Mangunan Jogja – Dapat dikatakan bahwa kota Yogyakarta sangat beruntung memiliki bentang alam yang begitu beragam. Karena hampir semua keindahan alam dimiliki oleh Kota yang juga disebut dengan Kotanya Keraton ini. Jadi, tak heran jika kota Yogyakarta disebut-sebut sebagai pengganti dari Pulau Bali yang sudah sejak lama menjadi pusat pariwisata nasional dan tentunya internasional.

Dengan perkembangan tempat wisata di Jogja menjadikan kebun buah Mangunan jogja pun semakin dikenal oleh para wisatawan. Mangunan seakan mampu membius semua pasang mata yang datang ke tempat ini dengan keindahan alam yang sangat indah. benar-benar tak ada tandingannya. dan juga, saat pagi hari tiba. Sungguh membuat hati ini tak berhenti untuk kagum.

Daya Tarik Kebun Buah Mangunan

mangunan jogja

Untuk Kondisi alamnya sendiri Kebun buah Mangunan ini berada di ketinggian kurang lebih 200 mdpl, menjadikan kebun ini pun dijuluki sebagai negeri diatas para awan. Dan juga adanya pemandangan dari kabut yang terbentuk tepat berada di depan mata, indahnya memang sangat luar biasa. Dapat dikatakan tempat wisata ini satu tipe dengan Objek Wisata Kalibiru.

Dan bersamaan juga dengan pemandangan dari gunung yang tampak terlihat bersama dengan sang surya, secara perlahan mulai menampakkan sinarnya dengan warna emasnya yang sangat gagah. Mangunan ini dibangun pada tahun 2003 di atas tanah seluas sekitar 23 hektar. Dan karena tanah seluas ini membuat kebun buah mangunan ditanami oleh banyak sekali pohon seperti mangga, rambutan, jeruk, durian, manggis dan masih banyak lagi jenis buah yang ada disini.

Tidak hanya buah, kawasan mangunan ini juga memiliki pohon jati, dan juga pohon pinus yang tampak begitu cantik. Kala melihat kearah selatan, kalian semua akan melihat pemandangan dari Pantai Parangtritis yang tampak begitu ciamik. Namun, kalian harus mempunyai keberuntungan. Apabila, kabut tiba maka, pemandangan dari pantai parangtritis hanya akan menjadi sebuah impian belaka.

Tidak hanya Pantai Parangtritis ada juga pemandangan dari sungai Oya yang melintang dan berkelok, walau sedikit surut. Tetapi, mampu memberikan sebuah warna yang jelas berbeda. yang mana, sungai ini membuat pesona Kebun buah mangunan tampak sempurna. Dan juga udara yang begitu sejuk dan angin yang berhembus begitu lirih.

Fasilitas Dari Mangunan Jogja

mangunan jogja

Selain bentang alam yang begitu indah. Di kebun buah mangunan ini kalian juga bisa belajar mengenai buah-buah dan langsung di kebunnya. Ada beberapa petugas akan dengan senang hati memberi ilmu tentang buah buahan yang ada kepada kalian semua yang ingin belajar.

dan juga ada proses yang disebut pembibitan sapi yang bisa dipelajari secara mendalam. Proses ini mempunyai fungsi dimana adalah menghasilkan pupuk kandang untuk tumbuhan-tumbuhan supaya tumbuh seperti mestinya. Dan juga, diketahui bahwa pupuk kandang adalah pupuk yang paling baik untuk tanaman dan juga untuk tumbuhan tentunya.

Dengan adanya gazebo menjadikan tempat ini paling pas dijadikan tempat untuk nongkrong dan juga istirahat. Menghilangkan penat karena beban tugas yang menumpuk. kalian semua bisa mengajak teman atau keluarga dan memanfaatkan bangunan seperti gazebo ini untuk sekedar berbincang-bincang dan bertukar pikiran atau juga mencari ide baru.

Sangat wajar apabila saat musim liburan tiba, gazebo-gazebo ini akan dipenuhi oleh para turis lainnya yang ingin menikmati kebun buah mangunan dengan cara yang berbeda. dan juga sebagai salah satu tempat wisata yang begitu diminati, kebun buah Mangunan jogja juga bisa dijadikan sebagai salah satu tempat yang paling tepat untuk melakukan rapat atau mengadakan sebuah pertemuan penting.

