Makanan Hits Jogja – Tentunya sebagai salah satu kota yang mempunyai sejarah panjang, Aroma Tradisional seakan menyelimuti seluruh aspek dari kota ini. Tak ayal juga dengan berbagai macam kuliner di jogja. Dengan banyaknya menu dan destinasi kuliner yang populer adalah tempat dengan menu-menu tradisional.

Makanan Hits Jogja yang terkenal akan rasa manis gurih di lidah. akan tetapi ternyata saat ini sudah berkembang banyak variasi lain, contohnya saja makanan pedas, seperti seng mercon. terdapat juga yang mempertahankan rasa asli bahan, seperti masakan gaya Eropa, yakni sate klathak.

dan juga dari sisi fasilitas rumah makan, beberapa lokasi makanan hits jogja juga variatif. terdapat yang lesehan kaki lima, sampai juga ada yang bernuansa pegunungan dengan perpaduan alam dan wahana permainan. sangat cocok jika kalian ingin makan siang di jogja dengan suasana yang indah.

1. Soto Ayam 61

makanan hits jogja

Yang pertama ini untuk kalian para pecinta soto, warung ini termasuk yang wajib dikunjungi. tentunya karena rasa masakannya yang enak, warung yang berdiri sejak tahun 1976 di kawasan jalan Malioboro ini menawarkan harga yang sangat bersahabat di kantong.

Dengan desain dari warung kuliner Jogja Ini sederhana sekali bahkan sangat terkesan zaman dulu, disebabkan gaya interior seperti Warung Soto di masa lalu. Disini hanya ada meja dan kursi sederhana minim dekorasi hiasan.

Dan juga menu utama soto isinya sound, ayam, daun seledri, bawang goreng, dan nasi dengan porsi tergolong sedang. Kuliner Soto disajikan dengan menu lengkap tersedia bergedel kentang, ayam, dan juga telur kecap. tentunya yang menjadi keunikan adalah jika biasanya soto berwarna bening maka kuliner jogja satu ini berwarna gelap disebabkan memakai sambal kecap.

2. Soto Batok Mbah Katro

makanan hits jogja

Yang beikutnya ada Soto Bathok Mbah Katro Jogja, yang merupakan nama warung makanan hits jogja di sekitar kawasan candi Sambisari. Tempat ini terkenal karena menyajikan masakan soto di dalam bathok atau basa dikenal dengan sebutan tempurung kelapa. Dan juga daya tarik lainnya di warung ini para pelanggan bisa menikmati pemandangan sawah asri yang ada di sebelah selatan.

Bertempat di Dusun, makanan hits jogja yang ada di warung soto ini terletak di tengah area persawahan. Dengan adanya suasana persawahan dan pedesaan tersebut akan benar-benar menyegarkan pelanggan.

Dengan adanya konsep tempat makan tersebut terbuka dan menyatu dengan alam. tersedia sekitar delapan buah saung berukuran kecil hingga besar sebagai tempat untuk menikmati soto bathok.

Dan untuk kuliner soto yang disajikan dalam bathok atau tempurung kelapa ini terdiri dari nasi, tauge, potongan daging sapi, dan ditaburi dengan cincangan daun seledri serta taburan topping bawang merah goreng. yang lalu disiram dengan kaldu sapi yang bening dan sangat gurih. tentunya semakin lezat dan enak karena dikucuri sedikit air jeruk nipis, sambal rawit dan sedikit kecap.

3. Gudeg Pawon

makanan hits jogja

yang ini sudah berdiri semenjak tahun 1958 makanan hits jogja Gudeg Pawon awalnya berjualan di Pasar Sentul Yogyakarta. tentunya sangat memanjakan lidah makanan hits jogja yang satu ini.

Dengan adanya keunikan dari makanan hits jogja satu ini terletak pada pengolahan makanannya menggunakan alat seperti tungku kayu bakar. yang mana ketika gudeg dimasak menggunakan alat selain tungku kayu bakar, rasa dari gudeg olahannya akan sangat berbeda. dan juga itu pengelola lebih memilih untuk menggunakan kayu bakar yang sudah dikontrol kualitasnya oleh para pengelola kayu bakar langganannya.

Ada juga satu keunikan lainnya adalah konsep nya yang menggunakan konsep pawon atau dapur sebagai tempat mengambil makanan. para pelanggan akan masuk ke dapur dan mengambil sendiri gudeg yang disediakan oleh anggota keluarga Sumarwanto dan dapat makan ditempat maupun dibungkus untuk di bawa pulang.

