Snorkeling di Jogja – Kalian semua mau snorkeling di  jogja? wah pas sekali Pantai Nglambor adalah tempat yang cocok. emm biasanya sih ngga kepikiran untuk dapat melakukan aktivitas snorkeling di pesisir pantai selatan di Yogyakarta, sebab ombaknya memang cukup besar dengan arusnya yang begitu kuat.

Ya, destinasi Pantai yang unik ini bentuknya seperti sebuah laguna kecil, menjadikan arus airnya relatif lebih tenang di banding dengan garis pantai lain yang tentunya terbuka lepas. walaupun seperti itu, kalian semua tetap harus hati-hati karena sifat pantai selatan tidak akan berubah yaitu berarus kuat.

Dengan kondisi Air di pantai ini juga jernih sekali sih teman teman, menjadikan saat snorkeling di jogja nanti kalian dapat  melihat dengan jelas berbagai macam jenis ikan dan biota laut yang terdapat di sekitaran terumbu karang. Keren sekali bukan

dan juga teman teman, di pantai ini terdapat dua batu karang besar, yang bernama watu kalong dan watu kuntul, yang berada tetap di dekat mulut pantai. disebabkan posisi dua batu karang inilah yang menjadikan ombak di pantai Nglambor tidak begitu besar, Terumbu karang di pantai Nglambor ini masih sangat terjaga alami. dan disini kalian dapat snorkeling di jogja sambil menikmati keelokan dari biota laut yang sangat beragam.

kalain gak punya perlengkapan snorkeling sendiri? eits jangan cemas dulu khawatir. Di objek wisata ini juga tersedia beberapa tempat penyewaan alat untuk melakukan aktivitas snorkeling dengan harga yang cukup murah.

Selayang Pandang Pantai Nglambor

Belakangan ini banyak aktivitas dari pariwisata di daerah Jogja semakin berkembang, tentunya juga dengan wisata pantai di Jogja khususnya di kabupaten Gunungkidul. tersedia puluhan pantai cantik di lokasi Gunungkidul yang dapat kalian jadikan sebagai referensi apabila kalian ingin mengunjungi pantai di Jogja ini.

tentunya semua pantai di Gunungkidul mempunyai keunikan dan karakteristiknya masing-masing, terdapat pantai yang sekaligus pusat olahan seafood, ada juga pantai dengan laguna cantik, kemudian ada pantai yang dapat digunakan untuk bermain surfing sampai dengan pantai yang dapat digunakan untuk bermain snorkeling. Ya, pantai di daerah Jogja tidak hanya dapat untuk bermain saja, akan tetapi juga dapat untuk aktivitas seperti snorkeling.

dan untuk kalian semua yang sudah pernah mengunjungi salah satu pantai selatan di Jogja akan berpikir apakah bisa jika pantai yang menghadap langsung ke arah Samudra Hindia dapat digunakan untuk aktivitas seperti snorkeling? Bagaimana dengan ombaknya yang terkenal ganas dan mengerikan? Apakah aman apabila berenang dan bermain pantai itu?

tentunya pertanyaan pertanyaan itu sangat wajar ditanyakan oleh sebagian orang, objek wisata Pantai Nglambor memang berada di deretan pantai-pantai lain yang juga menghadap ke Samudra Hindia, akan tetapi Pantai Nglambor mempunyai keunikannya tersendiri yaitu adanya dua buah gunung karang yang cukup besar menjadikan menjadi pemecah ombak dan juga ombak yang sampai ke bibir pantai cenderung menjadi tenang dan aman untuk berenang.

Objek wisata Pantai Nglambor dulunya merupakan pantai yang sangat sepi bahkan tidak masuk jajaran pantai di daerah Gunungkidul yang harus dan wajib didatangi oleh para pelancong. sebab pantai ini sendiri, yang tidak begitu luas dan kondisi akses jalan menuju pantai yang masih sangat sulit membuat para turis enggan untuk datang.

disini ada satu keluarga yang tinggal tidak jauh dari lokasi pantai, mereka adalah Mbah Tukiyem dan Mbah Kartomo, keluarga ini tinggal di dekat Pantai Nglambor untuk mengawasi kandang ternak mereka, kebanyakan masyarakat kabupaten gunungkidul masih mempunyai ladang yang terletak tidak jauh dari pantai yang biasanya didirikan sebuah kandang ternak dan untuk meletakkan hasil bumi setelah melakukan panen.

