Oleh Oleh Khas Jogja Selain Makanan – Disaat kalian Jalan-jalan ke kota Jogja memang selalu dapat jadi pilihan terbaik untuk menghabiskan liburan. jadi, yang namanya jalan-jalan ke luar kota, pastinya kalian semua ingin membawa oleh-oleh terbaik untuk keluarga di rumah.

Banyak oleh-oleh khas Jogja kekinian berupa makanan yang dapat kalian bawa. akan tetapi, barangkali di antara kalian semua lebih suka berbelanja Oleh Oleh Khas Jogja Selain Makanan sebagai buah tangan dari Kota Pelajar ini.

apabila kalian memang ingin membawa oleh oleh khas Jogja selain makanan, untuk diberikan kepada orang-orang tercinta di rumah, berikut ini ada daftar oleh oleh khas jogja selain makanan yang murah dan awet untuk kalian bawa pulang,

1. Baju Batik

oleh oleh khas jogja selain makanan

Kota Yogyakarta mempunyai beberapa motif batik yang memiliki keindahan dan makna yang berbeda antar model. diantara model batik keren yang pertama adalah seperti Motif Ceplok, yaitu batik yang memiliki bentuk bunga mawar dan bintang dengan tambahan garis geometris.

terdapat beberapa jenis ceplok, yakni ceplok yogya parang, grompol, dan ceplok motif. dan juga yang kedua adalah batik Motif Kawung dengan bentuk 4 lingkaran yang melambangkan dari bentuk 4 mata angin.

yang ketiga, ada Motif Parang pada oleh-oleh khas Jogja selain makanan untuk cowok ini yang berbentuk keris atau pedang sedangkan dapat disebut juga dengan bentuk lidah api. kemudian ada juga Motif Lereng dengan pola diagonal yang diapit oleh motif parang. dan juga ada lagi Motif Nitik, yang sesuai dengan namanya batik tersebut memiliki titik-titik khas yang diberi motif seperti bentuk salju.

lalu juga ada juga yang melambangkan cinta dan kasih sayang karya Kanjeng Ratu Kencana alias permaisuri dari sunan Paku Buwana III, di motif batik Truntum dengan gambar bunganya.

berikutnya adalah Motif Semen dengan berbagai ornamen mulai dari flora, fauna, hingga yang berkaitan dengan lautan dan air. dan juga lainnya adalah motif garda (garuda) dan Motif Isen (terdiri dari garis-garis dan titik-titik). Kalian juga harus cek tempat oleh oleh di jogja ini.

2. Kerajinan Kulit

yang berikutnya ada oleh-oleh khas Jogja selain makanan, yaitu kerajinan kulit, yang dapat ditemukan di di Jalan Doktor Wahidin Sudirohusodo, Bantul. dan disana terdapat gerbang yang menandakan bahwa di kawasan itu akan ada banyak penjual berbagai kerajinan kulit. tersedia mulai dari tas, sepatu, sandal, hingga ikat pinggang yang dijual dengan harga bersahabat akan tetapi memiliki kualitas yang baik.

tentunya tak hanya menjual model yang itu-itu saja, tersedia banyak sekali model yang dibuat oleh produsen oleh-oleh khas kota Jogja hits ini, misalnya adalah tas, mulai dari tas gendong untuk sekolah, tas barang, tas wanita, dan berbagai macam jenis tas dengan model yang berbeda-beda. tentunya tak hanya tas, semua produk di sana memiliki model yang keren yang diberi harga murah.

dan juga layaknya sandal. Sandal yang dijual terbuat dari bahan dasar kulit asli yang awet dan nyaman saja dihargai dengan harga mulai dari 70 ribu. dan juga di beberapa toko tersedia yang memberi fitur tawar menawar harga seperti di pasar tradisional. dengan tujuan awal produsen memang untuk menghasilkan oleh-oleh khas Jogja selain makanan yang murah sehingga banyak diburu wisatawan.

