Makanan Terkenal di Jogja – Tentunya sebagai salah satu kota yang mempunyai sejarah panjang, Aroma Tradisional seakan menyelimuti seluruh aspek dari kota ini. Tak ayal juga dengan berbagai macam kuliner di jogja. Dengan banyaknya menu dan destinasi kuliner yang populer adalah tempat dengan menu-menu tradisional.

Makanan Terkenal di Jogja yang terkenal akan rasa manis gurih di lidah. akan tetapi ternyata saat ini sudah berkembang banyak variasi lain, contohnya saja makanan pedas, seperti seng mercon. terdapat juga yang mempertahankan rasa asli bahan, seperti masakan gaya Eropa, yakni sate klathak.

dan juga dari sisi fasilitas rumah makan, beberapa lokasi makanan hits jogja juga variatif. terdapat yang lesehan kaki lima, sampai juga ada yang bernuansa pegunungan dengan perpaduan alam dan wahana permainan. sangat cocok jika kalian ingin makan siang di jogja dengan suasana yang indah.

1. Soto Ayam 61

makanan terkenal di jogja

Yang pertama ini untuk kalian para pecinta soto, warung ini termasuk yang wajib dikunjungi. tentunya karena rasa masakannya yang enak, warung yang berdiri sejak tahun 1976 di kawasan jalan Malioboro ini menawarkan harga yang sangat bersahabat di kantong.

Dengan desain dari warung kuliner Jogja Ini sederhana sekali bahkan sangat terkesan zaman dulu, disebabkan gaya interior seperti Warung Soto di masa lalu. Disini hanya ada meja dan kursi sederhana minim dekorasi hiasan.

Dan juga menu utama soto isinya sound, ayam, daun seledri, bawang goreng, dan nasi dengan porsi tergolong sedang. Kuliner Soto disajikan dengan menu lengkap tersedia bergedel kentang, ayam, dan juga telur kecap. tentunya yang menjadi keunikan adalah jika biasanya soto berwarna bening maka kuliner jogja satu ini berwarna gelap disebabkan memakai sambal kecap.

2. Soto Batok Mbah Katro

makanan terkenal di jogja

Yang beikutnya ada Soto Bathok Mbah Katro Jogja, yang merupakan nama warung soto yang ada di sekitar kawasan candi Sambisari. Tempat ini terkenal karena menyajikan masakan soto di dalam bathok atau basa dikenal dengan sebutan tempurung kelapa. Dan juga daya tarik lainnya di warung ini para pelanggan bisa menikmati pemandangan sawah asri yang ada di sebelah selatan.

Bertempat di Dusun, makanan hits jogja yang ada di warung soto ini terletak di tengah area persawahan. Dengan adanya suasana persawahan dan pedesaan tersebut akan benar-benar menyegarkan pelanggan.

Dengan adanya konsep tempat makan tersebut terbuka dan menyatu dengan alam. tersedia sekitar delapan buah saung berukuran kecil hingga besar sebagai tempat untuk menikmati soto bathok.

Dan untuk kuliner soto yang disajikan dalam bathok atau tempurung kelapa ini terdiri dari nasi, tauge, potongan daging sapi, dan ditaburi dengan cincangan daun seledri serta taburan topping bawang merah goreng. yang lalu disiram dengan kaldu sapi yang bening dan sangat gurih. tentunya semakin lezat dan enak karena dikucuri sedikit air jeruk nipis, sambal rawit dan sedikit kecap.

3. Gudeg Pawon

makanan terkenal di jogja

yang ini sudah berdiri semenjak tahun 1958 makanan hits jogja Gudeg Pawon awalnya berjualan di Pasar Sentul Yogyakarta. tentunya sangat memanjakan lidah Makanan Terkenal di Jogja yang satu ini.

Dengan adanya keunikan dari Makanan Terkenal di Jogja satu ini terletak pada pengolahan makanannya menggunakan alat seperti tungku kayu bakar. yang mana ketika gudeg dimasak menggunakan alat selain tungku kayu bakar, rasa dari gudeg olahannya akan sangat berbeda. dan juga itu pengelola lebih memilih untuk menggunakan kayu bakar yang sudah dikontrol kualitasnya oleh para pengelola kayu bakar langganannya.