4. The Manglung Café

yang berikutnya ini ada the manglung cafe, Salah satu keistimewaan makanan hits jogja ini terletak pada lokasinya, yaitu berada di dataran tinggi Gunung Kidul, tepatnya di Jalan Ngoro Ngoro Ombo No 16, Patuk.

dan jika dari ketinggian The Manglung Café, kalian dapat melihat indahnya pemandangan Kota jogja. dengan adanya lampu-lampu kota pun akan membuat suasana di malam hari semakin romantis.

tempat makan siang di jogja yang satu ini mempunyai konsep outdoor dengan dominasi kayu antik. tersedia juga spot khusus dari rantai dedaunan berbentuk hati yang kerap dijadikan tempat untuk berfoto. dan di setiap harinya, The Manglung Café buka pukul 12:00 – 22:00. dan untuk hari Minggu dan hari libur, tempat makan siang di Jogja ini buka lebih awal pada pukul 11:00.

disediakannya banyak jenis makanan dan minuman hangat siap disajikan untuk menemani kalian selagi menikmati pemandangan khas dataran tinggi. Menu Bakmi dan nasi goreng adalah menu andalan The Manglung Café. tersedia juga menu makanan ringan yang dapat dicoba, yaitu tahu kemul, sandwich, dan masih banyak lagi.

5. Warung Sawah Gondang Legi

untuk kalian yang mengunjungi kawasan Sleman, kalian dapat mampir ke Warung Sawah Gondang Legi di Jalan Gito Gati, Dusun Gondanglegi, Ngaglik. berlokasi di tengah persawahan, tempat makan siang di Jogja ini mempunyai suasana asri khas pedesaan dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata.

dengan bangunan yang kental akan nuansa tradisional yang didominasi oleh ornamen kayu. Dengan adanya menu andalan Warung Sawah Gondang Legi yang terkenal cukup lezat adalah sate lilit, bebek krispi, dan sambal kecombrang. tentunya tidak ketinggalan, tropical salad segar yang cocok dinikmati sebagai hidangan pencuci mulut.

6. House of Raminten

Yang satu ini tidak perlu di tanyakan lagi ya, dengan ketenaran dari House of Raminten berasal dari berbagai keunikan yang ditawarkan disini, yang mana antara lain interior, menu makanan dan minuman, serta juga suasana restoran yang akan membawa kalian semua menghayati budaya Jawa yang sangat kental.

terdapat meja untuk satu atau dua orang, ada yang untuk 3 atau sampai 4 orang, 5 atau 6 orang bahkan ada yang untuk 8 orang. dan juga tidak hanya meja dengan kursi, tempat wisata kuliner jogja ini juga menyediakan berbagai macam meja lesehan bagi kalian yang menginginkan suasana makan ala Jawa yang lebih terasa.

untuk menu dari kuliner makanan dan minuman yang ditawarkan di wisata kuliner jogja ini mengambil menu dari warung kaki lima layaknya angkringan. akan tetapi dikemas dengan apik dan diberi sedikit sentuhan sehingga terlihat lebih elegan. yang mana salah satu menu favorit para wisatawan adalah Nasi Kucing atau Bahasa Jawanya adalah Sego Kucing.

7. Bakmi Pak Pele

Di kota Jogja sendiri, terdapat banyak penjual bakmi jawa yang dapat kalian temukan. dan juga salah satu yang paling enak dan terkenal adalah warung makan Bakmi Pak Pele. ada sesuatu yang membedakan Bakmi Pak Pele dari kebanyakan bakmi yang lain adalah penggunaan telur bebek yang dapat membuat rasa bakmi lebih gurih.

kuliner Bakmi Jawa biasanya dimasak dengan campuran bakmi kuning dan bihun, namun di sini kalian dapat memilih mau menggunakan bakmi kuning atau bihun saja. tersedia tiga cara memasak bakmi yang bisa kalian pilih, yakni bakmi goreng, bakmi godog (rebus), dan bakmi nyemek (tumis). tidak hanya bakmi, terdapat pula menu nasi goreng dan magelangan(nasi goreng yang dicampur bakmi).

tentunya di setiap hari, Bakmi Pak Pele buka pukul 17:30 sampai dagangannya habis. sebab itulah, kalian harus segera datang jika tidak ingin kehabisan. bertempat di berada di pojok timur bagian selatan Alun-alun Utara Yogyakarta, tepatnya di depan SD Keputran.