Taman Pelangi Jogja, tentunya sangat cocok sekali sebagai tempat untuk wisata jogja bagi keluarga, maupun untuk para anak muda. Sangat banyak sekali pemandangan lampion di saat malam hari yang begitu memanjakan mata, dan juga sangat indah sekali untuk menjadi tempat untuk berfoto ria.

Ditaman pelangi ini, terdapat berbagai macam jenis lampu lampion dengan desain yang begitu indah. Beberapa lampion populer dengan bentuk diantaranya seperti: lampion dengan bentuk pohon Sakura, lampion burung Merak, lampion burung Unta, lampion Naga, lampion tokoh kartun, lampion Beruang, lampion wajah Tokoh Nasional, dan tentunya masih sangat banyak sekali jenis lampion yang ada di taman pelangi jogja ini.

Dan jika kalian berkunjung ke Taman Pelangi jogja, dapat dipastikan kalian akan ingin langsung membuaka hp atau kamera kalian untuk segera berfoto. mengambil foto bukanlah satu-satunya hal yang dapat kalian lakukan di sana, kalian masih bisa menikmati aneka wahana permainan yang disediakan di Taman Pelangi ini.

Banyak sekali permainan yang dapat kalian coba diantaranya seperti Speed Bot, Junior Jet, Safari Train, Becak Mini, ATV, Bola Air, dan masih banyak yang dapat kalian coba.

Saat kalian main ke taman pelangi, kalian tidak perlu takut kelaparan, karena disekitar sini disediakan food court untuk kalian membeli makanan.

Lokasi Taman Pelangi Jogja

taman pelangi jogja

Untuk Lokasi dari taman pelangi jogja ini sendiri berada di dalam area Monumen Jogja Kembali, Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Taman Pelangi Jogja

taman pelangi jogja

Jika kalian ingin pergi ke taman pelangi, kalian bisa mencoba rute yang kami buat ini, teruntuk wisatawan yang datang dari arah Stasiun Tugu, bisa berjalan menuju Halte Malioboro 1, kemudian naik bus Trans Jogja rute 2A dan turun di Halte Ring Road Utara.

Dan apabila kalian datang dari Terminal Jombor, kemudian bisa naik bus Trans Jogja rute 2B dan turun di Halte Ring Road Utara.

Jam Buka Taman Pelangi Jogja

Untuk jam bukanya sendiri, dikarenakan taman pelangi ini dominan dengan gemerlap lampu. Jadi jam buka taman pun menyesuaikan. Taman Pelangi ini dibuka mulai dari sore hari hingga malam hari.

Tiket Taman Pelangi Jogja

taman pelangi jogja

Agar kalian bisa melihat warna-warni dari lampion di Taman Pelangi ini, para pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 15.000 pada hari biasa, dan sekitar Rp 20.000 pada akhir pekan, murah bukan?

Fasilitas Taman Pelangi Jogja

taman pelangi jogja

Dan untuk fasilitas yang disediakan di taman pelangi ini cukup memadai. Disini tersedia Area parkir di sekitar kawasan Taman yang cukup luas dan sangat cukup untuk menampung puluhan unit mobil dan kendaraan bermotor. Dan untuk penjaga parkir juga merupakan petugas resmi sehingga terbilang aman.

kemudian untuk toilet juga disediakan dengan jumlah yang cukup banyak. dan juga ada food-court dengan ragam pilihan makanan pada salah satu sudut taman.

Aktivitas Menarik di Taman Pelangi Jogja

1. Lampion Aneka Jenis

Mulai dari aneka lampion dari yang berukuran kecil, sedang, sampai besar tersebar di setiap sisi dari taman pelangi Jogja dan mengelilingi Monumen Jogja kembali.

Dari warna-warni yang disajikan di tengah gelapnya malam tentu menjadi daya tarik yang sangat memikat mata. Selain sangat indah dipandang oleh mata, beraneka macam lampion ini juga sangat bisa diandalkan sebagai tempat berfoto dan untuk menikmati malam.

Indahnya lampu lampion sudah bisa dirasakan sejak mulai memasuki kawasan taman. Ada dua pintu masuk di Taman Pelangi ini, yaitu Pintu Barat dan Pintu Timur. Apabila masuk dari Pintu Timur, para wisatawan langsung disambut dengan gerbang berupa lampion besar berbentuk setengah lingkaran yang terlihat seperti pelangi berukuran mini.

