Tempat Oleh Oleh di Jogja – disaat kalian bepergian baik dalam hal untuk liburan ataupun untuk keperluan bisnis ke luar kota, sering kali kalian berfikir untuk membeli oleh oleh khas dari tempat ataupun daerah yang kalian kunjungi. untuk kalian para pelancong yang baru pertama kali berkunjung ke kota jogja, mungkin belum tahu beberapa tempat yang cocok untuk membeli oleh oleh khas kota Jogja. dan juga bahkan kalian tidak tahu oleh – oleh khas Jogja itu apa saja yang wajib untuk dibeli.

untuk kalian yang ingin berkunjung ke Jogja, agar tidak bingung dan waktu liburan kalian habis hanya untuk paham dimana tempat yang tepat untuk membeli berbagai macam oleh – oleh khas Jogjakarta, berikut ini adalah beberapa tempat untuk membeli oleh-oleh khas Jogja yang murah tentunya.

1. Jalan Malioboro

tempat instagramable di jogja

Ada sebuah Jalan yang paling terkenal di Yogyakarta yaitu Jalan Malioboro. dan juga sepanjang jalan ini terdapat toko-toko dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam bentuk barang, dari pakaian, kerajinan tangan sampai makanan. ada satu hal yang khas mengenai Malioboro yaitu penjual makanan lesehan.

Para penjual makanan lesehan ini akan menggelar lesehannya setelah jam 5 sore. di Jalan Malioboro akan lebih ramai pada malam hari karena di beberapa tempat akan ada beberapa group pemusik jalanan yang akan menghibur pengunjung dengan lagu-lagu yang mereka bawakan.

dan Selain itu juga pada malam hari kalianjuga dapat melihat beberapa orang mengenakan berbagai macam kostum yang akan bersedia difoto tanpa bayaran. tempat seperti Jalan Malioboro memang selalu menarik untuk dikunjungi, Suasana jalan ini memang unik, kalian yang mencari wisata jogja malam hari juga bisa berjalan-jalan santai disini.

2. Pusat Kerajinan Perak Kota Gede

tempat oleh oleh di jogja

untuk yang kedua ini tempat oleh oleh di jogja ada pusat kerajinan perak kota gede, apabila pergi ke Jogja, namun bosan untuk membelikan hadiah makanan ataupun pakaain dari kota Jogja, jika seperti begitu, bagaimana dengan perak? Di wilayah Kotagede, Jogjakarta kalian dapat membeli berbagai jenis kerajinan dari perak. sebab disini adalah pusatnya semua kerajinan perak yang di Jogja.

sangat banyak macam bentuk kerajinan yang terbuat dari perak dibuat di tempat ini dan tentunya kalian tidak perlu takut ataupun khawatir dengan harga, sebab kalian membeli kerajinan dari perak ini langsung dari pengrajinnya, jadi tentunya dengan harga tidak lah terlalu tinggi dibandingkan dengan membeli kerajinan perak dari tangan berikutnya

3. Kasongan

kasongan

Untuk yang berikutnya tempat oleh oleh di jogja  ini ada kasongan, sama seperti Kotagede yang berfokus pada kerajinan yang terbuat dari bahan perak, untuk kalian yang gemar dengan kerajinan dari gerabah ataupun keramik, kalian dapat mampir ke wilayah Kasongan. di tempat ini kalian dapat menemukan berbagai macam jenis guci, juga patung ukiran, hiasan dinding dan berbagai jenis pajangan lain dengan model yang sangat unik.

dan juga di Kasongan selain kalian dapat membeli berbagai macam jenis kerajinan keramik ataupun gerabah, kamu juga dapat melihat langsung bagaimana cara pembuatan kerajinan gerabah ini. dan untuk harganya sendiri, kerajinan yang terdapat di Kasongan jauh lebih murah daripada yang ada di galeri seni yang ada di pusat kota. dan juga disini kalian juga dapat menawar harga dari gerabah yang dijual disini jika membeli dalam jumlah yang cukup banyak.

4. Hamzah Batik

Untuk yang keempat di tempat oleh oleh di jogja ini ada hamzah batik, Toko yang sebelumnya dikenal dengan nama Mirota Batik ini adalah salah satu toko di kota Jogja yang menjual batik dengan kualitas yang terbaik. tentunya selain dari kualitasnya yang terdebest, Hamzah Batik juga mempunyai varian yang tentunya beragam dan harganya juga dapat dibilang cukup murah.

meski toko ini dikenal denga batiknya yang sangat berkualitas, akan tetapi bukan hanya batik saja yang dijual disini, berbagai macam jenis kerajinan tangan asli kota Jogja juga turut di jual di toko ini. dan uniknya lagi, di toko ini juga menjual berbagai macam produk perawatan tubuh tradisional dan juga minuman kesehatan seperti jamu.

