Pantai Indrayanti Jogja – pantai ini adalah salah satu tempat wisata pantai di Jogja yang sangat direkomendasikan untuk para turis. untuk nama dari pantai Indrayanti sendiri sudah sangat dikenal di kalangan turis baik itu turis lokal ataupun turis dari manca negara.

layaknya seperti ciri khas dari pantai selatan di daerah gunung kidul, pemandangan yang disuguhkan disini tidak kalah indahnya. dengan bentang pantai yang cukup luas, dan pasirnya halus, dan laut biru lepas yang begitu bersih. Jika kalian merasa jenuh berjalan di daerah Malioboro, pantai indrayanti jogja ini dapat menjadi salah satu pilihan destinasi kalian.

Sejarah Pantai Indrayanti

pantai indrayanti jogja

Ada sedikit trivia untuk kalian, pantai ini memiliki latar belakang yang sangat begitu unik. jika kalian dengar namanya, rasanya sangat berbeda dengan pantai lain di jogja. Objek wisata pantai lainnya biasanya menggunakan nama tempat atau nama daerah, sedangkan pantai yang satu ini berbeda. Karena nama pantai Indrayanti sebetulnya bukan nama resmi dari pantai ini. indrayanti sendiri di ambil dari nama restoran yaitu  Indrayanti yang berada tidak jauh dari lokasi pantai.

Dengan restoran ini cukup dikenal oleh para turis, dan seolah menjadi landmark dari pantai ini. Lalu akhirnya, tanpa disengaja dari mulut ke mulut, pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Dan uniknya nama Indrayanti sendiri diambil dari gabungan nama pemilik restoran itu sendiri yaitu bapak Indra dan ibu Yanti.

Pantai Pulang Sawal

Dan untuk kalian yang bertanya tanya, terus apa nama resminya?,  nama resmi yang digunakan oleh pemerintah untuk destinasi wisata pantai ini adalah pantai Pulang Sawall. Namun saja, para turis dan para penduduk setempat sudah terlanjur mengenal tempat ini dengan nama pantai Indrayanti.

Dan meski pihak pemerintah lebih mengenalkan nama pantai pulang sawal, saat ini tetap saja nama lama yang lebih melekat dikalangan para turis baik dari dalam ataupun luar Jogja sendiri. Dan juga pengaruh dari para pengguna media sosial yang lebih kenal tempat ini dengan nama pantai indrayanti.

Lokasi Pantai Indrayanti

pantai indrayanti jogja

Dan untuk Lokasi dari pantai Indrayanti ini sendiri berada di area wisata panti di wilayah Gunung Kidul. yang terletak tidak berjauhan dengan objek wisata pantai lainnya seperti pantai Pok Tunggal, pantai Sundak, ataupun pantai Krakal. Dan jika dari pusat kota Jogja, jaraknya kurang lebih sekitar 66 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Waktu tempuh yang cukup lama, dikarenakan kondisi jalannya yang turun naik dan berbelok-belok. untuk kondisi dari jalannya sendiri lumayan mulus sedikit sekali ditemukan lubang, jadi perjalanan kalian tetap nyaman. apabila kalian berkunjung ke sini, dapat juga sekalian mendatangi pantai lainnya juga. Untuk alamat dari pantai Indrayanti sedniri berlokasi di wilayah desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul di wilayah Yogyakarta.

Petunjuk Arah Ke Pantai Indrayanti

Untuk petunjuk arah ke pantai Indrayanti tidak begitu sulit, karena berada di wilayah wisata yang cukup terkenal. Dengan papan petunjuk jalan juga sudah cukup lengkap, jadi cukup mudah untuk di ikuti. dan juga, beberapa petunjuk arah menuliskan pantai sawal atau pantai syawal. kalian tinggal ikuti saja karena pantai sawal dan indrayanti merujuk ke tempat yang sama.