Kemudian, para wisatawan dapat mengarahkan diri ke arah deretan lampion yang berbentuk flora dan fauna. Dan juga terdapat lampion berbentuk tokoh kartun dari Disney, kartun jepang, dinosaurus, naga, serta kehidupan di bawah laut yang sangat indah dan tentunya menarik perhatian terutama untuk anak-anak.

Dan juga setiap beberapa bulan sekali, lampu lampion dan lampu-lampu hias di taman ini selalu diganti atau ditambah dengan lampion dan tata lampu yang berbeda dari bentuk sebelumnya. supaya dapat menarik minat dari para wisatawan.

2. Lampu Hias Unik

Kemudian, selain lampu lampion indah beraneka bentuk, Taman pelangi jogja juga memiliki banyak sekali pohon-pohon buatan yang dihiasi beraneka lampu hias berwarna warni. Mengambil foto di antara pepohonan lampu tersebut seolah-olah membawa pengunjung berada di hutan fantasi yang bertabur cahaya.

Dan juga terdapat lorong yang bagian atasnya digantungi dengan ratusan lampu, hingga area rumput yang ditutupi barisan lampu-lampu kecil menjadi hal yang selalu mengundang perhatian. terutama untuk anak muda.

3. Puri Hantu

Berada di taman pelangi ini bukan soal berfoto ria saja, Di sini juga disediakan wahana rumah hantu, yang diberi nama Puri Hantu. Untuk karcis masuk ditarif sekitar Rp.10.000. untuk tempatnya sendiri cukup seram dan hantu di sini juga terlihat cukup menyeramkan. tentunya dapat membuat kalian senam jantung dimalam hari.

apabila kalian sudah membeli tiket, kalian diarahkan menuju ke gerbang masuk. dan di gerbang ini sendiri sudah menunjukan nuansa seram dengan berbagai ornamen. dan juga terdapat tirai kain yang berwarna putih, lalu ada juga hiasan semacam lampu api yang dibuat oleh pengurus.

Di bagian atas gerbangnya sendiri terdapat ornamen seperti mayat korban bunuh diri dengan cara gantung diri. yang mebmbuatnya lebih terlihat seram lagi adalah sosok yang tergantung itu adalah sosok seperti kuntilanak. Dan di bagian kanan dan kiri gerbang terdapat ornamen berupa gambar Boneka Chucky dan sosok Pocong.

4. Wahana Permainan

Ada hal yang cukup menarik di taman pelagi jogja ini, selain adanya Taman cahaya, taman pelangi jogja juga memiliki berbagai atraksi wahana permainan lain. Untuk fasilitas permainan Taman Pelangi cukup lengkap mulai dari wahana yang menegangkan sampai wahana permainan air untuk kalian basah basahan.

taman pelangi ini juga tersedia wahana seperti bola air, perahu dayung, battery car, euro bungae, rumah ballon, trampoline, junior jet, bumper boat, halicak, sepeda tandem, bom bom car, ATV, safari train, becak air dan tentunya masih banyak yang lain.

Untuk setiap wahana permainan dapat dimainkan dengan membayar tiket permainan sekitar Rp.10.000- 20.000. para wisatawan tidak perlu khawatir dengan keselamatan, karena setiap permainan mempunyai tingkat keamanan yang baik dan tentunya sangat safety.

Objek Wisata Dekat Taman Pelangi Jogja

Dan jika kalian belum puas bermain dan mengunjungi taman pelangi ini, kalian bisa melanjutkan di wahana permainan siang hari yang mungkin jauh lebih lengkap. dengan pilihan yang tersedia dalam jarak hanya 9 km adalah objek wisata Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark di Jalan utara stadion, Maguwoharjo.

Luas total area sekitar 7 hektar, dan terdapat 19 wahana permainan air. dan juga Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark merupakan taman wisata air terbaru yang satu satunya di Indonesia dengan mengambil tema bajak laut yang memadukan unsur Pulau Jawa dan budaya Eropa.

Untuk para turis yang memiliki ketertarikan dengan seni dan tentang sejarah seni, dapat melanjutkan kunjungan ke museum Affandi. Museum affandi ini hanya berjarak sekitar 9 km dari taman. berada di tepi Sungai Gajah Wong, museum ini menyimpan banyak sekali lukisan karya Affandi. Dan juga, museum juga menyimpan benda peninggalan dari alm. Affandi seperti mobil, dan sepeda pribadinya semasa hidup.