5. Pasar Beringharjo

berigharjo

Dan yang berikutnya di tempat oleh oleh di jogja ada pasar beringharjo, apabila sebelumnya itu merupakan sebuah toko yang khusus yang ikonik dengan batiknya, dan apabila kalian ingin melihat dan memilih lebih banyak jenis batik yang ada, ada baiknya kalian berkunjung ke pasar Beringharjo. market yang satu ini dapat dibilang merupakan pusat grosir batik di kota jogja. dan juga hal yang berhubungan dengan benda seperit  batik, baik itu kain batik ataupun pakaian batik yang sudah jadi dapat kalian temukan di pasar ini.

tentunya dengan harga yang relatif  murah, di pasar ini kamu juga masih dapat menawar batik yang ada disini agar para pedagang mau memberikan harga yang lebih murah tentunya. meski disebut sebagai pusat grosir batik, pasar Beringharjo juga menyediakan aneka jenis sepatu, dan juga tas dan perlengkapan rumah tangga lainnya

6. Manding

mading

Untuk yang keenam di tempat oleh oleh di jogja  ada mandin, apabila kalian gemar dengan barang-barang yang terbuat dari kulit, kota gudeg ini mempunyai pusat kerajinan kulit yang cukup terkenal yaitu Mading. dengan lokasinya yang ada di sebelah selatan kota Yogyakarta, yaitu di Jalan Parangtritis KM 11. di wilayah Manding terdapat banyak sekali barang-barang dengan kerajinan kulit yang dimiliki dan cukup terkenal di mata para wisatawan.

dengan harga barang yang dijual juga tergolong lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di toko – toko. dan juga kalian masih dapat menawar seperti harga dompet, sepatu ataupun tas dengan bahan kulit yang ada daerah ini. dan juga jika kamu membeli dalam jumlah banyak, kamu akan dapat meminta harga grosir yang tentunya jauh amat lebih murah.

7.  Bakpia Pathok 25

bakpia

yang berikutnya untuk tempat oleh oleh di jogja ada bakpia pathok 2, yang tentunya Dari dulu hingga sekarang, bakpia merupakan oleh-oleh khas kota Jogja yang paling banyak diburu oleh para pelancong. meski di kota Jogja sudah muncul banyak sekali kue artis yang sungguh modern, namun demikian bakpia tetaplah menjadi kue khas kota Jogja yang tetap digemari oleh para pelancong yang datang.

dan juga ada satu toko yang menjual bakpia khas Jogja yaitu bakpia Pathok 25. tempat ini adalah salah satu toko bakpia yang sangat laris yang ada di kota Jogja. dan tentunya di lokasi ini kalian dapat membeli berbagai macam bakpia dengan banyak isian seperti kacang hijau, keju, coklat dan masih banyak lagi lainnya dengan rasa yang begitu beragam. dan juga kamu dapat menemui toko bakpia ini di Kembang Jaya, Ongko Joyo, Pasar Pathok, dan juga di depan bandara Adi Sucipto Yogyakarta.

8. Gudeg Kaleng Bu Tjitro, Tempat Oleh Oleh di Jogja Spesialis Gudeg

Yang terakhir untuk tempat oleh oleh di jogja ada Gudeg Kaleng Bu Tjitro, yang merupakan makanan khas kota Jogja. apabila kalian berkunjung ke kota Jogja namun tidak membeli makanan ini, tentu saja akan sangat rugi sekali. ya paling tidak kalian harus pernah mencicipi dan memakan makanan khas kota Jogja yang satu ini, sekali jika kalian datang ke kota pelajar ini. akan tetapi kalau kalian ingin membawa pulang gudeg sebagai oleh – oleh untuk orang dirumah, hal itu tentu saja sangat sulit mengingat makanan ini tidak tahan lama.

akan tetapi, saat ini sudah ada solusinya yakni gudeg kaleng Bu Tjitro. yang mana Gudeg kaleng ini dapat kalian bawa pulang sebagai oleh – oleh untuk orang terkasih. kuliner asli ota Jogja ini dapat kalian bawa pulang dan diberikan pada saudara-saudara kalian. dan tentunya Mengolahnya pun tidak sulit, kamu cukup menghangatkannya saja.