Ada juga satu keunikan lainnya adalah konsep nya yang menggunakan konsep pawon atau dapur sebagai tempat mengambil makanan. para pelanggan akan masuk ke dapur dan mengambil sendiri gudeg yang disediakan oleh anggota keluarga Sumarwanto dan dapat makan ditempat maupun dibungkus untuk di bawa pulang.

4. Bakpia

Makanan Terkenal di Jogja yang paling terkenal adalah bakpia. Tentunya semua orang pasti mengenal yang namanya bakpia, yaitu salah satu makanan khas Jogja yang bentuknya bulat kecil di dalamnya berisi berbagai jenis isian seperti kacang hijau, dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. dan juga di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa gurih dipadu dengan rasa isinya, apabila dimakan ini dikenal dengan nama pia atau kue pia.

Yang menjadi perbedaan adalah, Bakpia Pathok bentuknya lebih dominan kecil dan lebih lembut jika dikunyah. Sekarang ini isi dari bakpia tidak hanya berisi kacang hijau. akan tetapi ada isi cokelat, kumbu hitam bahkan keju. Dengan harganya pun cukup murah dan terjangkau. Tentunya oleh oleh khas jogja bukan hanya makanan lho, simak aja ya, oleh oleh khas jogja selain makanan.

Di Kota Yogyakarta, oleh oleh seperti bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathuk, Yogyakarta. Oleh oleh Bakpia pathuk 75 dan 25 nampaknya yang paling terkenal.

Ada juga tempat lain yang cukup terkenal adalah Bakpia Kurniasari yang berlokasi di jalan dekat Terminal Lama, Umbulharjo, Yogyakarta. dan juga, ada juga “Bakpia Pojok Bu Prapti” yang beralamat di Jl. Monumen Jogja Kembali (Jl. Monjali) No. 54 Karangjati, Yogyakarta.

Ada sedikit tips jika ingin membeli bakpia, minta pada penjual untuk mencicipi dan memastikan baru tidaknya makanan ini. Apabila dikunyah dan ditekan masih lunak dan mudah hancur saat di kunyah, artinya masih layak konsumsi dan tentunya tahan lama untuk dibawa pulang.

Tentunya jika agak keras, sebaiknya jangan dibeli karena kemungkinan buatan lama dan kurang layak untuk dikonsumsi karena sudah masuk ke fase kadaluarsa. oleh oleh yang satu ini sebaiknya dikonsumsi maksimal 3 hari dari pembuatan. Dan jika melebihi dari itu sebaiknya jangan dimakan karena rasanya sudah tidak nikmat lagi.

Dan lagi, sebaiknya kalian membeli langsung bakpia ke pabriknya sehingga dapat merasakan bakpia yang masih hangat, enak, dan tahan lebih lama.

5. Coklat Monggo

kalian ingin membeli makanan terkenal khas Jogja ala Eropa? kalian bisa datang ke Cokelat Monggo. tentunya tidak perlu jauh-jauh ke Belgia untuk dapat merasakan sensasi nikmat coklat. kota Yogyakarta, kalian bisa menikmati cokelat khas Yogyakarta dengan cita rasa Belgia, namanya adalah Cokelat Monggo.

makanan Cokelat Monggo diolah dari biji coklat pilihan yang didapat dari Jawa, pulau Sumatera dan Sulawesi. si empunya Cokelat Monggo ini merupakan pria berkebangsaan Belgia, menjadikan ia tahu benar bagaimana cara meracik coklat yang tepat dan menghasilkan rasa yang nikmat khas cokelat di negerinya.

walaupun pemiliknya orang asing, Cokelat Monggo sendiri tetap membawa unsur dari budaya Jawa. Hal ini dapat terlihat dari namanya, ‘monggo’, yang dalam bahasa Jawa berarti ‘silakan’.

dan juga hal lainnya terlihat dari kemasan cokelat yang menampilkan gambar wayang. tidak hanya itu, Coklat Monggo juga sangat ramah lingkungan. dengan kemasannya terbuat dari kertas daur ulang bersertifikat yang aman untuk kemasan makanan.

kalian bisa datang ke Jalan Dalem KG III/978, Kotagede, Yogyakarta. Dan juga, selain membeli cokelat kalian juga bisa melihat langsung proses pembuatan cokelat dari dapurnya yang hanya disekat dinding kaca.