Makan Siang di Jogja – disini selain dari wisata budaya dan alam, kota Jogja juga dikenal memiliki banyak seklai jenis kuliner yang khas. kalian dapat menemukan banyak angkringan dan para penjual gudeg di setiap sudut kota. dan juga lagi berbagai restoran dan kafe yang juga memberikan dan menawarkan menu lezat dan membuat siapa saja ketagihan dengan rasanya.

apabila dalam waktu dekat ini kalian datang berkunjung, cobalah meluangkan waktu untuk berwisata kuliner di kota jogja, dan mencoba untuk makan siang di jogja. mudah kok untuk mencari tempat makan jogja, kalian hanya perlu simak dan cermati saja.

1. The Manglung Café

makan siang di jogja

yang pertama ini ada the manglung cafe, Salah satu keistimewaan tempat makan siang di jogja ini terletak pada lokasinya, yaitu berada di dataran tinggi Gunung Kidul, tepatnya di Jalan Ngoro Ngoro Ombo No 16, Patuk.

dan jika dari ketinggian The Manglung Café, kalian dapat melihat indahnya pemandangan Kota jogja. dengan adanya lampu-lampu kota pun akan membuat suasana di malam hari semakin romantis.

tempat makan siang di jogja yang satu ini mempunyai konsep outdoor dengan dominasi kayu antik. tersedia juga spot khusus dari rantai dedaunan berbentuk hati yang kerap dijadikan tempat untuk berfoto. dan di setiap harinya, The Manglung Café buka pukul 12:00 – 22:00. dan untuk hari Minggu dan hari libur, tempat makan siang di Jogja ini buka lebih awal pada pukul 11:00.

disediakannya banyak jenis makanan dan minuman hangat siap disajikan untuk menemani kalian selagi menikmati pemandangan khas dataran tinggi. Menu Bakmi dan nasi goreng adalah menu andalan The Manglung Café. tersedia juga menu makanan ringan yang dapat dicoba, yaitu tahu kemul, sandwich, dan masih banyak lagi.

2. Warung Sawah Gondang Legi

makan siang di jogja

untuk kalian yang mengunjungi kawasan Sleman, kalian dapat mampir ke Warung Sawah Gondang Legi di Jalan Gito Gati, Dusun Gondanglegi, Ngaglik. berlokasi di tengah persawahan, tempat makan siang di Jogja ini mempunyai suasana asri khas pedesaan dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata.

dengan bangunan yang kental akan nuansa tradisional yang didominasi oleh ornamen kayu. Dengan adanya menu andalan Warung Sawah Gondang Legi yang terkenal cukup lezat adalah sate lilit, bebek krispi, dan sambal kecombrang. tentunya tidak ketinggalan, tropical salad segar yang cocok dinikmati sebagai hidangan pencuci mulut.

3. House of Raminten

makan siang di jogja

Yang satu ini tidak perlu di tanyakan lagi ya, dengan ketenaran dari House of Raminten berasal dari berbagai keunikan yang ditawarkan disini, yang mana antara lain interior, menu makanan dan minuman, serta juga suasana restoran yang akan membawa kalian semua menghayati budaya Jawa yang sangat kental.

terdapat meja untuk satu atau dua orang, ada yang untuk 3 atau sampai 4 orang, 5 atau 6 orang bahkan ada yang untuk 8 orang. dan juga tidak hanya meja dengan kursi, tempat wisata kuliner jogja ini juga menyediakan berbagai macam meja lesehan bagi kalian yang menginginkan suasana makan ala Jawa yang lebih terasa.

untuk menu dari kuliner makanan dan minuman yang ditawarkan di wisata kuliner jogja ini mengambil menu dari warung kaki lima layaknya angkringan. akan tetapi dikemas dengan apik dan diberi sedikit sentuhan sehingga terlihat lebih elegan. yang mana salah satu menu favorit para wisatawan adalah Nasi Kucing atau Bahasa Jawanya adalah Sego Kucing.