Jalan menuju Pantai indrayanti bisa melalui rute;

  • Dari Jogja menuju ke jalan Wonosari (ringroad timur), lalu menuju ke arah Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangrejek – Hargosari – Tepus. Dari tepus tinggal ikuti petunjuk jalan ke arah pantai.
  • Rute alternatif lain yang bisa digunakan; via jalan Imogiri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron. Dari pantai Baron lanjut ke arah timur kurang lebih 10 KM untuk sampai ke Indrayanti.

Rute perjalanan melalui Wonosari lebih direkomendasikan, dikarenakan lebih mudah untuk diikuti oleh para turis dari luar Yogya.

Wisata Pantai Indrayanti Jogja

Ada beberapa hal yang ditawarkan oleh pantai Indrayanti Jogja antara lain suasana khas pantai selatan wilayah Yogya yang begitu luas, dengan samudera Indonesia dengan airnya yang begitu jernih. Pantai ini juga dekat dengan pantai sadranan.

Supaya kalian lebih tenang menikmati keindahan pantai ini, lebih disarankan untuk berkunjung di saat hari biasa. Karena di akhir pekan, biasanya tempat ini cukup ramai dikunjungi. Pantai ini terkadang ada hewan seperti ubur-ubur yang cukup banyak di saat tertentu. dan juga kalau sedang bermain air lalu melihat biota seperti balon, jangan disentuh ya. sengatan dari ubur ubur cukup terasa sakit apabila terkena kulit.

Dan tentunya, apabila kalian datang ke pantai-pantai selatan pastikan untuk sangat berhati-hati saat berenang atau bermain air. kalian harus selalu patuhi dengan petunjuk keamanan setempat. Karena pantai selatan yang berbatasan langsung dengan samudera Indonesia terkenal dengan ombak yang cukup besar dan arus yang cukup kuat. Selalu utamakan keselamatan kalian dan keluarga ya.

Keunikan Pantai Indrayanti

Disini, pantai ini mempunyai keunikannya sendiri, keunikan pantai indrayanti gunung kidul yang menjadikan pantai ini berbeda dengan pantai lainnya yaitu kondisi alamnya yang Bersih dan lebih terawat. sangat berbeda dengan pantai-pantai yang lain, pihak pengelola disini sangat aktif memelihara dan tidak segan memberikan sanksi pada para wisatawan yang membuang sampah sembarangan.

untuk denda yang diberikan sekitar Rp 10.000. Dan saat ini cara ini cukup efektif untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan area pantai ini. Dan juga di area sisi sebelah kiri pantai indrayanti ini, terdapat tebing yang dapat kalian daki. dan juga diatas tebing ini kalian dapat melihat landscape sekitar pantai dengan lebih leluasa.

Fasilitas

Untuk Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap teman-teman. di pantai ini terdapat berbagai tempat makan atau pun cafe untuk kalian santai dan menikmati kuliner khas pinggiran pantai. Dan juga di sepanjang pantai terdapat rangkaian seperti gazebo dan payung pantai yang dapat digunakan untuk istirahat dan menikmati suasana dan pemandangan alamnya. dan juga terdapat fasilitas lainnya seperti toilet dan kamar mandi untuk membilas diri setelah bermain air laut, agar tidak lengket.

Dan juga, ada penyewaan alat seperti jet ski dan juga tempat bermain untuk anak. terdapat juga menara penjaga pantai beserta petugas setempat yang siaga berjaga. namun demikian selalu pastikan kalian mengikuti petunjuk dan saran keamanan yang diberikan.

Harga Tiket Masuk

Untuk tarif masuknya sendiri sekitar 10 ribu rupiah, Harganya terbilang murah dan terjangkau. memang objek wisata di wilayah gunung kidul harganya memang terbilang cukup murah, berbeda dengan tempat wisata di daerah lainnya ya sahabat?

Penginapan

Ada banyak tempat penginapan yang disediakan oleh para pengelola, mulai dari hotel, dan juga losmen juga disediakan disini, jangan pernah takut untuk berkunjung kesini dan bingung untuk tempat tidur, karena fasilitas penginapan sudah disediakan.

bagaimana?, setelah membaca review diatas kalian sudah ada rencana untuk berkunjung ke pantai ini atau belum?