Pantai Sadranan Jogja – Belum lama ini Pantai Nglambor telah lebih dahulu terkenal sebagai tempat terbaik untuk melakukan snorkeling di wilayah pantai daerah Gunung kidul. Dan rupanya kejutan belum selesai, benar-benar harta karun pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul, yang masih menyembunyikan surga di dalamnya, yaitu Salah satunya adalah objek wisata pantai Sadranan.

Layaknya pantai-pantai lain di kawasan Selatan kota Jogja seperti pantai indrayanti, Pantai Sadranan juga mempunyai ciri khas pasir putih dengan karang koral di area yang sangat dekat dengan bibir pantai. Adanya pasir putih ini mengingatkan pada Pantai yang cukup terkenal semacam Kuta di Bali dan Mandalika yang ada di Lombok.

Akan tetapi pantai sadranan ini punya kelebihan dari 2 pantai yang cukup terkenal itu, yakni terdapatnya koral karang di pantai. dan juga, pantai ini juga masih terbilang cukup sepi. dengan adanya kelebihan ini, menjadikan para turis benar-benar dapat menikmati keasrian pantai tanpa harus terganggu hiruk pikuk dari banyaknya manusia yang datang.

lalu kemudian, di pantai yang memiliki karakteristik ombak relatif tenang dikarenakan adanya penghalang alami yang memecah ombak di depan pantai. intuk info penghalang itu berupa gili (pulau kecil) dan bentuk dari karang. dan keadaan ini semakin melengkapi dari 100 persen keindahan pantai ini sebagai lokasi untuk melakukan snorkeling.

dan tentunya, apabila ingin menikmati pemandangan di bawah laut namun belum cukup pengalaman dan belum cukup uang di dompet untuk menyelam di Raja Ampat, melakukan snorkeling di pantai Sadranan juga dapat menjadi pengobat pengen.

Lokasi Pantai Sadranan

untuk lokasi dari pantai ini sediri, secara letak berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Jogja. dan juga pantai Sadranan Jogja berada satu kompleks dengan lokasi destinasi pantai lain di wilayah gunung kidul.

akan tetapi, perlu dimaklumi, sebab lokasi ini relatif masih baru dikenal oleh para turis, kunjungan juga masih relative cukup rendah. dengan keadaan ini berimplikasi pada belum terbangunnya akses yang sebaik pantai-pantai lain di gunung kidul.

Rute Pantai Sadranan

apabila dari pusat kota Jogyakarta, pantai Sadranan hanya berjarak sekitar 2 jam perjalanan saja.

untuk rute perjalanan menuju pantai sadranan juga sangat mudah sekali. jika dari kota jogja langsung saja menuju ke arah gunung kidul dan melewati jalan wonosari. jika sudah sampai di kota wonosari, tepatnya setelah pasar wonosari, masuk ke jalur kanan ke arah pantai baron.

jika telah sampai di pantai baron masih ke timur lagi nanti di kanan jalan sudah ada papan petunjuk nama menuju lokasi. jika lalu lintas normal,  hanya diperlukan waktu sekitar dua jam untuk menuju ke area ini dari kota Yogyakarta.

tentunya selain melalui arah Wonosari, kalian juga dapat menempuh jalur alternatif melewati jalan Imogiri-Panggang.

Tiket Masuk Pantai Sadranan

tentunya tidak sama dengan objek wisata lain yang mematok tarif tiket dengan harga yang cukup mahal, tiket masuk ke objek wisata pantai sadranan ini relatif murah apalagi mengingat suasana luar biasa yang ditawarkan oleh pantai ini. dari pengelola pantai mematok tiket sekitar kurang lebih Rp 10.000 per orang.

tarif ini akan bertambah dengan biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah jika kalian membawa sepeda motor. dan untuk mobil sendiri dikenakan biaya parkir 5 ribu rupiah.

dan untuk jam operasional sendiri, pantai Sadranan wonosari ini buka 24 jam nonstop.

Fasilitas Pantai Sadranan

pantai sadranan jogja

Untuk fasilitas di sekitar lokasi pantai ini telah cukup memadai, untuk menunjang kenyamanan para turis selama menikmati keindahan pantai ini, disediakan kamar mandi, tempat ganti pakaian, penginapan, warung makan, gazebo, area parkir, jasa foto, dan juga penyewaan perlengkapan untuk melakukan snorkeling.