disaat meningkatnya wisata pantai di kabupaten Gunungkidul kian meroket, objek wisata Pantai Nglambor tetap masih sepi tanpa adanya para wisatawan yang datang untuk berwisata. sampai pada suatu hari datang sekelompok orang menyadari potensi yang dimiliki oleh Pantai Nglambor ini, yang tidak ada di pantai-pantai lain di Gunungkidul yaitu potensi untuk melakukan snorkeling dan mulailah mereka mempromosikan Pantai Nglambor ini sebagai pusat snorkeling di jogja yang ada di kawasan tempat wisata pantai di kabupaten Gunungkidul.

Lokasi Pantai Untuk Snorkeling di Jogja

dan juga untuk lokasi dari objek wisata Pantai Nglambor terbilang jauh apabila ditempuh dari pusat kota Jogja, yaitu berada di sebelah tenggara kota Jogja atau lebih tepatnya berada di Kabupaten Gunungkidul. yang mana Lokasinya berdekatan dengan objek wisata pantai lain yang berada di kawasan pantai kabupaten Gunungkidul diantaranya Pantai Siung dan Pantai Jogan. dan jika kalian ingin menuju ke Pantai Nglambor kalian harus menggunakan kendaraan pribadi sebab belum tersedia transportasi umum dari dan menuju ke lokasi dari objek wisata Pantai Nglambor ini.

untuk lokasi dari Pantai Nglambor ini sendiri bertempat di Dusun Purwodadi, Desa Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Nglambor

Untuk Rute perjalanan menuju Pantai Nglambor ini terbilang lumayan susah untuk dijangkau, sebab lokasinya sendiri yang berada jauh dari pusat kota Jogja.

Rute perjalanan menuju Pantai Nglambor cukup rumit dan kalian harus sangat teliti apabila baru pertama kali datang di kawasan pantai di kabupaten Gunungkidul, dan agar dapat mencapai pantai ini kalian dapat  menyusuri jalan menuju ke objek wisata alam Pantai Siung. dan kemudian setelah itu melewati sebuah pos retribusi, kalian akan bertemu dengan sebuah pertigaan.

Dan ketika sampai Di pertigaan tersebut kalian dapat mengambil jalur dan belok ke kanan dan menyusuri jalan masuk ke arah Pantai Nglambor. dan untuk Pantai Nglambor berada di ujung jalan tersebut. dengan bentuk  jalannya tidak terlalu lebar sehingga kendaraan seperti bus pariwisata tidak dapat masuk. Mobil pun tidak dapat sampai ke bibir Pantai Nglambor ini.

kalian semua harus jalan kaki sebentar atau dapat juga naik ojek untuk mencapai Pantai Nglambor ini. dengan jarak dari kota Jogja menuju Pantai Nglambor kurang lebih sekitar 72 KM dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 12 menit.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Nglambor

Untuk Harga tiket masuk ke Pantai Nglambor sebenarnya sangat terjangkau namun apabila kalian menginginkan bermain snorkeling di jogja, kalian harus lebih merogoh kocek yang cukup mahal. akan tetapi kalian tenang saja dengan harga tersebut kalian sudah mendapatkan paket dari konter yang menyediakan jasa sewa alat snorkeling diantaranya kalian akan mendapatkan 1 set alat snorkeling, dan juga air minum, sesi foto underwater samapi dengan disediakan 1 pemandu.

dan untuk harga dari tiket masuk Pantai Nglambor dikenakan biaya sebesar sekitar Rp 5.000 (Sudah termasuk tiket ke Pantai Siung). dan untuk sewa alat snorkeling nya sendiri biayanya antara Rp 35.000 – Rp 50.000 tergantung dari masing-masing konter yang menyediakan dan tergantung dari fasilitas yang disediakan. apabila  kalian tidak ingin capek berjalan dari tempat parkir menuju ke Pantai Nglambor, kalian  dapat menggunakan jasa ojek dengan biaya sekitar Rp 5.000 saja. dan untuk  biaya parkir kalian cukup perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 2.000 dan untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk Mobil.