Pantai di Jogja – Jika kalian mendengar nama kota jogja pastinya yang terlintas adalah sebuah kota dengan budayanya yang kental yang selalu membuat rindu. Namun sebenarnya kota Jogja tidaklah hanya menyimpan wisata kebudayaan yang sangat  beraneka ragam, namun juga banyaknya potensi wisata alamnya yang terpampang nyata wajib untuk kalian jelajahi.

Lalu, salah satu pilihan wisata yang sudah barang wajib dikunjungi ketika kalian datang ke Kota kraton ini adalah wisata pantainya yang memiliki beraneka ragam keistimewaan. disini hallojogja.com sudah melist daftar pantai di jogja yang wajib untuk kalian kunjungi, yuk simak informasinya berikut.

  1. Pantai Kesirat

pantai di jogja

yang pertama ada pantai Kesirat, yang merupakan sebuah pantai dengan barisan tebingnya yang berwarna hijau segar, dan jika dilihat dari atas tebing, kalian bisa menyaksikan hamparan panorama dari birunya air laut serta deburan ombak yang sangat eksotis. Dan juga belum banyak orang yang tahu tentang keberadan pantai ini, jadi sangat wajar bila suasananya masih terasa alami.

Pantai kesirat ini selain menawarkan keindahan alamnya yang begitumempesona, Objek Wisata Pantai Kesirat ini juga merupakan surganya bagi para pengunjung yang hobi memancing maupun nelayan untuk mencari ikan laut. so, jangan heran bila kalian menemui beberapa pemancing atau nelayan di kawasan ini. jika kalian mau, kalian bisa bergabung dengan mereka dan memancing bersama.

Dan juga, sama seperti halnya Objek Wisata Pantai Pok Tunggal yang memiliki sebuah pohon sebagai ikonnya, Pantai Kesirat juga mempunyai satu pohon abadi yang disebut dengan Pohon Gebangkoro. di Pantai Kesirat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi pemotretan atau melakukan sesi pre wedding. jika dari sini, kalian akan mendapatkan pemandangan dari sunset maupun sunrise yang sempurna yang dapat dilihat dari sisi pesisir di Yogyakarta.

  1. Pantai Indrayanti

pantai di jogja

Untuk yang kedua ini ada Pantai Indrayanti, objek wisata pantai yang merupakan sebuah pantai yang sudah diberi fasilitas modern. Di Pantai ini seperti pantai pantai yang ada di Pulau Bali, sudah terdapat penginapan, dan beraneka ragam tempat makan yang menghadap langsung ke bibir pantai. dan yang menjadi ikon dari pantai indrayanti ini adalah sangat banyak sekali para orang lokal yang menyewakan barang seperti  payung dan tikar agar kalian bisa menikmati ombak pantai dari atas pasir putih tanpa perlu khawatir terkena teriknya panas matahari.

Dan harga sewanya pun cukup terjangkau, cukup sekitar Rp.20.000,kalian bisa menggunakan payung tersebut sepuasnya. tekstur dari Pantai Indrayanti Yogyakarta sangatlah bersahabat, dari jarak antara pasir putih dengan ombak dipisahkan oleh karang panjang tempat untuk bersembunyinya ikan-ikan berwarna-warni dan berbagai macam biota laut lainnya.

Dan juga disekitar pantai Indrayanti terdapat banyak sekali tebing yang telah diberi anak tangga untuk menuju pucuk karang yang telah dibuat secara swadaya oleh para penduduk lokal, sehingga kalian bisa menikmati indahnya pantai Indrayanti dari ketinggian. Dan juga satu pantai indah di Yogyakarta ini, kalian juga bisa menikmati sensasi menaiki jet ski dengan harga sewa sekitar Rp. 250.000,- / 15 menit. Murah bukan?

  1. Pantai Drini

pantai di jogja

Yang Ketiga ini ada pantai Drini, Mulai dari beragam kegiatan bisa kalian lakukan di Pantai Drini ini, yakni seperti berfoto ria atau mengabadikan berbagai moment yang menyenangkan dengan latar belakang panorama saat sang matahari kembali ketempatnya, di atas hamparan pantai dan perbukitan. Di Pantai Drini sendiri merupakan salah satu dari jalur menuju Puncak Kosakora.