3. Tas Dowa

yang satu ini ada Dowa Bag atau tas dowa adalah jenis tas yang dibuat dengan cara dirajut menggunakan cara handmade tanpa menggunakan bantuan mesin sedikitpun. di semua pembuatan tas yang lebih sering dipakai wanita ini mempunyai warna natural dan tidak terlalu mencolok. dan juga dibuat oleh banyak pengrajin yang berbeda, menjadikan hasilnya adalah tas dowa dengan macam-macam motif yang elegan dan modis dan tentunya limited edition.

Untuk para wanita ini dibuat menggunakan bahan nilon dan diberi kain vuring di bagian dalamnya, tentunya tas ini sangatlah berkelas, mengingat kain furing adalah kain yang sangat begitu halus. dan juga penggunaan nylon yang anti luntur itu dimaksudkan karena punya kekuatan yang cukup sehingga membuatnya tahan lama dan cukup halus.

jenis tas rajut ini dapat ditemui di Jalan Godean No.7 Yogyakarta yang menjadikan tas dowa dengan kualitas terbaik. juga intinya alamat di atas adalah tempat pembuatan oleh-oleh khas Jogja selain makanan yang tahan lama berupa Dowa Bag yang original.

4. Kaos Dagadu

yang satu ini ada Kaos Dagadu yang hampir mirip dengan Joger-nya Bali, yang mana keduanya sama-sama kaos yang memiliki kata-kata unik. tidak hanya kesamaan itu, kesamaan lain adalah banyaknya produk tiruan yang mengatasnamakan produk mereka.

dan oleh oleh kaos bermerk Dagadu sendiri, dan jika ingin membeli kaos yang orisinal hanya ada di 3 lokasi, salah satunya di Jalan Gedongkuning (Yogyatourium), kemudian ada di Lower Ground Malioboro Mall dengan nama Posyandu (Pos pelayanan Dagadu), dan terakhir atau Posyandu 2, ada di pojok alaun-alun utara.

Di lokasi Yogyatourium, kaos-kaos ditata rapi dalam wadah berbentuk seperti alat transportasi mulai dari kereta api, becak, hingga sepeda onthel.

Tentunya oleh-oleh khas Jogja selain makanan buat pasangan atau keluarga berupa kaos dagadu dijual dengan aneka warna dan desain, supaya semakin membedakan dengan kaos-kaos lain, Dagadu menambahkan kata-kata di depan atau di belakang baju dengan bahasa Jawa atau Indonesia yang lucu. dan juga tak jarang kata-kata plesetan disisipkan di dalamnya, namun tetap santun dan juga cerdas.

5. Gerabah

oleh oleh khas jogja selain makanan

siapa yang tidak tau gerabah, Gerabah adalah tanah liat yang dibentuk sedemikian rupa kemudian dibakar agar menjadi keras agar bisa dimanfaatkan untuk sebuah keperluan. agar dapat membeli atau hanya sekedar melihat cara pembuatan gerabah, di kota Jogja ada tempatnya, yaitu berada di Dukuh Kajen, Desa Bagunjiwo, Kecamatan Kasihan, Banten yang menjadi sentral gerabah sejak jaman dulu.

dan sedikit info untuk diketahui, asal-usul dari oleh-oleh khas Jogja selain makanan ini sangat unik, yakni ketika zaman Belanda dahulu, saat ada kuda milik Belanda yang mati, orang-orang tidak ada yang mengaku menjadi pemilik tanah itu.

sampai kemudian ada yang mengaku memilikinya dan lambat laun ia membuat mainan atau alat rumah tangga dari tanah yang ia akuisisi tersebut. saat ini gerabah-gerabah di sana tidak hanya alat-alat rumah tangga, melainkan ada banyak jenis seperti guci, meja, kursi, pot, dan patung.

dari semua itu dibuat dengan tanah liat kemudian dilukis dengan cat agar penampilannya lebih cantik. Dan di sana ada yang unik, yaitu ada Patung Loro Blonyo yang sangat laris manis. dari si patung yang berbentuk pasangan suami istri tersebut dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan apabila diletakkan di dalam rumah.

tentunya jika kalian membeli aneka bentuk, baik dalam bentuk makanan atau barang, secara tidak sadar kalian sudah menaruh hati pada Kota Kesenian yang satu ini. jika di lain hari ada waktu senggang, jangan sungkan untuk kembali datang ke kota yang menawarkan kesan sederhana dan ramah ini ya teman.