00 setiap harinya ini.

4. Bakmi Mbah Mo

kuliner legendaris jogja

Di daerah Desa Code, tepatnya di Jalan Parangtritis KM 11, terdapat sebuah tempat makan legendaris bernama Bakmi Mbah Mo. Lokasinya cukup tersembunyi karena terletak di tengah desa. Setelah menyusuri jalan, rasa lelah kamu akan terbayar dengan menikmati Bakmi Mbah Mo. Cita rasa hidangan di tempat makan yang buka pukul 17:00 – 23:00 setiap harinya ini tidak pernah berubah sejak sekitar 30 tahun yang lalu. coba juga wisata kuliner jogja.

Di sini, setiap pesanan bakmi akan dimasak satu per satu di atas tungku berisi arang yang membara  sehingga menghasilkan aroma khas. Untuk masakan sendiri, Bakmi Mbah Mo menggunakan campuran telur bebek untuk menambah rasa gurih. Ada tiga macam bakmi yang bisa kamu pesan, yakni bakmi goreng, rebus, dan nyemek (sedikit kuah). Dari ketiga menu tersebut, mana yang akan kamu coba terlebih dahulu?

5. Gudeg Mbah Lindu

kuliner legendaris jogja

Berlibur ke Jogja tidak akan lengkap rasanya tanpa menyantap gudeg. Karena merupakan kuliner khas, gudeg bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai sudut Kota Jogja. Bagi kamu sedang berada di kawasan Sosrowijayan, jangan lupa mampir ke Gudeg Mbah Lindu yang sudah berjualan sejak sebelum zaman penjajahan Jepang.

Nama gudeg ini diambil dari pemiliknya, mbah Lindu yang sekarang sudah berusia hampir seratus tahun. Sejak dulu, mbah Lindu sendirilah yang meracik bumbu dan mengolah gudeg. Resep masakan pun tidak pernah berubah demi mempertahankan cita rasa asli. Bahkan, jenis lauk yang disediakan masih sama yaitu gudeg, krecek, tahu, tempe, dan telur ayam.

Satu porsi gudeg yang dibuat mbah Lindu dijual dengan harga sekitar Rp15.000 – Rp20.000. Jika ingin mencoba gudeg ini, kamu bisa pukul 05:00 – 10:00 setiap harinya. Datanglah lebih pagi agar kamu tak kehabisan gudeg dengan rasa yang juara ini!

6. Angkringan Lik Man

Jogja tak terlepas dari berderet angkringan yang sudah melegenda. Dari sekian banyak angkringan, salah satu yang paling populer di kalangan warga dan wisatawan adalah Angkringan Lik Man. kuliner legendaris jogja yang satu ini Berdiri sejak tahun 1960, Angkringan Lik Man bisa dibilang menjadi salah satu pelopor angkringan di Jogja.

Menu andalannya adalah Kopi Joss, yakni segelas kopi hitam yang disajikan dengan tambahan arang membara. Sebagai pelengkap minum kopi, kamu bisa menikmati sate usus, sate telur puyuh, dan gorengan. Tertarik nongkrong di Angkringan Lik Man? Kamu bisa langsung datang ke Jalan Wongsodirjan, Gedongtengen, Sosromenduran. Semakin malam, wisata kuliner ini akan semakin ramai pengunjung.

7. Bakso Bethesda 74

Bakso telah menjadi salah satu kuliner paling populer di Indonesia. Rasanya, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki bakso dengan ciri khasnya masing-masing. Nah, di Jogja kamu bisa menemukan bakso enak di Bakso Bethesda 74. Sudah ada tiga cabang Bakso Bethesda 74 di Jogja, yakni di Jalan Jagalan No 41, Jalan Gondosuli No 5, dan di food court Ambarrukmo Plaza.

kuliner legendaris jogja ini cukup populer karena kabarnya sudah berdiri sejak 1974. Setiap bakso di sini dibuat menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga kualitas rasanya. Selain itu, Bakso Bethesda 74 juga sudah mendapatkan label dari MUI sehingga sudah terjamin kehalalannya. Apabila ingin berkunjung, datanglah pukul 10:00 – 14:00 setiap harinya.

8. Nasi Goreng Beringharjo

Yang terakhir ini ada Nasi goreng Beringharjo yang adalah salah satu nasi goreng terenak yang berlokasi di dua tempat. apabila kalian ingin pergi ke lokasi yang tidak jauh dari jalan Malioboro, kalian dapat menikmati kuliner ini pada malam hari di pertigaan sebelah kiri jalan menuju Pasar Beringharjo. tentunya diinginkan oleh banyak pecinta kuliner sebagai nasi goreng legendaris kota jogja sejak tahun 1960-an.

dengan gabungan dari budaya jawa dan cina, nasi goreng yang satu ini dibumbui dengan kecap, telur atau daging ayam dan ditambah dengan adanya irisan bawang merah dan cabai mentah. tentunya sangat pas dan cocok untuk kalian para pecinta kuliner pedas.