Dan juga sembari menikmati indahnya sunset, kalian bisa memesan berbagai macam cemilan ringan atau pop mie hangat yang dipadu dengan es teh atau es jeruk di warung yang menjadi satu-satunya warung di Bukit Kosakora, Yogyakarta ini. Dan disini kalian bisa merebahkan diri di atas rerumputan hijau dari Bukit Kosakora sembari menatap langit lepas yang begitu biru.

Dan tentunya tidak hanya itu saja, kalian juga bisa melakukan camping di sini bersama dengan keluarga, teman atau para sahabat. Dikarenakan, tempat ini merupakan lokasi yang asik sekali untuk dijadikan camping ketika berlibur ke Yogyakarta.

  1. Pantai Nglambor

ngalmbor

Yang Keempat ini ada Pantai Nglambor, pantai di jogja yang satu ini merupakan salah satu pantai dikawasan daerah Gunung Kidul, Yogyakarta yang sangat terkenal dengan kegiatan snorkelingnya. Dan juga di pantai ini air lautnya sangat jernih menjadikan kalian bisa dengan sangat leluasa melihat karang, rumput laut, ikan dengan berbagai warna berkejaran, dan aneka biota penghuni laut lainnya dari permukaan airnya yang begitu jernih.

Kalian pun bisa melakukan kegiatan snorkeling dan berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung oleh ombak besar karena memang lokasi dari pantainya yang berada di teluk. Jadi wajar saja jika tidak hanya wisatawan lokal yang datang, melainkan turis dari luar negeri seperti dari Belanda, Perancis dan Singapura.

Kalian bisa menyewa alat untuk snorkeling dengan harga sekitar Rp. 50.000,- per setnya yang meliputi masker, snorkel dan sepatu karet plus tiga frame foto di bawah air ketika sedang melakukan snorkeling untuk kalian pamerkan kepada teman-teman kamu di media sosial.

  1. Pantai Jogan

joboh

Yang kelima ini ada Pantai Jogan, pantai di jogja yang saru ini beralamat di sebelah barat Pantai Nglambor dan Pantai Siung atau di sebelah timur Pantai Timang yaitu sekitar 70 km dari pusat Kota Yogyakarta. Dan Karakteristik dari Pantai Jogan berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di daerah Gunungkidul.

Mempunyai keunikan yaitu terdapat air terjun yang langsung mengalir ke arah laut. dan juga air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 10 meter. dan juga pantai ini nyaris tidak memiliki pasir pantai sebagai pembatas wilayah antara daratan dan lautan. Tetapi sebaliknya, pantai ini berbatasan langsung dengan banyak tebing.

Dari sepanjang jalan masuk ke lokasi objek Pantai Jogan akan terlihat sungai kecil yang mengalir, itu adalah cikal bakal dari air terjun Jogan. Dan air sungai tersebut berasal dari perbukitan karat yang ada di daerah Gunungkidul, Yogyakarta. Disaat musim penghujan, air terjun ini akan terlihat semakin cantik karena jumlah air yang mengalir menjadi lebih besar.

  1. Pantai Glagah

glagah

Yang keenam dan yang terakhir adalah, Pantai Glagah yang merupakan sebuah pantai yang sangat unik dan menawarkan beberapa wisata yang tidak akan kalian temukan di pantai lain. Untuk wisata pertama Pantai Glagah adalah wisata dari laguna. Di laguna ini terletak di sisi barat Dermaga Wisata, yaitu tempat yang membagi pantai menjadi dua bagian area. Di satu area berisi gundukan pasir dan berbatasan langsung dengan laut dan satu area lagi masih ditumbuhi dengan tanaman pantai dan rerumputan yang berwarna hijau.

Dan juga di cekungan air besar yang menyerupai bentuk danau ini, kalian bisa menikmati berbagai wisata air seperti mengelilingi area laguna dengan perahu, berenang atau mendayung kano yang disewakan di sekitar pantai. Untuk yang tertarik melihat perkebunan di pantai ini, kalian bisa mengunjungi area agrowisata yang Membudidayakan buah Naga dan bunga Roselle. Objek wisata Pantai Glagah memang sangat terkenal dengan agrowisata dari dua tanaman ini di Daerah Istimewa Yogyakarta.

gimana kalian sudah menentukan mau berlibur ke pantai mana?, yang jelas siapkan uang yang cukup dan fisik yang baik juga ya sahabat.