Makanan Khas Jogja Selain Gudeg – makanan khas jogja tentunya sejak jaman dulu selalu mampu menyisakan kerinduan bagi para penduduknya yang sedang merantau ke luar kota. karena, berbagai macam jenis kulinernya memang menggugah selera, menjadikan mereka teringat akan kampung halaman.

Dan juga Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri memang kerap meninggalkan berbagai macam kesan tersendiri bagi tiap orang yang pernah datang berkunjung. Dengan budaya yang masih terjaga hingga kini, dan juga berbagai macam panorama alamnya sanggup membuat mereka terpesona dan ingin kembali lagi. dan juga tidak hanya itu, berbagai macam sajian kuliner di kota tersebut pun selalu membuat mereka jatuh hati.

1. Lumpia Samijaya

makanan khas jogja selain gudeg

dan juga selain terkenal dengan kota Gudeg, kota jogja tidak kalah saling memanjakan lidah para pelanggan dengan lumpia nya yang sangat enak. tentunya tidak perlu jauh-jauh berkeliling kota Yogya untuk dapat mencicipi kuliner yang digoreng ini, kalian dapat datang langsung ke Malioboro tepatnya tidak jauh dari lokasi Halte Trans Yogya- Malioboro 2.

makanan khas jogja selain gudeg, Lumpia Sanjaya sendiri sudah sangat terkenal dengan rasanya yang sangat gurih dan lezat tidak mengecewakan seberapa banyak pun porsinya. kalian dapat memilih lumpia sesuai selera kalian seperti hanya sayur, ayam atau jumbo.

dengan penyajian yang cukup komplit dengan acar, potongan timun dan cabe, kalian sudah dapat menikmati kuliner khas kota jogja ini dengan harga kurang lebih sekitar 3 rupiah per potong. dan agar dapat menghindari antrian panjang, sebaiknya kalian datang lebih awal ya.

2. Bebek Goreng Terang Bulan

makanan khas jogja selain gudeg

eits, terang bulan ini bukan sebuah martabak khas bangka ya. Ini adalah sebuah warung lesehan yang menjual beraneka ragam menu khusus untuk lesehan, salah satunya adalah kuliner bebek goreng.

makanan khas jogja selain gudeg tentunya disini siapa yang tidak suka dengan bebek? tentu saja bebek goreng yang satu ini merupakan yang harus kalian cicip di Malioboro. tak sulit menemukan lesehan yang terkenal dengan menu gorengnya yang terletak di depan toko Terang Bulan.

Kuliner Bebek goreng yang empuk disuguhkan lengkap dengan tambahan sambalnya plus lalapan selada, sangat begitu enak dimakan dengan nasi panas. tidak hanya bebek gorengnya yang sangat lezat, banyak menu lain yang juga direkomendasikan seperti burung dara goreng. dan tak bisa diragukan lagi sambalnya sangat pas untuk dimakan bersamaan dengan menu bebek goreng yang kalian pesan.

3. Tiwul

makanan khas jogja selain gudeg

kemudian yang satu ini datang dari Kabupaten Gunung Kidul, yaitu adalah Tiwul yang merupakan salah satu makanan khas Jogjakarta dan tentunya memunyai cara unik untuk dinikmati. makanan seperti tiwul ini terbuat dari olahan berbahan dasar singkong yang telah diolah selezat mungkin untuk memanjakan lidah kalian semua.

makanan yang satu ini disuguhkan dalam dalam lapisan daun pisang yang harus serta taburan kepala parut di atasnya dan juga beberapa tambahan gula pasir yang dapat memberikan sensasi manis hingga ke ujung lidah yang memakannya.

nasi tiwul sendiri dulunya dijadikan sebagai makanan pokok untuk menggantikan beras. sebab, zaman dulu beras sangat sulit untuk didapatkan dkarenakan harganya yang cukup mahal. lalu kemudian para penduduk setempat menggunakan tiwul sebagai pengganti nasi, dan hingga sekarang makanan tradisional yang satu ini tetap menjadi kuliner pilihan bagi para wisatawan yang datang ke kota jogja.

4. Pecel Pasar Beringharjo

makanan khas jogja selain gudeg

Siapa yang tidak tahu Pasar Beringharjo?, yang merupakan pasar terbesar dan legendaris di kota Yogyakarta. dari semua jenis barang dapar kalian beli di sini, termasuk menu wisata kuliner jogja sarapan tradisional yang enak. di Pasar terkenal dengan aneka kulinernya yang legendaris yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

sebab itu Pasar Beringharjo juga menjadi salah satu destinasi wisata kuliner jogja. dan juga jika di pagi hari, para pengunjung berburu aneka sarapan dari pecel, sego empal, hingga sate kere yang gurih.