4. Sate Klathak Pak Bari

makan siang di jogja

Sebagian besar dari kalian semua pasti cukup familier dengan tempat makan di Jogja yang satu ini. Kuliner seperti Sate Klathak Pak Bari merupakan salah satu destinasi kuliner yang dikunjungi Cinta dan Rangga dalam film Ada Apa dengan Cinta 2. tentunya hal inilah yang membuat Sate Klathak Pak Bari semakin populer.

tentunya sangat berbeda dari sate pada umumnya yang ditusuk dengan lidi, Sate Klathak Pak Bari justru ditusuk menggunakan ruji besi. dengan alasan sebab ruji besi mampu menghantar panas dengan baik, sehingga ketika dibakar daging dapat lebih cepat matang. dengan cara ini pun diketahui mampu meratakan tingkat kematangan dengan sempurna.

dan hanya dengan harga Rp20.000, kalian dapat menikmati satu porsi sate klathak yang terdiri dari dua tusuk sate dan sepiring nasi. terdapat pula menu gulai yang dapat kalian coba untuk menambah kelezatan hidangan sate. tetnunya ingin cepat segera mencobanya? Langsung saja kalian dapat datang ke Pasar Jejeran di Jalan Imogiri Timur, Wonokromo, Bantul.

5. Bakmi Pak Pele

Di kota Jogja sendiri, terdapat banyak penjual bakmi jawa yang dapat kalian temukan. dan juga salah satu yang paling enak dan terkenal adalah warung makan Bakmi Pak Pele. ada sesuatu yang membedakan Bakmi Pak Pele dari kebanyakan bakmi yang lain adalah penggunaan telur bebek yang dapat membuat rasa bakmi lebih gurih.

kuliner Bakmi Jawa biasanya dimasak dengan campuran bakmi kuning dan bihun, namun di sini kalian dapat memilih mau menggunakan bakmi kuning atau bihun saja. tersedia tiga cara memasak bakmi yang bisa kalian pilih, yakni bakmi goreng, bakmi godog (rebus), dan bakmi nyemek (tumis). tidak hanya bakmi, terdapat pula menu nasi goreng dan magelangan(nasi goreng yang dicampur bakmi).

tentunya di setiap hari, Bakmi Pak Pele buka pukul 17:30 sampai dagangannya habis. sebab itulah, kalian harus segera datang jika tidak ingin kehabisan. bertempat di berada di pojok timur bagian selatan Alun-alun Utara Yogyakarta, tepatnya di depan SD Keputran.

6. Jejamuran

tentunya sesuai dengan namanya, Jejamuran merupakan rumah makan yang menyajikan berbagai jenis masakan berbahan dasar jamur. untuk kalian yang baru pertama kali berkunjung, kalian bisa memesan beberapa menu favoritnya, seperti jamur tumis pedas, sate jamur, puyonghai jamur, dan telur dadar jamur. terdapat pula soda gembira yang menjadi salah satu minuman andalan tempat makan siang di Jogja yang satu ini.

tidak hanya itu saja, Jejamuran juga berada satu lokasi dengan perkebunan jamur yang dapat kalian kunjungi. apabila kalian semua tertarik makan di Jejamuran, kalian dapat datang ke Jalan Pramuka No 53, Pandowoharjo, Sleman. di setiap harinya, Jejamuran buka mulai pukul 09:00 –21:00 malam.

7. Angkringan KR

Tentunya sangat kurang lengkap rasanya berwisata kuliner di kota Jogja kalau belum makan di tempat bernama angkringan. tentunya di setiap sudut kota, kalian dapat menemukan angkringan dengan mudah. namun demikian, kalau ingin makan di angkringan dengan banyak menu, tempat yang nyaman, dan harga yang cukup terjangkau kalian wajib datang ke Angkringan KR di Jalan P. Mangkubumi, Gowongan, Jetis.

Tempat makan siang di Jogja yang satu ini menyediakan berbagai menu khas angkringan yang cukup lengkap, seperti menu sate usus, sate hati, sate telur puyuh, aneka gorengan, dan berbagai macam nasi.

Tentunya Angkringan KR juga kerap digunakan sebagai tempat berkumpulnya para mahasiswa atau anggota komunitas Jogja. Di setiap harinya, angkringan yang berada di depan kantor surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR) ini buka mulai pukul 17:00 –01:00.