Penginapan Di Pantai Sadranan

jika di tempat ini baru dan tergolong cukup terpencil, fasilitas di Pantai sadranan jogja ini cukup memadai, termasuk juga dengan adanya penginapan. Sebagian besar dari fasilitas penginapan yang tersedia berupa home stay yang dikelola oleh penduduk setempat.

akan tetapi, walau dikelola oleh para penduduk secara swakelola, jangan khawatir soal kenyamanannya. Home stay di sekitar area pantai sadranan jogja ini meskipun masih standar tetapi sudah cukup lengkap.  dengan harganya pun tidak terlalu mahal, berkisar sekitar Rp 200 ribu per malam.

dan juga selain dari penginapan penginapan itu, yang lokasinya berada di atas bukit dengan pemandangan pantai yang cukup luas, para wisatawan juga bisa menginap di tenda camping. para wisatawan dapat mendirikan tenda di bibir pantai.

tetapi juga, perlu diingat untuk selalu menjaga kebersihan dari pantai ini. Pihak pengelola pantai biasanya akan memperingatkan para turis jika membuang sampah bekas camping di bibir pantai.

Aktifitas Wisata Di Pantai Sadranan Jogja

pantai sadranan jogja

terdapat berbagai macam aktifitas di luar ruangan yang tersedia di Pantai sadranan jogja ini. dan ini beberapa aktifitas wisata yang dapat kalian nikmati di area sekitar pantai:

1. Snorkeling

Tentunya Pantai Sadranan adalah spot alternatif terbaik untuk para turis melakukan snorkeling. dengan pemandangan indah dibawah permukaan di pantai ini sungguh sayang sekali untuk dilewatkan.

ada juga berbagai jenis terumbu karang dan jenis biota laut di dalamnya. dan juga termasuk beberapa jenis ikan yang dilindungi oleh -pemerintah.

untuk biayanya sendiri, snorkeling di pantai sadranan tidak perlu merogoh kocek yang dalam. dengan biaya penyewaan alat hanya sebesar Rp 50.000 saja.

untuk timing yang sesuai agar menikmati aktifitas snorkling adalah di saat pagi hari, sekitar jam 06.00-08.00 pagi. dan juga jika mau di sore hari sebaiknya pilih waktu antara sekitar jam 04.00 – 18.00.  dari kebanyakan turis yang datang, lebih memilih di sore hari, sebab mendapat bonus menikmati pemandangan dari sunset yang sangat indah.

2. Mendayung Perahu Kano

selain dapat melakukan snorkeling, aktifitas menyenangkan di pantai sadranan ini adalah mendayung kano. tentunya tak perlu datang jauh-jauh ke Pantai Lovina atau Pantai Pandawa di Bali atau Mandalika yang ada di Lombok, untuk merasakan kegiatan seperti mendayung kano.

tentunya di Pantai sadranan para turis dapat mendayung kano sembari menikmati hempasan tenang ombak, dengan warna biru dari air laut, dan bukit-bukit karang. untuk sewa fasilitas kano ini dibandrol dengan tarif sekitar Rp 50.000 untuk sewa perahu per jamnya.

3. Camping Ground Dan Api Unggun

dan di pantai ini tersedia juga area yang cukup luas untuk digunakan sebagai tempat mendirikan tenda camping dan untuk merasakan api unggun. memang ramai para turis yang mendirikan tenda di area pantai sadranan ini, dikarenakan area yang cukup dan keindahan alam yang tiada duanya.

dan untuk peralatan camping, para wisatawan tidak perlu repot membawa sendiri dari rumah. Pihak pengelola sendiri menyewakan dome dengan kapasitas sekitar 4 orang seharga Rp 50.000 saja, cukup murah bukan?,

4. Menikmati Sunset Dan Sunrise

apabila kalian dapat menyaksikan sunset saja keindahannya sudah tiada tara, maka di pantai Sadranan jogja ini kalian mendapat keindahan yang lebih dari kata Luar biasa. jika dilihat satu titik ini,  kalian bisa menikmati Sunset dan Sunrise dari satu tempat yang sama tanpa perlu berpindah tempat,

dengan keciamikan pantai bakal berada di puncak ketika memasuki momen sunrise atau pun sunset matahari. dengan adanya Dua moment ini adalah waktu terbaik untuk mengabadikan moment seperti berfoto kenangan kunjungan ke pantai sadranan jogja ini, bagaimana/ siap untuk datang kesini?