Terdapat dua gedung pertemuan yang tersedia mangunan ini. Satu gedung ada yang berkapasitas 100 orang, dan satu gedung lagi berkapsitas sekitar 300 orang. Dan harga sewa yang cukup terjangkau, menjadikan gedung pertemuan ini menjadi salah tempat paling diminati oleh para turis dalam mengadakan sebuah acara.

Memanjakan mata dan menikmati keindahan dari Kebun buah Mangunan memang tidak bisa hanya 1 jam atau 2 jam saja. Dan terlebih lagi banyak turis yang berburu sunset dan sunrise.  Untuk kalian yang ingin berhemat, kalian dapat memanfaatkan tempat camping yang telah disediakan oleh para pengelola. Dan tentunya tidak hanya para turis saja yang menggunakan tempat camping ini ada juga anak-anak sekolah dan juga para mahasiswa, serta beberapa komunitas pecinta alam yang memanfaatkan tempat ini untuk menyatu dengan keindahan alam.

Hanya dengan membayar 5 ribu rupiah per orang saja untuk dapat menikmati fasilitas camping ini. kalian harus mencoba saat tengah malam, dan kalian semua keluar dari tenda, lalu coba lihat ke atas bagaimana sang pencipta menaruh bintang-bintangnya di atas langit seperti sebuah lukisan yang tidak akan pernah bisa diungkapkan oleh kata-kata keindahannya.

untuk kalian yang sangat hobi memancing pun sangat direkomendasikan untuk berkunjung kesini. kebun buah ini memiliki sebuah kolam khusus yang memang dikhususkan untuk para pemancing. untuk yang tidak membawa peralatan memancing, kalian dapat juga menyewa alat pancing yang harga sewanya cukup terjangkau. Lalu, terdapat berbagai jenis ikan yang ada di kolam ini. Memancing sambil menunggu datangnya senja biasa dilakukan oleh kebanyakan para turis yang kesini.

Lalu kemudian ada lintasan sepanjang 2300 meter yang memang sengaja dibuat untuk para pengguna sepeda. kalian semua dapat mecoba track downhill ini. kemudian terdapat kelas Cross Country dengan panjang lintasan kurang lebih sekitar 3800 meter dengan membayar harga sewa sekitar 50ribu rupiah saja untuk 5 orang pengguna.

kalian suka adrenalin?, kalian dapat mencoba jembatan goyang yang benar-benar indah. dengan jalur dari jembatan ini memiliki panjang sekitar 100 meter diatas sungai opak. dikala kalian mencoba melintas dijembatan ini, kalian sangat dituntut untuk ekstra hati-hati karena, jembatan goyang ini akan bergoyang, dan di tambah lagi dengan terpaan angin yang berhembus begitu kencang.

Rute dan Lokasi Kebun Buah Mangunan Jogja

Untuk lokasi dari Kebun Buah Mangunan berada di daerah Mangunan, Dlingo, Bantul Yogyakarta. untuk dapat berkunjung ke tempat ini sebenarnya cukup mudah. jika dari terminal Giwangan kalian dapat arahkan kendaraan menuju jalan imogiri timur. lalu kemudian Ikuti saja jalan hingga sampai di sebuah lapangan.

Dan setelah sampai di lapangan, kurang lebih sekitar 500 meter dari lapangan tersebut belok ke kanan menuju ke kebun buah mangunan. Terdapat papan petunjuk yang bisa dimanfaatkan oleh kalian semua untuk menuju ke kawasan ini. Naik sedikit nanti akan ketemu dengan obyek wisata lain, puncak becici dengan petunjuk dan jalan yang akan dilalui cukup baik, sehingga tidak akan membuat kalian tersesat.

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan Jogja

Untuk tarif yang diberikan oleh pihak pengelola pun cukup murah hanya dengan hanya membayar sekitar 5 ribu rupiah saja. Dengan tarif lapangan parkir sekitar 3000 untuk motor, dan juga 5000 untuk kendaraan mobil. area parkirnya cukup luas dan nyaman, hanya saja kondisi dari mushola yang kurang terawat dengan baik menjadi nilai minus untuk kebun buah mangunan ini.