Dan tentunya di pasar ini ada deretan penjual makanan tradisional. dan juga ada salah satu yang paling menarik perhatian ada ‘Pecel Senggol Beringharjo’, Diberi nama pecel senggol, sebab para wisatawan yang ramai dan lokasi yang padat membuat harus rela bersenggolan ketika menikmati pecel ini. Menunya terdapat aneka sayur segar, seperti daun pepaya, kenikir, jembak, bayam, bunga turi, kecambah, hingga kol.

5. Soto Sampah

untuk yang berikutnya makanan khas jogja selain gudeg ini ada soto sampah salah satu wisata kuliner jogja yang begitu terkenal namanya di kalangan para pecinta kuliner. Untuk tempat dari warungnya memang tampak sederhana, yang dimana hanya ada berupa tenda kaki lima di pinggir jalan.

akan tetapi, racikan sotonya sangat dan benar-benar enak menggoyang lidah kalian semua. dengan harga yang juga murah meriah banget lho, sekitar 8 ribu rupiah per porsinya. Dari seporsi soto di sini berisi nasi putih, bihun, kobis, kecambah, seledri, bawang goreng, yang kemudian disiramkan dengan kuah segar nan gurih kaya akan bumbu rempah. dan teruntuk lauk, disediakan juga sate ati, sate usus, telur dadar, gorengan, dan lainnya.

dan juga soto ini begitu lezat, sangat dijamin yang mana rasanya dan tentunya wajib untuk kalian  masukan ke dalam list soto paling enak di kota jogja.

untuk kalian yang suka makan banyak, sepertinya harus memesan ekstra double karena porsi sotonya yang tidak terlalu banyak. untuk lokasi dari warung Soto Sampah berlokasi di Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. dengan jam buka sekitar pukul 20.00 sampai sotonya habis dong.

6. Mie Lethek Mbah Mendes

makanan khas jogja selain gudeg jika dilihat dari bahasa Jawa, lethek berarti kotor atau kusam. tentunya nama ini digunakan karena mie khas kota Yogyakarta, khususnya daerah di Bantul ini memang tampilannya yang cukup kusam dan terkesan kurang menarik. akan tetapi jangan ditanya soal rasa, kuliner jogja mie yang terbuat dari tepung tapioka tersebut tidak kalah dengan mi lainnya.

walaupun baru buka di tahun 2014 lalu, Mie Lethek Mbah Mendes sangatlah populer. wisata kuliner jogja ini banyak dikunjungi oleh pecinta kuliner karena cita rasa mienya yang unik. menu dari wisata kuliner jogja mi lethek godog hampir menyerupai bakmi jawa godog. kuliner Mi lethek dimasak bersama sejumlah sayuran seperti loncang, sledri, wortel, serta tambahan telur, dan daging ayam kampung.

dan untuk dari kuah digunakan kaldu ayam kampung. dan tentunya yang menjadi hal menarik adalah, semua bahan yang digunakan rendah gula dan tidak memakai bahan pengawet serta bumbu penyedap jadi sangat sehat.

7. Nasi Campur Teri Gejayan

yang satu ini makanan khas jogja selain gudeg ada nasi campur teri gejayan, kalian bingung mencari tempat makan enak dan murah di kota Jogja? Datang saja ke warung pinggir jalan Nasi Campur Teri Gejayan.

Di tempat ini, kalian dapat makan sepuasnya dengan pilihan berbagai macam aneka lauk dari mulai teri, tahu, tempe, telur, gorengan, hingga petai. dengan harganya pun nyaman dikantong mahasiswa atau para pelajar, sekitar 10 sampai dengan 15 ribu rupiah tergantung dari lauk yang diambil. yuk simak juga tempat makan jogja.

kuliner malam jogja seperti nasi Campur Teri Gejayan ini sendiri berlokasi di Jl. Affandi yang dulunya bernama Jl. Gejayan No.5, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. untuk jam buka mulai dari malam hari pukul 21.00 – 03.30 WIB. tentunya setiap malam, warung ini selalu ramai dikunjungi oleh para pembeli. yang mana, mereka duduk lesehan di trotoar atau emperan toko yang ada.